Sunday, 15 Sep 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Dunia Perhotelan Bukittinggi Adakan Gebrakan Budaya Minang

Kamis, 29 Desember 2016 - 04:37:37 WIB - 741
Dunia Perhotelan Bukittinggi Adakan Gebrakan Budaya Minang


BUKITTINGGI - Sumatera Barat yang telah berhasil meraih award dalam ajang Wisata Halal Tourism Award (WHTA) 2016, berarti kini provinsi Sumatera Barat memfokuskan kepariwisataan yang menjadikan sebagai salah satu gerakan terpadu yang menjadi prioritas pembangunan di Sumbar.

Terkait wisata halal yang telah diraih Sumatera Barat, di kota Bukittinggi telah dijalankan pengertian tentang wisata halal, artinya halal bukan saja untuk makanan saja, tapi juga menyangkut tempat objek wisata yang tersedia tempat beribadah, bersih, nyaman dan aman, SDM, dan kepemerintahannya, hal ini disampaikan ketua BPC PHRI Bukitinggi, Vina Kumala saat dikonfirmasi metrans di hotel dymens, Rabu (28/12).

Vina menjelaskan, kalau Sumatera Barat sudah menjadi destinasi halal, iapun sudah menghibau kepada seluruh anggota PHRI Bukittinggi, dalam hal pakaian kerja pegawai hotel janganlah memakai pakaian yang tidak menunjukan seorang muslim, di tahun 2017 PHRI Bukittinggi adakan gebrakan dalam hal pakaian kerja pegawai hotel.

Wacana Vina setiap hari Jumat nantinya, wanita pegawai hotel di Bukittinggi, memakai baju basiba dan pegawai laki-laki memakai baju taluak belanga lengkap dengan kopiah, pakaian itu adalah sebagai busana adat Minangkabau, sedangkan di hari lain tentunya disesuaikan pakaiannya yang tidak menampakkan aurat, busana itu akan diterapkan mulai tahun 2017.

Lanjut Vina, pakaian adat Minangkabau itu akan memanilisir busana pegawai hotel yang sangat tidak bagus dipandang mata, disinilah dimulainya dari pelaku pariwisata, mudah-mudahan dengan mulainya pegawai hotel berpakaian secara adat Minangkabau, akan membuka mata masyarakat kota Bukittinggi dan juga Sumatera Barat untuk melihat memulainya gerakan pelaku pariwisata Bukittinggi.

Dengan akan diberlakukan pakaian secara adat Minangkabau di semua hotel di Bukittinggi, ini adalah suatu gebrakan tersendiri dunia perhotelan kota Bukittinggi, dan mungkin baru pertama diadakan di kota Bukittinggi, hal itu akan menjadi pilot project dunia perhotelan di Sumatera Barat.

Sedangkan dalam menyambut tahun baru 2017, PHRI Bukittinggi bekerja sama dengan pihak kepolisian terkait pengunjung yang akan menginap di hotel atau guesthouse, dengan metode jemput tamu, artinya dipintu perbatasan masuk kota Bukittinggi yang ditutup kepolisian, ada pengurus PHRI yang akan mengantarkan tamu tersebut sampai ke penginapan yang telah dipesannya, hal ini dilakukan untuk mencegah kemacetan lalu lintas. pungkas Vina Kumala. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bisnis,bukittinggi,ekonomi,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Para Guru di Solsel Akan Ikuti Seminar Pendidikan Berkelas Nasional

Para Guru di Solsel Akan Ikuti Seminar Pendidikan Berkelas Nasional

PADANG ARO - Para guru di bawah Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Solok Selatan akan...

Sukseskan Kampung KB Jadi Desa Percontohan, DP3AKB Pariaman Adakan Lomba Kampung KB Mini

Sukseskan Kampung KB Jadi Desa Percontohan, DP3AKB Pariaman Adakan Lomba Kampung KB Mini

PARIAMAN - Dinas Pemberdayaan Perempuan Pelindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman adakan lokakarya...

Sosialisasi RIF Tahap II Indonesia-Kanada, Ini Kata Bupati Hendrajoni

Sosialisasi RIF Tahap II Indonesia-Kanada, Ini Kata Bupati Hendrajoni

PESISIR SELATAN -- Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Hendrajoni melakukan Kick Off dan sosialisasi program Responsive...

Kabut Asap Memburuk, Pekat IB dan Wartawan Tanah Datar Turun Bagikan Masker

Kabut Asap Memburuk, Pekat IB dan Wartawan Tanah Datar Turun Bagikan Masker

TANAH DATAR -- Upaya mewujudkan kepedulian terhadap masyarakat dalam hal kesehatan, Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air...

Antisipasi Serangan ISPA, Pemrov Sumbar Bagikan Ribuan Masker

Antisipasi Serangan ISPA, Pemrov Sumbar Bagikan Ribuan Masker

PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah membagikan 7.000 masker untuk mengantisipasi dampak adanya kabut...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media