minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang

Tidak Pusing Setelah Konsumsi Daging Kurban, Inilah Tipsnya

Sabtu, 02 September 2017 - 10:18:47 WIB - 1540
Tidak Pusing Setelah Konsumsi Daging Kurban, Inilah TipsnyaIlistrasi ilahan daging

PADANG – Sebagian orang pernah mengalami pusing kepala usai memakan daging kambing ataupun daging sapi. Hal itu disebabkan karena Zat besi dan tyramin yang terdapat dalam daging kambing ataupun sapi.

Begini penjelasannya, tubuh manusia membutuhkan asupan zat besi sebagai bahan baku untuk menghasilkan protein hemoglobin yang fungsinya membawa oksigen ke dalam darah.

Namun, apabila jumlah zat besi berlebihan justru dapat menjadi racun yang menyebabkan pusing dan sakit kepala.

Gejala akibat kelebihan zat besi, diantaranya mual, pusing, sakit kepala, nafas pendek dan tubuh lemah.

Berikut ini enam tips mengatasi pusing setelah makan olahan daging sapi ataupun kambing

1. Olah daging kurban dengan tepat

Olahan yang tepat membantu meminimalkan risiko pusing dan sakit kepala setelah makan daging kambing. Oleh karena itu, usahakan memilih olahan yang tepat, misalnya sup dan sate yang mengandung sedikit lemak.

2. Minum air jeruk

Air jeruk bagus untuk melancarkan pencernaan dan melunturkan lemak tubuh. Minumlah air jeruk hangat setelah mengonsumsi olahan daging kambing. Selain itu Minum jus jeruk setelah mengonsumsi daging kambing sangat disarankan. Hal ini karena air jeruk dapat melunturkan lemak dalam tubuh. Minum jus jeruk tanpa tambahan gula akan lebih baik

3. Minum teh hangat

Teh hangat bisa menjadi pilihan, karena minuman ini bisa membantu melarutkan kandungan zat besi dalam daging kambing yang Anda konsumsi. Usahakan minum teh tanpa gula 1 jam setelah mengonsumsi daging kambing. Teh dipercaya dapat melarutkan lemak dalam tubuh. Selain itu kandungan teh juga dipercaya dapat melarutkan zat besi dalam daging kambing. Minum teh panas tawar setelah mengonsumsi daging kambing.

3. Konsumsi Buah
Selain kandungan zat besi yang tinggi, daging kambing tinggi kolesterol sehingga menyebabkan pusing setelah mengonsumsinya. Makan buah seperti semangka, jeruk dan pisang setelah makan daging kambing sangat disarankan karena dapat membantu menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah dapat berfungsi menurunkan tekanan darah menjaga kadar kolesterol dalam darah. Buah yang disarankan antara lain semangka, pisang, jeruk, dan alpukat

4. Konsumsi sayuran

Sayuran bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol setelah makan daging kambing. Diantara sayuran yang direkomendasikan, yaitu mentimun, wortel, tomat, kubis, dan kemangi.

5. Konsumsi Bawang Putih
Seperti para ahli sampaikan bawang putih memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi kadar kolesterol. Setelah makan daging sapi, usahakan untuk mengonsumsi bawang putih mentah. Kolesterol yang berkurang akan mengurangi rasa pusing setelah mengonsumsi daging kambing.

6. Olahraga ringan setelah konsumsi daging

Melakukan olahraga ringan, sepeti jalan santai, jogging, atau bersepeda membantu membakar kalori dan lemak, dan melancarkan sirkulasi darah.

Namun, bagi penderita tekanan darah tinggi, jangan mencoba makan daging kambing ataupun sapi karena dapat memperburuk kondisi tekanan darah anda.

Nah, penikmat daging demikian enam tips agar terhindar dari pusing setelah mengonsumsi daging kambing. Bagaimana sekarang tidak perlu takut lagi mengonsumsi daging kambing dan sapi bukan? Selamat mencoba. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: kosmo,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Alumni 212 dan Kubu Prabowo Pecah Kongsi?

Alumni 212 dan Kubu Prabowo Pecah Kongsi?

NASIONAL - Pemilihan Gubernur Jawa Timur membuat La Nyalla Mattalitti meradang. Dia rupanya kesal tak diusung sebagai...

Berbekal 27 Pemain, Semen Padang FC Siap Arungi Liga 2, Ini Daftar Pemain Sementara

Berbekal 27 Pemain, Semen Padang FC Siap Arungi Liga 2, Ini Daftar Pemain Sementara

BOLA - Berlahan namun pasti, Semen Padang FC membangun tim baru guna mengarungi kompetisi Liga 2 musim 2018. Tim Kabau...

Terlibat Tawuran dan Membawa Senjata Tajam, 14 Pelajar di Padang Digaruk Polisi

Terlibat Tawuran dan Membawa Senjata Tajam, 14 Pelajar di Padang Digaruk Polisi

PADANG - Jumat (12/1/2018), puluhan pelajar yang sebagiannya diantaranya membawa senjata tajam terlibat tawuran di Kota...

Sebanyak 96 Koperasi di Pasaman Sumbar Dibubarkan Lantaran Tidak Aktif

Sebanyak 96 Koperasi di Pasaman Sumbar Dibubarkan Lantaran Tidak Aktif

PASAMAN - Dinas Koperasi dan UKM Pasaman Sumatera Barat (Sumbar) membubarkan 96 koperasi yang tersebar di Kabupaten...

HAB Kemenag Ke-72 Tahun 2018, Jajaran Kemenag Jangan Bekerja Dengan Kaca Mata Kuda

HAB Kemenag Ke-72 Tahun 2018, Jajaran Kemenag Jangan Bekerja Dengan Kaca Mata Kuda

TANAH DATAR - Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama diperingati setiap tahun dan ini telah dimulai semenjak 3...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media