minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang

Wali Kota Padang Mahyeldi : Waspadai Ancaman Komunis Gaya Baru

Senin, 02 Oktober 2017 - 06:04:25 WIB - 447
Wali Kota Padang Mahyeldi : Waspadai Ancaman Komunis Gaya BaruWali Kota Padang Mahyeldi

PADANG - Komunis pernah mencoba berkuasa di Indonesia sekitar 52 tahun silam. Puncaknya, 30 September 1965, Partai Komunis Indonesia (PKI) mencatatkan sejarah kelam bagi Indonesia. Enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI diculik, disiksa, dan dibunuh oleh simpatisan PKI.

Peristiwa ini merupakan fakta bahwa PKI berupaya melakukan kudeta terhadap pemerintah yang sah. Dan berkeinginan mengganti ideologi negara dari Pancasila menjadi ideologi komunis. Beruntung, upaya itu digagalkan dan Pancasila menunjukkan kesaktiannya.

"Memahami sepak terjang politik PKI pada masa lalu, dibutuhkan tingkat kepekaan terhadap ancaman komunis gaya baru (KGB) pada masa sekarang," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Minggu (1/10).

Wali Kota mengatakan, kejadian masa lalu tidak boleh terulang kembali. Karena, pada masa silam itu, PKI tidak sekali saja melakukan pemberontakan.

"Ini artinya PKI selalu berupaya menjadikan Indonesia sebagai negara komunis," ungkapnya.

Dikatakan Mahyeldi, pengulangan sejarah bisa saja terjadi di masa sekarang. Jika tidak ditangkal dan dicegah sedini mungkin, PKI bisa kembali hidup di tengah masyarakat. Apalagi, menurut Mahyeldi, di era sekarang ini isu global demokratisasi dan penegakan HAM dijadikan senjata ampuh oleh kelompok kepentingan terhadap negara melalui penyesatan informasi dan pengalihan isu.

"Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para tokoh agama, pendidik, budayawan, pelaku seni, pelaku media, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Pancasila," ajaknya.

Wali Kota menyebut, pemahaman dan pengamalan Pancasila harus terus ditingkatkan. Pancasila adalah pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang beraneka ragam, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga pulau Rote.

"Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang kita peringati setiap tahun haruslah kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan, dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," beber Wali Kota.(Charlie)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: padang,sumatra-barat,tokoh

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Sering Ditegur Pengurus Masjid, Petugas Tertibkan Lapak PKL Depan Masjid Taqwa Padang

Sering Ditegur Pengurus Masjid, Petugas Tertibkan Lapak PKL Depan Masjid Taqwa Padang

PADANG - Satu unit lapak milik Pedagang Kaki Lima (PKL), Warung Nasi Singgalang yang berada didepan Masjid Taqwa Pasar...

Unjuk Rasa Anti-pemerintah di Iran, 10 Orang Dilaporkan Tewas

Unjuk Rasa Anti-pemerintah di Iran, 10 Orang Dilaporkan Tewas

INTERNASIONAL - Unjuk rasa anti-pemerintah di Iran yang sudah memasuki hari kelima kembali memakan korban. Stasiun...

Ingin Beli Mobil atau Motor Bekas? Pelajari Cara Balik Nama dan Pembuatan STNK

Ingin Beli Mobil atau Motor Bekas? Pelajari Cara Balik Nama dan Pembuatan STNK

NASIONAL - Bagi Anda yang ingin membeli mobil atau motor bekas, sebaiknya Anda mengetahui proses balik nama. Balik...

Jelang Menghadapi O2SN, BSSC Lakukan Latihan Intensif

Jelang Menghadapi O2SN, BSSC Lakukan Latihan Intensif

PAYAKUMBUH - Jelang menghadapi lomba O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP dan SLTA,...

Beredar Video Mesum antara Anak Kecil dan Wanita Dewasa, Jagat Maya Indonesia Geger

Beredar Video Mesum antara Anak Kecil dan Wanita Dewasa, Jagat Maya Indonesia Geger

NASIONAL - Jagat maya digegerkan dengan tersebarnya video mesum yang melibatkan dua anak di bawah umur dengan seorang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media