Thursday, 27 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Libur, Pengunjung TMSBK Bukittinggi Membludak

Senin, 26 Desember 2016 - 20:25:50 WIB - 756
Libur, Pengunjung TMSBK Bukittinggi Membludak


BUKITTINGGI - Pengunjung Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK) Bukittinggi, membludak pengunjung disaat liburan kini, bisa dikatakan meningkat signifikan. Meningkatnya pengunjung terjadi sejak liburan sekolah dan juga Peringatan Natal di mulai kemarin, hingga Senin (26/12/2016), Pada hari Minggu kemarin, diperkirakan total pengunjung TMSBK sebanyak 12.000 orang.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang TMSBK, Ikbal saat di temui, Dia menyebutkan, pengunjung TMSBK selama liburan natal tahun 2016 ini sangat meningkat, diperkirakan puncak keramaian terjadi pada hari Minggu (25/12) kemarin. Namun, hari ini Senin (26/12) tidak jauh berbeda dari hari kemarin, pengunjung yang datang masih terlihat hampir sama padatnya dari hari Minggu.

Lanjutnya, pengunjung saat liburan ini meleset dari perkiraannya, target hanya sekitar 20 sampai 30 persen. Tapi, sejak kemarin mencapai 40 persen lebih pengunjung yang datang, ”penambahan pengunjung ini sangat mempengaruhi terhadap PAD kita, dan itu telah melebihi dari bulan November kemarin,” sebut Ikbal.

Menurutnya, total pengunjung yang datang paling banyak dari daerah Riau, kemudian dari Painan, Dharmasraya, bahkan ada juga dari propinsi Jambi. Sementara itu, pengunjung yang berasal dari pulau Jawa, hanyalah pengunjung yang sedang menikmati liburan di kampung (Pulang Kampung), termasuk juga pengunjung dari Medan.

Ikbal berharap, hingga akhir Tahun nanti, pengunjung TMSBK ini terus ramai, sehingga pemasukan terhadap daerah lebih dari yang diharapkan, ”apalagi kalau jadi adanya barter binatang, itu akan lebih ramai lagi untuk liburan berikutnya. Namun, untuk saat ini kita sangat senanglah karena pengunjung TMSBK saat ini, Alhamdulillah ramai,”sambung Ikbal.

Sementara itu, harimau Sumatera yang ada di TMSBK, dengan pasangan Sean dan Banca kembali dianugrahi 3 ekor anak. Tiga ekor anak harimau itu lahir pada tanggal 14 November kemarin, kondisi anak Sean dan Banca hingga saat ini masih sehat dan stabil.

Ikbal menyebutkan, perawatan selama kelahiran hingga saat ini dilakukan secara alami, dengan kata lain, 3 ekor anak harimau itu langsung mendapat sentuhan dari induknya. Hanya saja saat pemberian obat kutu, untuk perawatannya baru dilakukan dengan sentuhan tangan manusia.

“Perawatannya hingga saat ini, kita ransang dengan susu buatan selain dari induknya, serta pemberian vitamin secara berkala. Sedangkan untuk perkembangannya lebih kita fokuskan secara alami bersama induknya,” lanjut Ikbal.

Ia menambahkan, selama dua Tahun ini, harimau Sumatera sudah dua kali yang melahirkan di TMSBK. ”Kita berharap agar kondisi anak harimau tersebut tetap bagus selama masa pertumbuhannya. Maka dari itu, kita lebih percaya kepada sentuhan langsung dari induknya, dan kita akan selalu memperhatikan kondisi dari anak harimau tersebut,” pungkas Ikbal. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kemenag Pessel Ungkapkan Penyebab Anjloknya Prestasi Dalam Ajang MTQ ke-38 Sumbar

Kemenag Pessel Ungkapkan Penyebab Anjloknya Prestasi Dalam Ajang MTQ ke-38 Sumbar

PESISIR SELATAN - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menyebutkan, anjloknya prestasi...

Calon Bupati Pasaman Mulai Hangat Diperbincangkan untuk Pilkada 2020, Beberapa Nama Mulai Terlihat

Calon Bupati Pasaman Mulai Hangat Diperbincangkan untuk Pilkada 2020, Beberapa Nama Mulai Terlihat

Lubuk Sikaping -- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 hanya berselang satu tahun lagi. Namun, perbincangan...

Lima Hari Pencarian, Korban Terakhir Innova Terjun Jurang di Agam Ditemukan Mengapung

Lima Hari Pencarian, Korban Terakhir Innova Terjun Jurang di Agam Ditemukan Mengapung

LIMAPULUH KOTA - Korban terakhir minibus jenis Toyota Innova warna putih dengan nomor polisi BA 1751 BP berpenumpang 10...

Breaking News : Kantor Baznas Padang Pariaman Dilalap Si Jago Merah

Breaking News : Kantor Baznas Padang Pariaman Dilalap Si Jago Merah

Padang Pariaman - Si jago Merah mengamuk kembali, kali ini amukannya menghanguskan Kantor Baznas Padang Pariaman yang...

Memantapkan Acara Pelantikan Pengurus, KNPI Mentawai Gelar Geladi Resik

Memantapkan Acara Pelantikan Pengurus, KNPI Mentawai Gelar Geladi Resik

MENTAWAI - Untuk memantapkan pelantikan Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kepulauan Mentawai,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media