minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Payakumbuh home berita Payakumbuh

Damkar Kota Payakumbuh Sampai Saat ini Belum Miliki Bank Air Secara Resmi

Senin, 10 Juli 2017 - 20:08:11 WIB - 537
Damkar Kota Payakumbuh Sampai Saat ini Belum Miliki Bank Air Secara ResmiIlustras Damkar

PAYAKUMBUH - Pemadam kebakaran kota Payakumbuh sampai saat ini belum memiliki bank air secara resmi, pasokan air yang disedot untuk mobil pemadam kebakaran diambil dari irigari yang ada di sekitar kota, hal ini merupakan sebuah kendala bagi Satria Biru ( Damkar) dalam menjalankan tugasnya memadam api dari kejadian kebakaran. Hal ini disampaikan oleh Ahdion Kasi Pencegahan dan operasional Damkar Kota Payakumbuh, Senin (10/7).

"Sampai saat ini, belum ada sumber air secara resmi untuk memadamkan api. Dimana selama ini dalam memadamkan api Damkar Kota Payakumbuh hanya menyuplai air dari irigasi kelurahan Padang Tinggi yang berada di Payakumbuh Barat, irigasi Nafar dan Muaro berada di Payakumbuh Utara, Irigasi Kubang Gajah berada di Payakumbuh Selatan, Irigasi Tiakar berada Payakumbuh Timur dan Irigasi Simpang Koto Panjang berada di Kecamatan Latina," ujar Ahdion.

"Sementara sumber air Batang Agam tidak bisa diambil airnya, karena lokasi pengambilan jauh dan slang pengisap air tidak sampai kedasar. Untuk mendapatkan air slang pemadam harus kedasar air. Terlebih permasalahan peralatan Vakum penyedot maupun penyaringan air tidak berpungsi," kata Ahdion.

"Memang kita akui saat ini Vakum untuk penyaringan air saat ini sedang tidak berpungsi, semua itu dikarekan saat mengambil air dari sumber, tanah-tanah yang ada ikut masuk kedalam slang. hal itu dikarenakan sumber air terlalu dangkal dan memiliki lumpur, sementara kekuatan pompa air 5000 Liter/1 Menit, 58 Detik. Adanya kondisi keterbatasan ini, mudahan kedepanya ada solusi dari Pemko Payakumbuh, supaya sumber air segera diadakan secara resmi guna meningkatkan, melancarkan kinerja anggota Damkar Payakumbuh dalam memadamkan api," ulas Ahdion lagi.

"Damkar Payakumbuh sebagai garda terdepan dalam penyelamatan aset negara maupun milik perorangan dalam musibah kebakaran tentu saja seyogyanya sarana dan prasarana didukung dengan baik. Mengenai air saat ini harus menjadi perhatian utama dari Pemko Payakumbuh. Kalau dapat kita minta kepada Bapak Walikota Riza Falepi, untuk merealisasikannya," ujar Ahdion.

"Saya yakin bapak Walikota mengerti tentang itu, kalau dapat setiap kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh telah memiliki Bank Air," papar Ahdion.

"Sampai saat ini memang belum ada komplain dari masyarakat dalam mengambil air, tetapi seharusnya Bank air sudah ada disetiap Kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh ini, Karena kerja Damkar Payakumbuh harus berpacu dengan waktu, apalagi mottonya Pantang Pulang sebelum api padam, Walaupun Nyawa taruhannya , Disamping itu kerja pemadam dan penyelamat siap siaga dalam 24 jam mengamankan Kota Payakumbuh dari kejadian kebakaran, Makanya kami mengharapkan sekali Bank air dalam waktu dekat terealisasi," terang Ahdion. (Joli)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,metro,payakumbuh,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Rencana Pembangunan Tarok City di Padang Pariaman Mulai Dirampungkan

Rencana Pembangunan Tarok City di Padang Pariaman Mulai Dirampungkan

PADANG PARIAMAN - Matangkan rencana pembangunan kawasan pendidikan terpadu tarok city (KPTTC) Bupati Ali Mukhni...

Ingin Miliki Berat Badan Ideal? Coba 7 Kebiasaan Makan Ini

Ingin Miliki Berat Badan Ideal? Coba 7 Kebiasaan Makan Ini

NASIONAL - Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal, fit, dan sehat? Semua orang, termasuk kamu pasti juga...

Wapres Jusuf Kalla Minta Menteri Susi Hentikan Penenggelaman Kapal

Wapres Jusuf Kalla Minta Menteri Susi Hentikan Penenggelaman Kapal

NASIONAL - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kebijakan penenggelaman kapal asing yang melakukan illegal fishing atau...

Massa Alumni 212 Demo di Depan Kantor Facebook, Ini Tuntutannya

Massa Alumni 212 Demo di Depan Kantor Facebook, Ini Tuntutannya

JAKARTA - Massa mengatasnamakan Aliansi Tolak Kezaliman Facebook berdemo di depan kantor Facebook di Gatot Subroto,...

Kenali Hukum Sejak Dini, Jauhkan Hukuman

Kenali Hukum Sejak Dini, Jauhkan Hukuman

Tanah Datar - Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Sumbar di bawah komando Kajari M. Fatria, SH untuk tahun 2018 ini...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media