minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang

Warga Gaung Padang Keluhkan Tumpahan CPO di Perairan Teluk Bayur

Jumat, 06 Oktober 2017 - 06:26:34 WIB - 589
Warga Gaung Padang Keluhkan Tumpahan CPO di Perairan Teluk BayurMinyak CPO tumpah cemari perairan Teluk Bayur, Kota Padang, Sumbar

PADANG - Warga Gaung, Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengeluhkan minyak olahan kelapa sawit yang tumpah ke laut di perairan Teluk Bayur, Padang, Kamis (28/9/2017) lalu. Tumpahan ini disebabkan Pipa tangki minyak ini diduga bocor, ketika hendak dimuat ke atas kapal sehingga mencemari laut seluas satu hektar.

Toni (40) Warga Gaung mengakui, nelayan tidak berdaya menghadapi kondisi tersebut. Apakah ada unsur kesengajaan oleh pihak perusahaan sehingga pipa CPO bocor.

"Kami minta kepada pemerintah kota, provinsi bahkan pemerintah pusat, agar melakukan penelitian terjadinya pencemaran laut tersebut. Masa depan kami para nelayan sangat terancam, tumpahan CPO ini juga turut mempengaruhi tingkat pencemaran perairan, berdampak pada menurunnya hasil tangkapan nelayan," katanya, Kamis (5/10/2017).

"Jika hal ini tidak segera diatasi, maka malapetaka akan terjadi, dan juga jika tidak dilakukan penelitian serius oleh instansi terkait, kondisi ini akan terus terulang dari tahun ke tahun," ungkap Toni.

Lanjutnya, Kebocoran iti berasal dari pipa tangki PT. Wira Inno Mas, pabrik pengolahan minyak kelapa sawit yang berlokasi di Bukit Peti-Peti, Teluk Bayur, Padang.

Limbah berupa bongkahan yang sepintas mirip serabut berwarna kekuningan tersebut memenuhi areal laut seluas hampir satu hektar, memanjang dari lokasi ujung pabrik hingga ke dermaga Teluk Bayur.

Minyak olahan kelapa sawit ini lama-kelamaan berbentuk padat, seperti bongkahan es. Menurut perkiraan, minyak olahan kelapa sawit yang tumpah ini mencapai 50 ton.

Menurutnya, Seharusnya minyak olahan ini disuplai ke dalam kapal tangker menggunakan pipa. Namun karena pipanya bocor, sehingga minyaknya tumpah ke laut.

Bukan hanya pantai, cemaran minyak olahan kelapa sawit ini juga mencemari areal nelayan mencari ikan. Akibatnya perahu nelayan tidak ada yang bisa bergerak keluar untuk mencari ikan, karena lokasi tambat perahu mereka dikepung oleh limbah.

Petugas dinas lingkungan hidup pemko Padang, yang datang ke lokasi, enggan memberikan keterangan apapun. “Maaf, saya belum bisa memberikan keterangan apapun. Nanti saja di kantor sama Kepala Dinas,” kata Desi, pegawai Dinas Lingkungan Hidup Pemko Padang.

Sementara itu Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Padang, Sumatera Barat, Medi Iswandi mengatakan dampak dari bocornya tangki timbun minyak sawit PT Wira Inno Mas (WIM) ke perairan laut Teluk Bayur, akan mengancam objek wisata bahari di daerah itu.

"Beberapa objek wisata pantai seperti Air Manis, Bungus dan Pantai Padang bisa terkena imbas tumpahan tersebut, dan ini membahayakan," tutupnya. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Padang Punya Cerita, Anggota Polisi Dikeroyok Massa, Ini Kronologisnya

Padang Punya Cerita, Anggota Polisi Dikeroyok Massa, Ini Kronologisnya

PADANG - Seorang anggota polisi yakni Kanit Reskrim Polsek Pauh IPDA Syafwal (37) mengalami pengeroyokan hingga...

Setnov Berniat Bongkar Nama-nama Besar Lain di Kasus e-KTP, Ini Kata Fahri Hamzah

Setnov Berniat Bongkar Nama-nama Besar Lain di Kasus e-KTP, Ini Kata Fahri Hamzah

NASIONAL - Setya Novanto mengajukan diri sebagai justice collaborator dan berniat mengungkap nama-nama besar lain di...

Inilah Daftar 22 Pemain Indonesia Selection Saat Hadapi Islandia

Inilah Daftar 22 Pemain Indonesia Selection Saat Hadapi Islandia

BOLA - PSSI melalui situs resminya, mengonfirmasi 22 nama pemain tim Indonesia Selection yang akan menghadapi tim...

Dihadang Golok, Penertiban PKL di GOR Agus Halim Padang dan JL Diponegoro Tetap Lanjut

Dihadang Golok, Penertiban PKL di GOR Agus Halim Padang dan JL Diponegoro Tetap Lanjut

PADANG - Petugas penegak Perda Kota Padang (Satpol PP) kembali menertibkan PKL di seputaran Kota Padang, Sumatera...

Kebakaran di Payakumbuh, Pabrik Kerupuk Nyaris Jadi Abu

Kebakaran di Payakumbuh, Pabrik Kerupuk Nyaris Jadi Abu

PAYAKUMBUH - Peristiwa kebakaran terjadi di Kota Payakumbuh untuk pertama kalinya dalam tahun 2018, Peristiwa yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media