Sunday, 18 Nov 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Bukittinggi Gelar Sosialisasi Pariwisata Halal Sumbar

Selasa, 19 September 2017 - 20:44:30 WIB - 840
Bukittinggi Gelar Sosialisasi Pariwisata Halal Sumbar
Wawako Bukittinggi saat membuka Sosialisasi Pariwisata Halal Sumbar Worlds Best Halal Destination


BUKITTINGGI - Guna memberikan pemahaman terkait Destinasi Pariwisata Halal dan Sertifikasi Halal serta mendorong percepatan pengembangan pariwisata halal Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata melaksanakan Sosialisasi Pariwisata Halal bertajuk "Worlds Best Halal Destination" yang dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Irwandi Hotel Rocky Bukittinggi, Selasa (19/9/2017)

Bertindak sebagai nara sumber Wisnu Rahtomo (Pengajar pada STP Bandung), Hafizuudin Ahmad (Tim Percepatan Pariwsata Halal Kemenpar), Firdaus Thantawi (LPPOM MUI Sumbar) dan Osmena (LPPOM MUI Pusat) serta Didit Santoso (Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar).

Sebagaimana diungkapkan Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar Didit Santoso, Kegiatan ini dilatar belakangi oleh berhasilnya Sumatera Barat meraih beberapa predikat pada kompetisi pariwisata halal dan untuk itu perlu dilakukan percepatan pengembangan Pariwisata Halal Sumatera Barat karena itu juga Dinas Pariwisata Prop.Sumatera Barat menyediakan subsidi pembiayaan Sertifikasi Halal untuk industri pariwisata Sumatera Barat.

"Pada tahun 2016, Sumatera Barat memenangkan empat kategori award Kompetisi Pariwisata Halal Nasional yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yakni Destinasi Wisata Halal Terbaik, Destinasi Kuliner Terbaik, Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik, dan Rumah Makan Halal Terbaik," kata Didit.

"Pada bulan Desember 2016 Sumatera Barat juga meraih tiga award dalam penyelenggaraan World Halal Tourism Award (WHTA) yang dilaksanakan Internasional Travel Week di Abudhabi untuk kategori Worlds Best Halal Destination, Worlds Best Halal Culinary Destination dan Worlds Best Halal Tour Operator," tambahnya..

Wakil Wali Kota Irwandi dalam sambutannya menyampaikan, Bicara masalah wisata halal sebetulnya kita di Sumatera Barat telah lebih dulu, karena sesuai dengan filosofi adat Minang bahwa Adat Basyandi Syarak, Syarak Basandi Khitabullah artinya disini kita dalam hidup dan berkehidupan secara kultural kita bersandarkan kepada ajaran agama kita, karena orang Sumbar kalau tidak muslim itu bukan orang Minang. Artinya disini identik dengan perilaku halal, ujar Irwandi

"Bicara wisata halal tidak hanya bicara tentang kulineri saja tetapi juga lebih kepada menyangkut perilaku, sikap, fasilitas dan infrasturuktur yang secara keseluruhannya bernuansa kepada kegiatan yang berkaitan dengan wisata halal," kata Wawako.

Irwandi juga mengajak kepada masing–masing di level yang berbeda kiranya bisa berperan aktif mensukseskan pariwisata halal ini, baik di level government, policy maker, stakeholder, praktisi, pelaku usaha, jurnalis, generasi muda dan seluruh elemen masyarakat lainnya, tak lupa juga ninika mamak, alim ulama dan bundo kanduang.

Didit Santoso selaku ketua pelaksana mengatakan, Sosialisasi diikuti sebanyak 65 orang berasal dari aparatur Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Rumah Makan/Restoran Kabupaten Agam, Pasaman, Lima Puluh Kota, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Mentawai, Kota Bukittinggi, Pariaman, Payakumbuh, Padang Panjang dan Generasi Pesona Indonesia (GenPi) dan Ikatan Mahasiswa Peduli Halal. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Banjir Padang Renggut Korban Jiwa, TNI Bergerak dan Nyatakan Siap Siaga

Banjir Padang Renggut Korban Jiwa, TNI Bergerak dan Nyatakan Siap Siaga

PADANG - Korem 032/Wirabraja bergerak cepat mengantisipasi banjir yang terjadi di kota Padang, Jumat (2/11/2018). Atas...

Terungkap ini Alasan Kenapa Kotak Hitam Harus Tetap Terendam di Dalam Air

Terungkap ini Alasan Kenapa Kotak Hitam Harus Tetap Terendam di Dalam Air

NASIONAL - Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono mengatakan alasan Kotak Hitam...

Milad ke-95, Diniyyah Puteri Padang Panjang Terima Penghargaan dari Pemerintah Jepang

Milad ke-95, Diniyyah Puteri Padang Panjang Terima Penghargaan dari Pemerintah Jepang

PADANG PANJANG - Milad ke-95, Perguruan Diniyyah Puteri Kota Padang Panjang gelar resepsi internal dan menerima...

Heboh Petisi Menghapus Ceramah Ustaz Abdul Somad dari Youtube, Begini Reaksi MUI

Heboh Petisi Menghapus Ceramah Ustaz Abdul Somad dari Youtube, Begini Reaksi MUI

POLITIK - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menyebut petisi yang meminta ceramah...

PMI Kampar Riau Matangkan Persiapan MoU dengan PMI Bukittinggi

PMI Kampar Riau Matangkan Persiapan MoU dengan PMI Bukittinggi

BUKITTINGGI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kampar Provinsi Riau kembali mengunjungi PMI Kota Bukittinggi,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media