Thursday, 27 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Libur, Bukittinggi Dibanjiri Wisatawan, Sejumlah Jalan Macet Merayap

Senin, 26 Desember 2016 - 20:20:09 WIB - 1691
Libur, Bukittinggi Dibanjiri Wisatawan, Sejumlah Jalan Macet Merayap


BUKITTINGGI - Bukittinggi dibanjiri wisatawan dari luar kota Bukittinggi untuk berwisata, sehingga tumpah ruah masyarakat berdatangan ke kota yang sejuk ini. Itupun disebabkan adanya Libur bersama dan libur panjang akhir pekan, membuat berbagai kawasan wisata penuh sesak. Kota Bukittinggi yang jadi sentral tujuan wisata masyarakat dari berbagai daerah di Sumatera Barat dan luar Sumatera Barat.

Kota Bukittinggi merupakan salah satu kota kunjungan favorit bagi para wisatawan nusantara maupun mancanegara yang berwisata ke Sumatera Barat, dan jika tidak berkunjung ke kota Bukittinggi belum merasakan berwisata ke Sumatera Barat.

Salah seorang pengamat pariwisata Bukittinggi, Nuswirsyah, mengatakan kota Bukittinggi yang luasnya hanya 25 km persegi memiliki daya tarik tersendiri, karena banyak memiliki kelebihan dibanding kota lainnya di Sumatera Barat, seperti udaranya yang sejuk ditunjang alamnya yang diapit gunung singgalang dan merapi, dan juga banyak objek wisata peninggalan sejarah.

Disaat liburan inilah jalan raya menjadi macet merayap, seperti jalur masuk menuju Bukittinggi sepanjang Senin (26/12/2016) macet parah terutama dari jalur Padang-Padang Panjang-Bukittinggi maupun jalur Payakumbuh-Bukittinggi. Pantauan metrans di lokasi kemacetan yang terjadi di daerah Koto Baru, akibat adanya pasar tumpah di daerah Koto Baru, karena setiap hari Senin adalah hari balai atau hari pasar.

Sehingga pengendara kendaraan roda empat harus sabar menanti untuk keselamatan, karena di daerah pasar itu banyak pembeli maupun penjual sayur mayur berada ditepi jalan. Kondisi padatnya jalur berlawanan dari arah Bukittinggi menuju Padang sehingga kemacetan parah sampai 15 km Senin siang.

Kondisi itu sudah seharusnya pemerintah daerah kabupaten Tanah datar mencari solusinya agar jalur lalu lintas menjadi lancar, yang anehnya kalau kendaraan pejabat dengan vorleader laju saja tanpa adanya macet, sedangkan pengendara lain antri berjam-jam, begitu juga di persimpangan Padangluar.

Kemacetan lalu lintas menuju kota Bukittinggi sebenarnya bisa diatasi, seandainya kendaraan roda empat memarkir kendaraannya di tempat yang telah disediakan pemerintah kota, disinilah para petugas kepolisan dan petugas SK4 berperan dengan tegas untuk memperlancar arus lalu lintas.

Sedangkan hunian hotel maupun guesthouse di Bukittinggi sudah penuh tidak tersisa satu kamarpun, ketika metrans konfirmasi Indra petugas hotel indria yang berada sangat stategis dekat Jam gadang, dua minggu sebelum liburan sudah dipesan, penuh hunian itu sampai akhir bulan Desember 2016, karena banyak tamu yang menginap di hotel indria rata-rata sampai akhir bulan, ucap Indra.

Kondisi kota Bukittinggi kini sudah jauh lebih baik dibanding sebelumnya, aman dan nyaman, seperti parkir kendaraan roda dan roda empat sudah disediakan pemerintah kota, begitu juga tarif parkir, tarif makan di tempat makan, semuanya sudah tertib, tidak ada lagi pakuak memakuak.

Tentu kita sebagai warga kota wisata mari kita layani dan terima tamu-tamu yang datang dengan baik. Dan juga kita sudah meraih Adipura, untuk tahun tahun depan 2017 dapat kita pertahankan, pesan Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias ingatkan para tamu wisata untuk membuang sampah pada tempatnya. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,metro,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dana APBN Sebesar Rp 520 Miliar Akan Dikucurkan Untuk Pembangunan Bandara Rokot di Mentawai

Dana APBN Sebesar Rp 520 Miliar Akan Dikucurkan Untuk Pembangunan Bandara Rokot di Mentawai

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menerima anggaran sebanyak Rp 520 Miliar dari...

Ngauman Harimau Kembali Terdengar di Taman Satwa Kandi Sawahlunto

Ngauman Harimau Kembali Terdengar di Taman Satwa Kandi Sawahlunto

SAWAHLUNTO - Setelah sekian lama kandang harimau di Taman Satwa Kandi kosong tak berpenghuni akibat harimau yang lama...

Berlibur ke Destinasi Wisata yang Terkenal di Kota Pariaman, Gubernur Sumbar: Pariaman Rancak Bana

Berlibur ke Destinasi Wisata yang Terkenal di Kota Pariaman, Gubernur Sumbar: Pariaman Rancak Bana

PARIAMAN - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno beserta Keluarga lakukan kunjungan ke Kota Pariaman pada...

Dua Unit Rumah di Limapuluh Kota Terbakar, Seorang Balita Alami Luka Bakar Serius

Dua Unit Rumah di Limapuluh Kota Terbakar, Seorang Balita Alami Luka Bakar Serius

LIMAPULUH KOTA - Dua unit rumah semi permanen yang terbakar di di Jorong Kociak, Nagari Taeh Baruah, Kecamatan...

Satu Bangunan Semi Permanen di Jl Bgd Aziz Chan Dibongkar Paksa, Pemilik Rumah Minta Tenggat Waktu

Satu Bangunan Semi Permanen di Jl Bgd Aziz Chan Dibongkar Paksa, Pemilik Rumah Minta Tenggat Waktu

PADANG -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, membongkar satu unit bangunan semi permanen di Jalan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media