Thursday, 22 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Setelah Bordir Kerancang, Kini Kota Bukittinggi Kembangkan Tenun

Senin, 23 Oktober 2017 - 22:13:20 WIB - 357
Setelah Bordir Kerancang, Kini Kota Bukittinggi Kembangkan TenunKetua Dekranasda Kota Bukittinggi, Hj.Yesi Endriani Ramlan saat mencoba alat tenun yang akan dipergunakan dalam latihan tenun

BUKITTINGGI - Kota Bukittinggi sebagai kota wisata dan juga salah satu pusat penjualan kerajinan di Provinsi Sumatera Barat yang sebelumnya telah memboomingkan kerajinan bordir kerancang, kini kota kelahiran Bung Hatta itu ingin mengembangkan kerajinan tenun dengan mendatangkan tenaga pelatih dari Silungkang sebanyak dua orang.

Ini disampaikan ketua Dekranasda Kota Bukittinggi, Yesi Endriani Ramlan Nurmatias setelah membuka pelatihan pengrajin tenun, Senin (23/10) di Dekranasda Kota Bukittinggi, pelatihan tenun itu berlangsung dari tanggal 23 Oktober hingga 25 November 2017 dan diikuti sebanyak 15 orang peserta yang telah lulus audensi disertai dengan komitmen bagi peserta.

"Tujuan diadakannya pelatihan tenun yaitu untuk memperkaya keberagaman kerajinan-kerajinan yang ada di Kota Bukittinggi, disamping itu tenun adalah peninggalan dari nenek moyang kita sebagai orang Minangkabau. Sangat disayangkan di jaman kini pengrajin tenun sudah mulai langka, Kota Bukittinggi akan meramaikan kembali hasil tenun yang dibuat pengrajin tersebut," kata Yesi.

"Pada kesempatan itu kita mendapat peluang dari pengrajin tenun Silungkang untuk memberikan pelajaran dan pelatihan tenun kepada siapa saja yang ingin dilatih menenun, peluang itu tentu kita tampung dan terapkan, bagi kaum hawa, tenun ini selalu dipergunakan," ucap Yesi Endriani.

"Tentunya dengan pelatihan tenun itu, akhirnya kita berharap akan muncul usaha baru selain bordir kerancang dan sulam yang sudah ada di Kota Bukittinggi. Diharapkannya mudah-mudahan tidak ada lagi orang yang tidak berkreatifitas atau menganggur, sebab kerajinan tenun menjanjikan untuk masa depan si pengrajin sendiri dan akan menambah pendapat perekonomiannya," ujarnya.

Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi melalui Dinas Perindustrian akan mengayomi dan membina di bidang pelayanan serta pemasaran, selain itu nantinya pengrajin tersebut dapat mandiri hendaknya. Dari 15 orang peserta yang mengikuti pelatihan, nantinya akan kita saring lagi mana yang benar-benar menekuni untuk dilatih ke tingkat mahir.

"Insya Allah jika proram pelatihan tenun ini berkembang lebih lanjut dan menjadikan lebih banyak lagi pengrajin-pengrajin tenun, wacana ke depan kita akan membuka sentra pengrajin tenun, jadi kita menambah sentra lagi selain bordir kerancang dan sulam, tinggal pelatihan batik yang sedang di program," jelas Yesi.

"Dari hasil penyaringan tersebut nanti akan dijadikan pelatih tenun di kota Bukittinggi sendiri untuk memberikan pelatihan di tempat tinggalnya maupun secara kelompok, bahkan akan juga ditampung di Silungkang sendiri, janji Aini pelatih tenun. Diakui Aini pengrajin tenun di Silungkang kini sangat kurang sekali, jadi diharapkan dari hasil pelatihan ini, mana yang benar-benar mahir akan ditempatkan di kotanya, tutur Yesi Endriani.

Sementara itu kabid perindustrian, Azhari mengatakan perekrutan tenaga pengrajin tenun Kota Bukittinggi memang di seleksi dengan ketat, dilihat dari berbagai sisi dan keinginannya untuk belajar menenun.

"Dari banyak yang mendaftar, hanya terdapat sebanyak 15 orang, disamping itu juga dilakukan komitmen perjanjian perihal pelatihan," pungkas Azhari. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,metro,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wali Kota Padang Keluarkan Edaran Larang Perayaan Valentine Day

Wali Kota Padang Keluarkan Edaran Larang Perayaan Valentine Day

PADANG - Wali Kota Padang, Mahyeldi mengeluarkan surat edaran larangan perayaan hari Valentine 2018 bagi seluruh warga...

Sidang Pleno KPU Padang Pariaman, 14 Parpol Memenuhi Syarat

Sidang Pleno KPU Padang Pariaman, 14 Parpol Memenuhi Syarat

PADANG PARIAMAN - Sebanyak 14 parpol yang terdaftar di KPU Padang Pariaman, semua dinyatakan memenuhi syarat, seperti...

Ketum MUI Sumbar : Sudah Saatnya Bank Nagari Menjadi Bank Nagari Syariah

Ketum MUI Sumbar : Sudah Saatnya Bank Nagari Menjadi Bank Nagari Syariah

PADANG PANJANG - Ketua Umum MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar Dt. Palimo Basa menghadiri acara diskusi "Membangun...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Padang, Satu Mobil Tertimpa Pohon Tumbang

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Padang, Satu Mobil Tertimpa Pohon Tumbang

PADANG - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (17/2/2018) sekira...

Jokowi Dijadwalkan Lakukan Ground Breaking Tarok City Padang Pariaman

Jokowi Dijadwalkan Lakukan Ground Breaking Tarok City Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo direncanakan hadir dalam peringatan puncak Hari Pers Nasional...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media