minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Internasional

Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan untuk 1400 Pengungsi Somalia

Selasa, 04 April 2017 - 16:45:08 WIB - 423
Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan untuk 1400 Pengungsi Somalia

MOGADISHU - Tim Kemanusiaan Dompet Dhuafa menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk 1.400 pengungsi internal Somalia. Penyaluran dilakukan di kamp yang terletak di Kahdza District pada Selasa (4/4/2017).

Ketua Tim Kemanusiaan Dompet Dhuafa, Syamsul Ardiansyah mengatakan, penyaluran bantuan ini difasilitasi lembaga lokal, Zamzam Foundation. Bantuan yang disalurkan berupa beras, gandum, gula, dan minyak goreng.

"Kami juga menyalurkan 5 tank air bersih berkapasitas 50.000 liter di tiga titik, yang masih dalam area Kahdza," kata Syamsul.

Proses penyaluran bantuan dikawal aparat bersenjata lengkap untuk menghindari kericuhan. Tak kurang 10 tentara yang menjaga, dan ikut mengatur pembagian bantuan. "Situasinya sangat rawan, jika tidak dijaga tantara potensi ricuh sangat besar," terang Syamsul.

Pembagian bantuan, khususnya makanan, juga harus dilakukan di kawasan tertutup, dengan satu akses masuk dan keluar. Lokasinya terpisah dengan kamp, namun tak terlalu jauh. Warga yang mendapat bantuan harus membawa kupon yang sudah dibagi satu hari sebelumnya.

Tentang penentuan siapa-siapa saja yang mendapat bantuan, pihak Zamzam bersama pengelola kamp telah menyusun daftar terlebih dahulu. Dari daftar inilah kemudian ditentukan siapa saja yang berhak mendapat.

Pasalnya, cukup banyak organisasi kemanusiaan lainnya yang juga membagikan bantuan di kawasan ini.

"Pengelola kamp harus cermat, jangan sampai ada yang mendapat dobel," kata Mahmoddin, staff Zamzam Foundation.

Kamp pengungsian Kahdza berada sekitar 50 kilometer dari Mogadishu. Di sini ada sekira 10 ribu lebih pengungsi internal. Mereka berasal dari berbagai region di Somalia seperti Baidoa, Marka, Kurtun Warey, Afgoye, dan lain-lain. Mereka menempati padang pasir luas dan membangun tenda seadanya. Fasilitas air dan sanitasi sangat minim, demikian pula layanan kesehatan.

"Semoga bantuan kita bisa meringankan penderitaan mereka. Kami masih mengajak para donatur untuk menyalurkan donasinya bagi rakyat Somalia," tukas Syamsul.

Dompet Dhuafa optimis untuk tetap meneruskan penyaluran bantuan tahap ;lanjut untuk Somalia. Donasi dan partisipasi kita masih ditunggu di Rekening #LOVESOMALIA Bank Mandiri 111.000.500.5000 a.n Yayasan Dompet Dhuafa Republika. (*Tambahkan nominal Rp.11,- dan berita transfer #LoveSomalia untuk setiap transfer donasi). Semoga keikhlasan dan kepedulian kita dapat meringankan beban mereka. (ARH/nisa)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: indonesia,internasional,nasional,sosial

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Nikmati Keindahan Alam Serta Kuliner 50 Kota, Desi Albert Mamahit: Negeri Yang Indah

Nikmati Keindahan Alam Serta Kuliner 50 Kota, Desi Albert Mamahit: Negeri Yang Indah

LIMA PULUH KOTA - Melakukan Aktivitas menikmati keindahan sebuah destinasi wisata merupakan agenda bagi sebagian orang...

Fakta-fakta Video Mesum 2 Bocah dan Wanita Dewasa di Bandung

Fakta-fakta Video Mesum 2 Bocah dan Wanita Dewasa di Bandung

NASIONAL - Video adegan berhubungan intim kembali viral di media sosial. Yang mengejutkan, pemeran dalam video tersebut...

Maju di Pilwalkot Padang, Emzalmi-Desri Diusung 10 Partai

Maju di Pilwalkot Padang, Emzalmi-Desri Diusung 10 Partai

PADANG - Dengan semboyan koalisi Padang bersatu, bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi-Desri...

Tahun 2040, Islam Diprediksi Bakal Jadi Agama Terbesar Kedua di AS

Tahun 2040, Islam Diprediksi Bakal Jadi Agama Terbesar Kedua di AS

INTERNASIONAL - Perdebatan politik di Amerika Serikat akhir-akhir ini kerap menyinggung mengenai imigrasi Muslim....

Malam Pergantian Tahun, Pariaman Gelar Muhasabah di Pantai Gandoriah

Malam Pergantian Tahun, Pariaman Gelar Muhasabah di Pantai Gandoriah

PARIAMAN - Pemerintah kota pariaman menggelar Muhasabah di akhir tahun, yang diisi dengan tausyiah dari Ustad Mhd Arief...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media