Tuesday, 20 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Delegasi HPI Sumatera Barat Tampilkan Kasanah Budaya Minangkabau dalam Rakernas Ke-16

Rabu, 11 Oktober 2017 - 23:38:31 WIB - 301
Delegasi HPI Sumatera Barat Tampilkan Kasanah Budaya Minangkabau dalam Rakernas Ke-16Pengurus HPI Sumatera Barat foto bersama sebelum Rakernas HPI ke-16 dimulai.

BUKITTINGGI - Delegasi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumatera Barat yang berjumlah sebanyak 8 orang yang dikomandoi Budiman, dengan kondisi mandiri artinya bisa diatasi sendiri tanpa adanya spot dari yang lain, mengikuti rakernas HPI ke-16, tahun 2017 di kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, selama 4 hari yang dimulai dari tanggal 3 hingga 6 Oktober 2017.

"Dalam rakernas sekaligus merayakan hari lahirnya HPI tanggal 5 Oktober itu, HPI Sumatera Barat membawa misi pariwisata Sumbar yang kaya akan kasanah budaya dan alamnya," kata Budiman, Selasa malam (10/10).

HPI satu-satunya himpunan atau organisasi yang mengurus tentang pramuwisata atau pemandu wisata, dahulu dikenal orang banyak sebagai gaet.

"Kegiatan-kegiatan di tingkat nasional yang diperlihatkan bukan sekedar kumpul-kumpul saja, inilah salahsatu point bagi HPI Sumatera Barat dalam rakernas itu. Disamping itu bagaimana bisa kita melahirkan, menerbitkan serta memunculkan ide-ide baru agar daerah-daerah itu maju Sumber Daya Manusia (SDM) nya agar bisa berbuat terhadap daerahnya secara professional dalam bekerja," jelasnya.

"Dan juga kita melibatkan berbagai pihak seperti generasi muda, akademisi dan mereka itu wajib ikut latihan ke pramuwisataan, setelah itu juga akan diikut sertakan mengikuti pelatihan seperti kompetensi pemandu wisata, yang gunanya untuk meningkatkan mutu SDM nya," tuturnya.

Sampai saat kini, ucap Budiman, HPI mempunyai 34 DPD di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan yang hadir dalam rakernas sebanyak 21 DPD.

"Misi DPD HPI Sumatera Barat adalah kita selalu ingin aktif dalam kegiatan nasional dan yang paling prinsip kita banyak belajar dari daerah-daerah yang lebih maju destinasi wisatanya daripada Sumatera Barat sendiri dan juga dalam pengembangan SDM nya," tambah Budiman.

"Sumatera Barat bukannya tidak maju, tetapi kita belum siap dalam penyiapan SDM yang mampu bekerja dengan ikhlas, dan kita masih terkendala dalam pengandaan tenaga-tenaga pramuwisata yang memiliki skil bahasa Internasional yang beragam itu. Ketika ditanyakan anggota HPI minim terhadap penggunaan bahasa asing, Budiman menerangkan, didalam AD/ART dicantumkan dengan jelas, siapa-siapa yang ingin menjadi anggota, harus mengusai salah satu dari bahasa asing. Tentunya anggota sendiri harus dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar," kata Budiman.

HPI Sumatera Barat terbagi dua bagian yaitu anggota pramuwisata senior (Madia) sebanyak 103 orang, dan anggota muda dari kabupaten/kota 549 orang. Setiap pramuwisata yang ada di daerah harus memajukan potensi wisata daerahnya. Dengan arahan dan petunjuk dari pramuwisata senior untuk anggota muda agar dapat menerangkan tentang daerahnya.

"Masalah pramuwisata illegal, nantinya akan digandeng untuk dapat bergabung bersama, salah satu di sapta pesona sendiri adalah disiplin, jadi mereka beraktifitas harus memakai atribut dan tanda perlengkapan lainnya. Seandainya tidak mau juga akan ditindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku," pungkas Budiman. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: indonesia,nasional,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Marak Penyerangan Pemuka Agama, Ini Tanggapan Pesiden Jokowi

Marak Penyerangan Pemuka Agama, Ini Tanggapan Pesiden Jokowi

NASIONAL - Presiden Joko Widodo menegaskan, tidak ada tempat bagi kelompok intoleran di Indonesia. Pernyataan ini...

Fadli Zon Sarankan Kapolri Cari Konsultan Sejarah Islam Indonesia

Fadli Zon Sarankan Kapolri Cari Konsultan Sejarah Islam Indonesia

NASIONAL - Video pidato Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Muhammad Tito Karnavian beberapa hari...

Hutan Gunung Talang Sumbar Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya

Hutan Gunung Talang Sumbar Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya

SOLOK - Kawasan hutan di kaki Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatra Barat terbakar pada Kamis (1/2) siang....

Astaghfirullah.. Ustaz Dikeroyok Belasan Pemuda di Depan Rumahnya

Astaghfirullah.. Ustaz Dikeroyok Belasan Pemuda di Depan Rumahnya

NASIONAL - Seorang pemuka agama Islam, Ustaz Abdul Basit mengalami pengeroyokan di depan rumahnya, Jalan Syahdan,...

Hujan Deras, Padang Banjir, Warga Keluhkan Drainase Buruk

Hujan Deras, Padang Banjir, Warga Keluhkan Drainase Buruk

PADANG - Hujan deras yang mengguyur Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dari pukul 19.00 Wib hingga 22.00 WIB, Rabu...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media