Tuesday, 20 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Solok

Terkesan Memaksa Lakukan Penarikan Kendaraan Warga, Kapolres Solok akan Panggil Pihak Leasing

Jumat, 21 Juli 2017 - 02:47:13 WIB - 2179
Terkesan Memaksa Lakukan Penarikan Kendaraan Warga, Kapolres Solok akan Panggil Pihak LeasingIlustrasi Penarikan kendaraan oleh Pihak Leasing di jalanan

SOLOK - Aksi penarikan sepihak yang dilakukan pihak leasing terhadap konsumen Penguna kendaraan bermotor melalui debt collectornya, telah membuat resah masyarakat.

Beberapa Konsumen (korban) yang namanya enggan di sebutkan mengatakan kepada awak media, bahwa pihak pembiayaan terkesan berbuat semena – mena, dengan melakukan penarikan dijalan tanpa melaksanakan prosedural sesuai pasal-pasal yang termaktub dalam UU No 42 tahun 1999, tentang jaminan fidusia dan di jelaskan juga dalam Peraturan Mentri Keuangan No 130/ PMK.010/2012 tentang Pendaftaran Fidusia bagi Perusahaan Pembiayaan.

Dari pantauan awak media di lapangan, ada beberapa pihak leasing yang berlaku tidak wajar terhadap konsumennya, hingga terkesan melakukan ancaman kepada para Nasabahnya.

Berdasarkan informasi yang didapat dari beberapa narasumber di lapangan, debt collector ini dibayar sebesar Rp. 15.000.000,- untuk penarikan unit mobil, dan Rp. 2.500.000 untuk penarikan unit sepeda motor.

Menyikapi hal ini, Kapolres Solok Kota, AKBP. Dony Setiawan, berencana akan memanggil semua perusahaan leasing yang ada di wilayah hukum Polres Solok Kota. Dan dalam waktu dekat pihaknya juga menertibkan setiap tindakan yang dapat merugikan masyarakat

“Kita akan panggil semua leasing atau perwakilannya untuk membahas permasalahan ini. Kita akan coba tertibkan mereka yang bertindak demikian”, ungkap Dony kepada awak media, Kamis, (20/7/2017) siang, diruangan kerjanya.

Kapolres mengatakan, tanpa adanya akta fidusia yang didaftarkan oleh pihak leasing, tindakan ini jelas suatu bentuk pelanggaran hukum.

“Jika leasing tidak mendaftarkan fidusianya ke Kementrian Hukum dan Ham, jelas tindakan ini adalah pelanggaran. Mereka wajib mendaftarkan ini masing – masing per-kontrak yang dibuat, bukan per kelompok atau dalam jumlah tertentu”, jelasnya.

Menurutnya hal ini perlu terlebih dahulu disosialisasi, namun jika tindakan serupa masih terus terjadi, Kapolres mengatakan tak segan untuk mengambil tindakan hukum berdasarkan laporan masyarakat.

Meski demikian, Dony tetap menghimbau pihak leasing agar dapat bekerja sesuai prosedur yang ada. Hal ini demi terciptanya kondisi aman, nyaman dan damai diwilayah hukum Polres Kota Solok.

“Terkait ini, saya menghimbau agar pihak leasing tetap mengedepankan prosedur dalam melakukan eksekusi terhadap konsumennya tanpa mengenyampingkan tata krama dan etika. Ini demi terciptanya kondisi aman, nyaman dan damai di Solok”, himbaunya. (Tirta/ AMOI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: romeo/Sumbartoday
Tag: hukum,otomotif,pos-polisi,solok,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Raja Pagaruyung Tutup Usia, Inilah Ungkapan Duka dari MUI Sumbar

Raja Pagaruyung Tutup Usia, Inilah Ungkapan Duka dari MUI Sumbar

PADANG - Kabar duka datang dari Taufik Thaib Tuanku Mahkota Alam, Yang di-Pertuan Pagaruyung, meninggal dunia di ICU...

Ketua TP-PKK Sumbar, Nevi Irwan Prayitno Monitor Kawasan Rumah Pangan Lestari Gulai Bancah

Ketua TP-PKK Sumbar, Nevi Irwan Prayitno Monitor Kawasan Rumah Pangan Lestari Gulai Bancah

BUKITTINGGI - Kelompok Wanita Tani (KWT) Mayang Sari V Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan,...

Deklarasi Damai Pilwako Padang, Mahyeldi-Hendri Ajak Pendukung Tetap Elegan

Deklarasi Damai Pilwako Padang, Mahyeldi-Hendri Ajak Pendukung Tetap Elegan

PADANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menggelar Deklarasi Pilkada Damai bersama dua pasangan calon (paslon)...

KPU RI Tinjau Pencoklitan Data Pemilih di Pariaman

KPU RI Tinjau Pencoklitan Data Pemilih di Pariaman

PARIAMAN - Ketua KPU RI Arif Budiman tinjau pelaksanaan pencoklitan oleh petugas PPDP di Kelurahan Pasir Kecamatan....

Kenapa Masih Merasa Lapar Bahkan Setelah Makan Banyak Saat Sarapan? Ini Dia Penyebabnya

Kenapa Masih Merasa Lapar Bahkan Setelah Makan Banyak Saat Sarapan? Ini Dia Penyebabnya

KESEHATAN - Tak diragukan lagi bahwa sarapan adalah jam makan paling penting selama seharian. Itulah sebabnya kamu...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media