Friday, 10 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Politik

Issue Reshuffle Marak, SYL Belum Niat Jadi Menteri

Selasa, 20 September 2011 - 23:40:37 WIB - 1581
Issue Reshuffle Marak, SYL Belum Niat Jadi Menteri


Jakarta, MinangkabauNews -- Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) digadang menjadi calon menteri dalam negeri pasalnya issue reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II marak, namun SYL belum berniat jadi seorang menteri.

SYL yang disebut-sebut bakal mengisi jabatan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menggantikan Gamawan Fauzi itu mengaku alergi dengan isu tersebut.

"Saya tidak tahu menjawabnya, ndak masuk dipikiranku. Kasika waktu menjawabnya nah," elak Ketua DPD Partai Golkar Sulsel itu usai menjadi pembicara pada Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2011 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Senin (19/8).

Bahkan saat disinggung apakah dirinya datang ke Jakarta, selain untuk menjadi pembicara juga mendapat panggilan dari Presiden SBY.

"Tentang isu itu, saya lebih susah menjawabnya," tegas Bupati Gowa dua periode ini.

Selain nama SYL, isu reshuffle juga menyertai tokoh Sulsel lainnya, Idrus Marham. Idrus yang menjabat Sekretaris Partai Golkar, dikabarkan segera menempati posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang sementara dijabat Andi Mallarangeng.Sumber di internal Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi, Minggu (17/9) membenarkan kabar pergantian sejumlah menteri dari Golkar. Idrus Marham yang sudah lama mengundurkan diri dari DPR kemungkinan akan masuk kabinet. Sedangkan posisi Agung Laksono, menurut sumber tersebut, kurang aman.

"Reshuffle jadi, kemungkinan tambah satu," ujar sumber asal Golkar tersebut
Ketua Fraksi Golkar, Setya Novanto menilai perombakan kabinet sudah seharusnya dilakukan oleh Presiden SBY menyusul banyaknya menteri yang tidak memiliki performa bagus.
"Reshuffle itu kan selalu ditunggu-tunggu masyarakat sejak kemarin-kemarin," ujar Setya, Senin (19/9) di Gedung DPR.

Reshuffle Menguat
Wacana reshuffle kembali menguat dengan munculnya hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang merilis, ada lima penyebab merosotnya kinerja kabinet SBY. Namun bagi Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, soal reshuffle ini tunggu pernyataan Presiden saja.

"Kita tunggu Bapak Presiden. Tidak perlu terlalu banyak dianalisa," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, di Kantor Presiden, Senin (19/9).

Hatta, menyerahkan soal reshuflle sepenuhnya ke Presiden SBY. Menurut dia, Presiden sudah mendengar semua hal soal reshuflle dari berbagai kalangan. Meski demikian, Hatta mengaku belum mengetahui kapan SBY akan melakukan perombakan kabinet. "Kalau saya katakan berarti saya melampaui kewenangan Presiden," ujarnya
Menurut dia, SBY memiliki pakta integritas dan kontrak politik dengan partai koalisi termasuk para menteri. Hatta menambahkan, Presiden sudah punya data terkait kinerja menteri. "Jadi saya tak usah komentari. Hasil evaluasi beliau punya. Performance menteri, ada. Jadi saya tak mau komentari," kata dia.

Lebih lanjut Hatta menambahkan, sebagai pimpinan salah satu partai yang ikut koalisi, pihaknya belum diajak bicara soal reshuffle oleh SBY. "Kalau ada pergantian, sesuai kontrak politik, Ketua Umum Parpol diajak bicara," ucapnya.

Editor/Sumber:
Tag: metro

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Warga Resah, Satpol PP Padang Amankan 4 Pasangan Muda-Mudi Sembunyi Dalam Gudang

Warga Resah, Satpol PP Padang Amankan 4 Pasangan Muda-Mudi Sembunyi Dalam Gudang

PADANG -- Warga resah, Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang berhasil mengamankan empat pasangan muda-mudi yang...

Yulfadri Nurdin : Lengah, Covid-19 Akan Menyerang Kita

Yulfadri Nurdin : Lengah, Covid-19 Akan Menyerang Kita

KABUPATEN SOLOK -- Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok Yulfadri Nurdin, Kamis (2/7) via...

KPU Kabupaten Solok Gelar Bimtek Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih

KPU Kabupaten Solok Gelar Bimtek Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih

KABUPATEN SOLOK - Ketua KPU Kabupaten Solok Ir. Gadis, Rabu (1/7) mengatakan sesuai dengan DP4 yang diterima KPU akhir...

Ketua DPRD Kabupaten Solok Ajak Perantau Majukan Ekonomi Kampung Halaman

Ketua DPRD Kabupaten Solok Ajak Perantau Majukan Ekonomi Kampung Halaman

KABUPATEN SOLOK -- Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu, mengajak perantau menjadi warga Kabupaten Solok terbaik...

Waspada! Muncul Flu Babi Jenis Baru di China, Berikut Fakta-faktanya

Waspada! Muncul Flu Babi Jenis Baru di China, Berikut Fakta-faktanya

INTERNASIONAL - Para peneliti mengatakan telah menemukan sebuah "strain" (galur) atau jenis baru virus flu...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu