minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Teknologi

Demi Kenyamanan, Sudahkah Anda Atur 5 Pengaturan Privasi Facebook Ini?

Jumat, 02 Desember 2016 - 05:36:28 WIB - 572
Demi Kenyamanan, Sudahkah Anda Atur 5 Pengaturan Privasi Facebook Ini?

TEKNOLOGI - Menggunakan Facebook seakan-akan sudah jadi kewajiban tiap orang. Tentu sulit tetap bersilaturahmi dengan handai taulan jika tak lewat Facebook. Seringkali kita menggunakan facebook hanya untuk membagi opini, atau sekedar membaca berita.

Meski bagaimanapun, Anda tetap harus memperhatikan berbagai aspek dalam bermain FB, demi kenyamanan bersama.

Mengapa? Karena jika Anda tak memperhatikan pengaturan privasi Anda, Anda berarti membiarkan akun Anda secara otomatis membagi informasi secara berlebihan. Tentu orang lain tak selalu nyaman dengan bagaimana tiap individu berperilaku di socmed.

Berikut adalah beberapa hal tentang privasi Facebook yang harus Anda atur demi kenyamanan bersama.

1. Stop tagging yang tak diinginkan

Bukankah menyebalkan jika seseorang tiba-tiba menandai kita di kirimannya padahal kita tidak menginginkannya? Hal ini mungkin luput di beberapa pengguna, sehingga seringkali kita melihat banyak kiriman iklan produk atau foto selfie di feeds kita.

Hal ini cukup sederhana untuk dihindari. Di akun Facebook Anda, klik menu panah bawah yang ada di pojok kanan akun Anda, lalu pilih Settings. Lalu klik Timeline and Tagging di sisi kiri. Anda akan melihat berbagai opsi, dan pilih "Review posts that friends tag you in before they appear on your Timeline." Klik opsi edit dan pilih "Enable." Jika sudah Anda atur demikian, Anda akan mendapat notifikasi jika Anda mendapat tag, dan bisa memilih untuk boleh/tidak boleh konten tersebut masuk di Timeline Anda.

2. Setel Login Alerts

Facebook memiliki fitur "login alerts" untuk memberitahu Anda melalui notifikasi Facebook, email, atau SMS, jika seseorang masuk ke akun Anda dari perangkat ataupun browser yang tak Anda kenal.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke Setting, klik opsi Security. Dari sini, Anda bisa mengatur agar Facebook memberi informasi ke mana, masukkan email atau nomor telepon Anda.

3. Batasi siapa yang bisa melihat kiriman Anda

Jika Anda tidak nyaman dengan siapa-siapa yang melihat kiriman Anda, Anda bisa mengaturnya agar Facebook tetap jadi sosial media ternyaman Anda.

Masuk ke Setting, klik "Who can see my stuff?" dan klik Limit Old Post. Dengan ini orang yang tidak berteman dengan Anda, tak bisa melihat kiriman Anda di masa lalu.

4. Cek kembali bagaimana tampilan profil akun Anda

Seringkali Anda "insecure" tentang bagaimana bentuk timeline Anda, atau Anda ingin melihat bagaimana Timeline baru Anda setelah bagian "tentang Anda" telah Anda perbarui. Ada fitur unik yang bisa dilakukan Facebook untuk hal ini. Anda bisa melihat profil Anda dari perspektif orang lain.

Caranya hanya dengan masuk profil Anda, lalu klik tiga titik kecil di kanan bawa foto cover Anda. Jika sudah, klik opsi "View As.."

Dengan ini Anda bisa melihat profil Anda dari perspektif orang lain. Bahkan Anda bisa melihat secara spesifik melalui profil siapa Anda ingin melihat profil Anda. Contoh: Anda bisa mendapat gambaran bagaimana Timeline Anda terlihat dari profil akun Ibu Anda. Silakan mencoba!

5. Review kembali berbagai aplikasi Anda yang terkoneksi ke Facebook

Hal paling akhir yang bisa Anda periksa di Facebook adalah aplikasi apa yang telah Anda beri "izin" untuk mengakses akun Anda.

Hal ini cukup sederhana, namun jika dilihat dari yang sudah-sudah, akan ada daftar panjang aplikasi yang terkoneksi dengan akun Anda. Untuk melihatnya, klik Setting, lalu klik Apps. Dari sini Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang telah terkoneksi dengan akun Anda. Jika Anda tak menginginkannya lagi, Anda bisa delete, atau mengeditnya untuk muncul di siapa. (mrd)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: internasional,metro,teknologi

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Resahkan Warga, Puluhan Anjing Liar di Padang Panjang Diamankan

Resahkan Warga, Puluhan Anjing Liar di Padang Panjang Diamankan

PADANG PANJANG - Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang turunkan Unit Respon Cepat (URC) untuk menangkap anjing...

Teh Gambir Talang Maur Lima Puluh Kota Makin Digemari

Teh Gambir Talang Maur Lima Puluh Kota Makin Digemari

LIMA PULUH KOTA - Semakin menjanjikan. Setidaknya begitu prospek produk olahan gambir yang dihasilkan sejumlah Kelompok...

Wapres Jusuf Kalla Mengaku Tak Ada Mahar Saat Usulkan Anies ke Prabowo

Wapres Jusuf Kalla Mengaku Tak Ada Mahar Saat Usulkan Anies ke Prabowo

POLITIK - Mantan bakal calon Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2018 menuding Ketum Gerindra Prabowo Subianto meminta mahar...

Ada Kampung Warna-Warni di Purus Padang

Ada Kampung Warna-Warni di Purus Padang

PADANG - Anak-anak "Tanah Ombak" di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat...

Malam Tahun Baru di Padang, 26 Pasangan Ilegal Terjaring Razia

Malam Tahun Baru di Padang, 26 Pasangan Ilegal Terjaring Razia

PADANG - 26 pasang muda-mudi yang bukan berstatus suami istri ditertibkan petugas penegak Perda Kota Padang di malam...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media