Saturday, 19 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Keluarga Sarankan SYL jadi Mendagri

Sabtu, 01 Oktober 2011 - 13:25:50 WIB - 1366
Keluarga Sarankan SYL jadi Mendagri


Jakarta, MinangkabauNews -- Menanggapi masuknya SYL sebagai nominasi menteri pada Kabinet Indonesai Bersatu jilid II, Gubenur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo enggan memberikan komnetar, namun keluarga mempertimbang jika jabatan itu adalah menteri dalam negeri (Mendagri), bukan jabatan menteri hukum dan HAM.

Demikian dibeberkan anak sulung SYL, Indira Chunda Thita menanggapi isu reshuffle yang dikait-kaitkan dengan ayahnya."Ya, kalau Mendagri mungkin masih dipertimbangkan. Tapi kalau menteri lain, saya pikir janganlah," ucap politisi sena-yan itu di Gedung DPR RI, Kamis (29/9).

Menjabat menteri, bagi Anggota Komisi IV DPR RI itu adalah sebuah kepercayaan dari presiden karena itu merupakan hak prerogatifnya.

"Siapa sih yang tidak mau menjadi menteri. Itu sebuah tugas negara mendapat kepercayaan dari presiden," katanya.

Tapi, menurutnya, bukan berarti jabatan menteri itu adalah sebuah jaminan. "Menteri itu kan hak prerogatif presiden. Kapan saja bisa dicopot," lanjutnya bimbang tanpa memberikan jawaban pasti.

"Saya kira untuk saat ini, bapak (SYL) masih konsentrasi untuk bekerja membangun Sulsel. Saya tahu tujuannya, bapak di setiap kesempatan selalu bilang dalam bekerja itu dibutuhkan ketulusan dan keikhlasan di mana pun berada. Intinya pengabdian. Saya kira masyarakat Sulsel masih membutuhkannya," paparnya.

Sisi lain, kelayakan SYL menjabat menteri diutarakan kolega dekat Bupati Gowa dua periode itu. "Kelasnya memang sudah sekelas menteri," aku Syarif Burhanuddin, Staf Ahli Kementerian Perumahan Rakyat (Menpera).

Syarif yang pernah menjadi bawahan SYL kala menjabat Kepala Dinas Tarkim Sulsel itu melihat SYL memiliki pengalaman birokrasi dan organisasi yang paripurna.

Karir SYL lanjutnya, dimulai dari bawah, bermula sebagai kepala desa, lurah, dan camat di Bontonompo, Gowa. Selanjutnya menjadi kepala bagian pemerintahan dan kepala biro hukum di Kantor Gubernur. Kemudian menjadi Sekda Gowa dan Bupati Gowa. Pada tahun 2003 dilantik menjadi Wakil Gubernur Sulsel.

“Dari hasil pengabdiannya, berbagai tanda tanda jasa diterimnya. Ini membuktikan ada karya nyata yang dibuatnya,” ujarnya.

Begitu pun untuk pengalaman organisasi. Saya kira dia sebagai organisator ulung. Mulai di KNPI, FKPPI, AMPI, Kosgor, Orari sampai menjadi orang nomor satu di Golkar Sulsel,” tambahnya.

Saat ini, SYL disebut-sebut masuk dalam reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II yang akan diumumkan sebelum 20 Oktober mendatang. Selain Mendagri, jabatan menteri hukum dan HAM yang sementara dijabat Patrialis Akbar juga dikabarkan sebagai salah satu posisi yang layak bagi SYL karena berlatar belakang ilmu formal hukum.

Sebelumnya SYL yang dimintai komentarnya terkait isu bakal masuk Kabinet Indonesia Bersatu II mengatakan, belum berfikir untuk menjadi menteri."Saya tidak tahu menjawabnya, tidak masuk dipikiranku, biar waktu menjawabnya nah," elak Ketua DPD Partai Golkar Sulsel itu usai menjadi pembicara pada Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2011 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Senin (19/8)."Tentang isu itu, saya lebih susah menjawabnya,' tegas Bupati Gowa dua periode ini.

Editor/Sumber:
Tag: nasional

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wagub Nasrul Abit: Relawan adalah Ujung Tombak PMI dalam Misi Kemanusiaan

Wagub Nasrul Abit: Relawan adalah Ujung Tombak PMI dalam Misi Kemanusiaan

PADANG -- Palang Merah Indonesia (PMI) se Sumatera Barat menggelar Musyawarah ke-X tahun 2019 yang diselenggarakan di...

Donasi Korban Kerusuhan Wamena, Pemprov Sumbar Dapat Rp3,1 Milyar dalam Semalam

Donasi Korban Kerusuhan Wamena, Pemprov Sumbar Dapat Rp3,1 Milyar dalam Semalam

JAKARTA -- Menyikapi kondisi yang terjadi di Wamena Papua, perantau Minang Jakarta melakukan respon cepat untuk...

Cegah Peredaran Narkoba di Lapaz, BNK Pariaman Lakukan Ini

Cegah Peredaran Narkoba di Lapaz, BNK Pariaman Lakukan Ini

PARIAMAN -- Badan Narkotika Kota (BNK) Kota Pariaman bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB...

Ketum AMPI Minta Wahyudi Thamrin Maju Pilkada 2020

Ketum AMPI Minta Wahyudi Thamrin Maju Pilkada 2020

BUKITTINGGI - Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo, meminta Wahyudi...

Karang Taruna Sungai Pasak Pariaman Manfaatkan Saluran Irigasi Sebagai Tempat Pancing

Karang Taruna Sungai Pasak Pariaman Manfaatkan Saluran Irigasi Sebagai Tempat Pancing

PARIAMAN -- Karang Taruna Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Sumatera Barat manfaatkan aliran...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media