Thursday, 27 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Wujudkan Masyarakat Bukittinggi yang Berkualitas Melalui Program Kampung KB

Kamis, 01 Desember 2016 - 16:18:07 WIB - 1423
Wujudkan Masyarakat Bukittinggi yang Berkualitas Melalui Program Kampung KB


BUKITTINGGI - Kampung Kuriman Kelurahan Puhun Pintu Kabun telah ditetapkan sebagai salah satu dari enam Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kota Bukittinggi. Pembinaan dan pendampingan dari Pemko Bukittinggi melalui Kantor Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan BKKBN Perwakilan Sumbar, terus diberikan sejak pencanangan satu tahun lalu. Memantapkan program kampung KB, kemarin, digelar acara integrasi kampung KB bersama mitra kerja.

Acara dihadiri anggota komisi IX DPR RI M. Iqbal,SE M.Kom, Wakil Walikota H.Irwandi,SH Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Syahrudin SH M.Si

Anggota DPR RI, M. Iqbal mengungkapkan kampung KB menjadi pelaksana kegiatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh dan terintegrasi antar-bidang baik internal maupun lintas sektor di lini lapangan.

Menurutnya kampung KB merupakan wadah strategis bagi seluruh sektor untuk bekerjasama meningkatkan pemberdayaan keluarga dan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga memuji keseriusan Pemko Bukittinggi dalam menyukseskan program KB. Hal ini perlu ditingkatkan guna tetap menekan laju pertumbuhan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keluarga berencana.

Iqbal juga menginformasikan pada tahun 2017, tenaga penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB) akan ditarik ke pemerintah pusat. Hal ini diharapkan dapat mengefektifkan sosialisasi program dan meningkatnya koordinasi pusat dan daerah. Ia menyadari bahwa PLKB merupakan motor utama kesuksesan program KB di tengah masyarakat.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Syahrudin mengatakan program integrasi bersama mitra kerja bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang program KKBPK. Meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan integrasi kampung KB dengan mitra kerja melalui keterpaduan progran KKBPK. Serta memfasilitasi mitra kerja dalam pelaksanaan pembinaan dan monitoring kampung KB.

Sementara Wawako Irwandi mengungkapkan mengintegrasikan aspek pendudukan ke dalam kebijakan dan perencanaan pembangunan harus diwujudkan, melalui serangkaian tahapan dan langkah-langkah yang jelas. Serta didukung oleh komitmen yang kuat dari berbagai pihak.

Penduduk menurutnya adalah sebagai modal dasar pembangunan. Hal ini merupakan titik sentral pembangunan berkelanjutan. Keberhasilan dalam mengendalikan pertumbuhan dan meningkatkan kualitas penduduk akan memperbaiki segala lini pembangunan dan mempercepat terwujudnya masyarakat sejahtera.

"Investasi dalam bidang KB sangat penting dan merupakan faktor yang dominan dalam menangani masalah kependudukan akibat laju pertumbuhan penduduk. Sehingga kampung KB merupakan salah satu inovasi strategis dalam program pendudukan," ungkap Irwandi

Program KB dan pembangunan keluarga secara utuh dan terintegrasi harus dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat di tingkat bawah untuk mewujudkan keluarga berkualitas.

"Dengan adanya kampung KB ini, saya berharap manfaat dan program KB dapat dirasakan langsung masyarakat," tutupnya.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga (TP PKK), Ny. Yesi Ramlan dan Wakil Ketua TP-PKK Ny.Khadijah Irwandi dan tokoh masyarakat.(iwan st muncak)

Editor/Sumber: romeo
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

50 Mobil Xenia Keliling Sumbar, Ini Pesan Wagub Nasrul Abit

50 Mobil Xenia Keliling Sumbar, Ini Pesan Wagub Nasrul Abit

PADANG -- Sedikitnya 50 mobil Avanza Xenia Solusion (AXS) Padang mengikuti konvoi keliling, di halaman kantor Gubernur,...

Padang Panjang Masuk Final Dalam 10 Cabang MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke-38 di Kota Solok

Padang Panjang Masuk Final Dalam 10 Cabang MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke-38 di Kota Solok

PADANG PANJANG - Hari terakhir perlombaan MTQ Nasional Tingkat Sumatera Barat, Kafilah Padang Panjang masuk Final...

Jalan Ditempat,  Surat Pengunduran Diri Wali Nagari Ini Kepada Bupati Tanah Datar Belum Ada Hasil

Jalan Ditempat, Surat Pengunduran Diri Wali Nagari Ini Kepada Bupati Tanah Datar Belum Ada Hasil

TANAH DATAR - Beberapa Masyarakat Nagari Tanjung Barulak kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar Sumbar mengeluhkan...

Kurang Dilirik Pembeli, Pedagang Daging di Pasar Baru Muara Labuh Mengeluh

Kurang Dilirik Pembeli, Pedagang Daging di Pasar Baru Muara Labuh Mengeluh

SOLOK SELATAN - Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1440 H tinggal dua hari lagi, kesibukan warga menghadapi lebaran habis...

Dalam Rangkaian Hut Bhayangkara ke-73, Polsek Pasaman Gelar Donor Darah

Dalam Rangkaian Hut Bhayangkara ke-73, Polsek Pasaman Gelar Donor Darah

PASAMAN BARAT - Dalam rangka rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke 73, Polisi Sektor (Polsek) Pasaman, Kabupaten...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media