Monday, 19 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Akper Pemda Padang Pariaman Segera Bergabung dengan UNP

Selasa, 12 September 2017 - 20:45:25 WIB - 741
Akper Pemda Padang Pariaman Segera Bergabung dengan UNPWabup Padang Pariaman pimpin pertemuan dg tim visitasi Kemenristekdikti,

PADANG PARIAMAN - Tim Visitasi Kemenristekdikti kunjungi Padang Pariaman dalam rangka penyatuan Akper Pemda ke Universitas Negeri Padang (UNP). Tim yang diketuai oleh Silvia Supartiningsih bertolak ke Padang Pariaman untuk meninjau persiapan yang telah dilakukan oleh Akper Pemda, Selasa (12/9).

Dalam sambutannya, ia mengatakan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Perguruan Tinggi Kesehatan Milik Daerah (PT Kesda.) jika ingin bergabung dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pertama lokasi PT Kesda. dan PTN harus satu kabupaten/kota. Kedua adanya kesediaan PTN menerima PT Kesda. Ketiga penyerahan aset berupa tanah, gedung, bangunan, sarana prasarana, SDM dan pendanaan. Serta yang terakhir adalah adanya MoU antara Pemda, PTN dan PT Kesda.

Ia menambahkan menyatukan PT Kesda. ke PTN karena berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda, yang mana pemerintah kabupaten/kota dan pemprov tidak lagi menangani urusan perguruan tinggi.

Oleh karena itu, Kemenristekdikti mengambil kebijakan agar kegiatan pendidikan tetap berlangsung dengan menyatukan PT Kesda. dengan PTN yang secara geografis letaknya berdekatan.

Sedangkan bagi yang tidak masuk ke PTN dipersilahkan bergabung dengan Politeknik Kesehatan ke Kementerian Kesehatan atau menjadi perguruan tinggi swasta.

Selain itu, lanjutnya ada tiga PT Kesda. yang masih belum melengkapi persyaratan yaitu Akper Pemkab. Konawe, Akper Pemkab. Muna, dan Akper. Pemprov Angin Mamiri.

Serta tujuh PT Kesda. yang tidak direkomendasikan masuk ke PTN yaitu Akper milik Pemkab Subang, Pamekasan, Kapuas, Indramayu, Luwuk, Padang Pariaman, dan Pemerintah Kota Pasuruan.

Namun dalam hal ini, lanjutnya Pemda Kabupaten Padang Pariaman ingin menyatukan PT Kesda.-nya masuk ke PTN.

"Oleh karena itu kami melakukan pengecualian untuk PT Kesda Kabupaten Padang Pariaman sehingga melakukan visitasi," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur mengatakan keinginan pihaknya memasukkan PT Kesda. daerahnya ke PTN sudah kuat.

"Akper Pemda segera bergabung ke UNP. Apalagi pihak Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai PTN tempat bergabung menerima dengan terbuka," kata dia.

Selain itu, lanjutnya pihak UNP juga akan membangun kampus utama di Padang Pariaman sehingga persayaratan lokasi PTN dengan PT Kesda harus berdekatan dapat teratasi. (warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: kesehatan,padang-pariaman,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Oknum Petugas Damkar Pariaman dan Istrinya Diciduk Polisi

Oknum Petugas Damkar Pariaman dan Istrinya Diciduk Polisi

PARIAMAN - Unit Satnarkoba (Satuan Narkoba) Polres Pariaman kembali menciduk Pasutri (Pasangan Suami Istri) pemakai...

Wali Kota Padang Dinobatkan Sebagai Duta Kemanusiaan Internasional Muslim Palestina

Wali Kota Padang Dinobatkan Sebagai Duta Kemanusiaan Internasional Muslim Palestina

PADANG - Sebuah anugerah diterima seorang Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo. Pasalnya, orang nomor satu...

Viral Video Umrah Sambil Baca Pancasila, Ini Tanggapan MUI

Viral Video Umrah Sambil Baca Pancasila, Ini Tanggapan MUI

NASIONAL - Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis menanggapi viralnya video pembimbing...

Inilah Daftar 27 Korban Tewas Kecelakaan Bus Maut di Tanjakan Emen Subang Jabar

Inilah Daftar 27 Korban Tewas Kecelakaan Bus Maut di Tanjakan Emen Subang Jabar

SUBANG - Sebanyak 27 orang dilaporkan tewas akibat kecelakaan maut bus pariwisata di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat....

Ketum MUI Buya Gusrizal Tegaskan Tolak LGBT di Sumbar

Ketum MUI Buya Gusrizal Tegaskan Tolak LGBT di Sumbar

PADANG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar menolak tumbuhnya kelompok lesbian, gay, biseksual, transgender (LGBT)...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media