minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Parlemen dan Parpol

Gempa Besar 2009 lalu, Ini Kata Anggota DPRD Faisal Nasir

Jumat, 29 September 2017 - 17:04:12 WIB - 387
Gempa Besar 2009 lalu, Ini Kata Anggota DPRD Faisal Nasiranggota DPRD Faisal Nasir

PADANG - Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Padang, Faisal Nasir mengungkapkan Upaya mengenang Gempa 30 September (Gempa 30/S) yang sudah memasuki usia 8 tahun ini masyarakat kota padang diminta untuk mengintropeksi dirinya dalam kehidupan sehari-hari, seperti perilaku dan moral, ini karena yang mendatangkan bencana, ujian dan musibah itu Allah SWT.

Ia menilai, memang kota padang daerah yang rawan terhadap segala bencana, namun kedatangan bencana tersebut bisa ditunda, dialihkan oleh pencipta jika masyarakatnya masih beriman, bertaqwa dan ingat kepada Allah. Untuk itu marilah kita semua menyerahkan diri kepada Allah, agar kita selalu dilindungi dari berbagai bencana yang akan datang dikemudian hari.

Selain itu juga, ke depan pemerintah kota padang diharapkan terus memberikan sosialisasi Mitigasi Bencana di kota ini, tujuannya agar jika musibah terjadi warga tidak panik nantinya serta kerugian materi dan bangunan dapat berkurang jumlahnya dari yang sudah terjadi ini, sebut kader PAN ini.

Amrizal Hadi, Anggota DPRD Kota Padang Fraksi NasDem menghimbau kepada masyarakat kota padang agar tidak terpancing isu hoax terkait gempa dan tsunami yang akan terjadi nantinya. Masyarakat harus jeli mendengarkan informasi dari beberapa pihak, seperti Lurah, Camat dan BPBD. Tujuannya agar kesiapan warga untuk menyelamatkan diri tidak sia-sia nantinya jika musibah terjadi serta kekecewaan masyarakat juga tidak timbul akibat tidak datang bencana di kemudian hari.

Selain itu, kewaspadaan masyarakat juga harus ada dalam menghadapi bencana yang akan datang nanti, agar kerugian masyarakat tidak terlihat nanti serta keselamatan warga dapat terwujudkan. Masyarakat harus pro aktif dan jangan lengah dalam persoalan ini, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak dialami nantinya serta kerugian besar tidak terlihat juga, ujarnya yang juga Anggota Komisi IV ini.

Iswandi Muchtar, Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang lainnya meminta kepada pemko padang untuk mempersiapkan jalur evakuasi terkait musibah yang akan datang nanti, ini agar masyarakat terarah menyelematkan diri serta kepanikannya tidak terlihat bila bencana terjadi. Shelter pelarian dan penyelamatan haruslah ada, demi terciptanya keselamatan pada masyarakat serta dapat meminimalisir jatuhnya para korban jiwa.

Selain itu, pemberian pemahaman kepada para peserta didik terkait Mitigasi Bencana disekolah-sekolah harus rutin diberikan oleh para guru-guru, ini karena pengalaman sebelumnya banyak para korban yang berjatuhan dari kalangan pelajar, mahasiswa yang penyebabnya mereka tidak paham, mengerti terkait penyelamatan menghadapi bencana. Ia berharap pemko padang melalui Dinas Pendidikan menerapkan hal ini, agar peserta didik tahu serta jika bencana terjadi mereka tidak gegabah dalam mengambil keputusan, ujar kader PKB ini. (RI))

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: legislator,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tunjang Kegiatan Senam Sehat, Helmi Moesim Salurkan Bantuan Sound Sistem di Seb. Palinggam

Tunjang Kegiatan Senam Sehat, Helmi Moesim Salurkan Bantuan Sound Sistem di Seb. Palinggam

PADANG - Ratusan peserta warga Seberang Palinggam sangat antusias mengikuti kegiatan senam sehat bersama Anggota DPRD...

Beredar Video Mesum antara Anak Kecil dan Wanita Dewasa, Jagat Maya Indonesia Geger

Beredar Video Mesum antara Anak Kecil dan Wanita Dewasa, Jagat Maya Indonesia Geger

NASIONAL - Jagat maya digegerkan dengan tersebarnya video mesum yang melibatkan dua anak di bawah umur dengan seorang...

Gerhana Bulan Rabu 31/1, MUI Sumbar Ajak Umat Muslim Gelar Shalat Kusuf

Gerhana Bulan Rabu 31/1, MUI Sumbar Ajak Umat Muslim Gelar Shalat Kusuf

PADANG - Gerhana bulan akan terjadi pada Rabu petang, 31 Januari 2018. MUI Sumatera Barat (Sumbar) mengajak umat muslim...

Bocah Perempuan 11 Tahun di Padang Kakinya Dirantai dan Dipasaksa Mengemis

Bocah Perempuan 11 Tahun di Padang Kakinya Dirantai dan Dipasaksa Mengemis

PADANG - ZR, bocah sebelas (11) tahun yang beralamat di Ulak Karang, Kecamatan Padang Utara, Sumatera Barat (Sumbar)...

Jelang Pilkada, Suhu Politik di DPRD Padang Memanas, PKS dan PAN Tidak Kebagian Kursi AKD

Jelang Pilkada, Suhu Politik di DPRD Padang Memanas, PKS dan PAN Tidak Kebagian Kursi AKD

PADANG - Suhu politik di gedung DPRD Padang tampaknya mulai memanas, seiring dengan pergantian komposisi Alat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media