Sunday, 18 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Genius Umar : Dengan Sertifikat SKKNI, Tenaga Kerja Pariaman Miliki Kompetensi Berdaya Saing Global

Selasa, 25 Juli 2017 - 13:38:17 WIB - 586
Genius Umar : Dengan Sertifikat SKKNI, Tenaga Kerja Pariaman Miliki Kompetensi Berdaya  Saing Globalpenandatanganan MOU antara Pemko Pariaman dengan BBPPKI Medan

PARIAMAN - Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika Medan Bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Pariaman dan Sumbar mengadakan Bimbingan Tekhnis dan Sertifikasi SKKNI Bidang Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Bagi Angkatan Muda Kerja Indonesia, di Hotel Nan Tongga Pariaman Senin, (24/7/2017).

Bimtek ini berlangsung selama 4 hari terhitung dari tanggal 24-27 Juli 2017 dengan Narasumber Kepala Balai Diklat Medan dan Bambang Tricahyono dari LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Komputer Indonesia Drs. Irbar Samekto MSi

Wakil Walikota Genius Umar, mengatakan Pemerintah Kota Pariaman menilai, program yang dilaksanakan ini memiliki posisi strategis untuk membangun generasi muda .

Menurut Genius Umar, Dengan adanya Fasilitasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Sertifikasi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang dilaksanakan oleh BBPPKI (Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi Informatika) Medan, Kementerian Komunikasi RI ini, diharapkan dapat meningkatkan standar kompetensi dari tenaga kerja asal Kota Pariaman dan sekitarnya, sehingga dapat bersaing di pasar global.

Genius Umar juga menyampaikan Tenaga kerja dengan baghround komputer, bisa bekerja untuk seluruh jenis pekerjaan, karena ilmu computer diterapkan dan diperlukan untuk semua jenis pekerjaan.

“Dengan kemampuan yang kita punya, baik tamatan SMK, DI, DII, DIII maupun SI ilmu computer, akan lebih mempunyai nilai tambah, apabila kita mempunyai sertifikasi SKKNI yang dikeluarkan oleh pemerintah, maka akan dapat dipergunakan untuk melamar di perusahaan asing, bahkan ke luar negeri sekalipun, dengan sertifikasi yang kita punya,” jelasnya.

Lanjutnya, Apalagi para angkatan kerja muda kota Pariaman dan sekitarnya ini, mendapat pelatihan dan fasilitasi gratis yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Kominfo RI.

“Kami mengapresiasi BBPPKI Kementerian Kominfo RI yang telah menunjuk Kota Pariaman sebagai tempat dilakukannya Fasilitasi Bimtek Sertifikasi SKKNI ini, dan kesemua pesertapun diinapkan di Hotel nan Tongga, Kota Pariaman selama 4 hari, hal ini akan menjadi nilai ekonomi bagi pengusaha di Kota Pariaman,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BBPPKI Kementerian Kominfo RI, Drs. Irbar Samekto, M.Si mengungkapkan Acara ini digelar dalam rangka menyiapkan tenaga kerja di bidang TIK bagi angkatan kerja muda, agar mempunyai kompetensi yang sama dengan tenaga kerja luar, sehingga dapat bersaing dengan Negara lain dalam mencetak tenaga kerja yang terampil.

“Saat ini Indonesia masih berada di ranking 59 dari 63 negara dalam hal penyiapan daya saing tenaga kerja, masih tertinggal dengan Negara Asean Lainnya, seperti Philipina, Malaysia dan Singapura,” tukasnya.

Ia berharap para peserta Fasilitasi Bimtek sertifikasi SKKNI di kota Pariaman ini, dapat memanfaatkanya dengan maksimal, dan diharapkan dapat lulus 100%, sehingga bisa mendapatkan sertifikat SKKNI yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang bekerjasama dengan Kementerian Kominfo RI.

Setiap peserta yang berjumlah 80 orang, akan mendapatkan fasilitasi antar jemput dari Hotel ke SMKN 3 Pariaman, penginapan, makan dan snak, serta uang saku, yang keseluruhan pembiayaannya akan ditanggung oleh BBPPKI Medan Kementerian Kominfo RI, jelas Ketua Panitia Penyelengara, Kepala Bagian TU BBPPKI Medan Ahmad Hasyim.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan MoU antara Pemerintah Kota Pariaman dengan BBPPKI Medan Kementerian Kominfo RI melalui kepalanya Irbar Samekto, tentang sinergitas dan keberlanjutan program Bimtek tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Kadin (Kamar Dagang Industri) Pariaman Jamohor, Kadis Kominfo Pariaman Yalviendri dan tim asesor Kepala SMK N2 dan SMK N3 Pariaman.(Warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,indonesia,metro,nasional,padang,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pilpres 2019, Prabowo Disebut akan Gandeng Anies Baswedan

Pilpres 2019, Prabowo Disebut akan Gandeng Anies Baswedan

POLITIK - Jurnalis senior Asia Times, John McBeth, membuat satu tulisan tentang Jokowi-JK yang kemungkinan bakal maju...

Gara-gara Pacar, Dua Sekolah di Padang Pariaman Cakak Banyak

Gara-gara Pacar, Dua Sekolah di Padang Pariaman Cakak Banyak

PADANG PARIAMAN - Merasa ceweknya diganggu oleh pelajar SMP lain, belasan siswa MTs Islamic Center Pariaman bersama...

KPK OTT Calon Kepala Daerah, Fahri Hamzah: Saya Curiga Ini Titipan dari Pesaingnya

KPK OTT Calon Kepala Daerah, Fahri Hamzah: Saya Curiga Ini Titipan dari Pesaingnya

NASIONAL - Dalam beberapa pekan terakhir, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT)...

DPR: Dana Otonomi Khusus Papua Tidak Salah, Skema Tranfernya yang Harus Dievaluasi

DPR: Dana Otonomi Khusus Papua Tidak Salah, Skema Tranfernya yang Harus Dievaluasi

NASIONAL - Wabah campak dan gizi buruk di Agats, Kabupaten Asmat, Papua, menyisakan pertanyaan terkait dana Otonomi...

Saring Berita Hoax, Dinas Kominfo Padang Optimalisasi Peran KIM Melalui Bimtek

Saring Berita Hoax, Dinas Kominfo Padang Optimalisasi Peran KIM Melalui Bimtek

PADANG - Dinas Kominfo Kota Padang menggelar Bimbingan Tekhnis bagi 54 perwakilan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media