minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

RS Achmad Muchtar Bukittinggi Nyaris Terbakar

Kamis, 02 November 2017 - 21:52:51 WIB - 1406
RS Achmad Muchtar Bukittinggi Nyaris TerbakarTim medis RS Achmad Muchtar Bukittinggi dan relawan PMI saat menolong korban dari bangunan lantai 3, Kamis (2/11/2017)

BUKITTINGGI - Api berkobar di lantai atas Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) Kota Bukittinggi, mendengar adanya api dilantai atas, pasien dan keluarga serta perawat dan dokter berhamburan menyelamatkan diri, masing-masing berlarian mencari jalan keluar dari gedung bangunan berlantai 4 itu.

Dokter dan perawat menghubungi petugas pemadam kebakaran, dengan cepat petugas pemadam kebakaran datang untuk memadamkan api agar tidak menjilat ke tempat lainnya, sedangkan petugas keamanan mengamankan pasien beserta keluarga untuk menuju jalur evakuasi.

Hal tersebut diatas merupakan simulasi yang diadakan pihak RSAM Kota Bukittinggi, Kamis (2/11/2017) guna mengantisipasi jika terjadi kebakaran.

Direktur RSAM Bukittinggi, Dr.Khairul,Sp.M. ketika dikonfirmasi mengatakan, "ini adalah suatu kegiatan tahunan, pada tahun ini dipilih tema mengantisipasi kebakaran gedung rumah sakit. Pihak RSAM bekerjasama dengan Dishub, Kepolisian guna pengaman jalur lalu lintas untuk keluar masuk kendaraan mobil ambulance."

Sedangkan organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Bukittinggi sebagai operator, dan relawan PMI Kota Bukittinggi bertindak sebagai rescue guna menolong korban dari lantai 3 dengan menggunakan peralatan pertolongan pertama, yaitu menggunakan tali berikut basket yang dipasangkan di bangunan paling bawah dengan kemiringan 45 derajat, serta tali luncur vertikal ke bawah.

Sementara itu ketua pelaksana, Defsi yang didamping Rizal, menjelaskan, "kegiatan dengan melibatkan beberapa instansi, organisasi radio dan PMI, sangat mendukung, apalagi relawan PMI Kota Bukittinggi yang professional dalam membantu pertolongan pertama dan juga dilengkapi peralatan-peralatan yang lengkap," jelas Defsi.

"Gerakan yang dilakukan relawan PMI Kota Bukittinggi memang patut mendapat ancungan jempol, saya sangat salut melihatnya, sebab geraka meluncur dari ketinggian lantai 3 itu tidak sembarangan orang bisa kalau tidak terlatih, disinilah relawan PMI Kota Bukittinggi menunjukkan kemampuannya dapat melakukan pertolongan pertama," tambahya.

Dengan simulasi ini, RSAM Bukittinggi akan mengadakan kerjasama dengan PMI Kota Bukittinggi untuk rescue (pertolongan pertama) dan diaminkan juga panitia dan wakil pelaksana kegiatan simulasi mengantisipasi kebakaran gedung RSAM.

Ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas menjelaskan, "dengan akan diadakan kerjasama tersebut, pihak PMI Kota Bukittinggi menerima dengan senang hati, artinya relawan PMI Kota Bukittinggi melakukan di bidang rescue yang sudah terlatih dan juga tim medis, serta pihak RSAM di bidang medis secara keseluruhan," jelasnya.

Sesuai dengan motto lanjut Chairunnas, "Bersama Untuk Kemanusiaan, disinilah relawan dapat menunjukkan hati nuraninya untuk menolong sesama manusia," pungkasnya. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Romeo
Tag: bukittinggi,metro,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wabub Tanah Datar Zuldafri Darma Resmikan Pamsimas III di Nagari Balimbing

Wabub Tanah Datar Zuldafri Darma Resmikan Pamsimas III di Nagari Balimbing

TANAH DATAR - Setelah beberapa lama menanti, harapan dan keinginan masyarakat di tiga jorong Nagari Balimbing Kecamatan...

Deklarasi Paslon Walikota Pariaman Genius Umar-Mardison (GEMA) Menggema di Desa Kampung Baru

Deklarasi Paslon Walikota Pariaman Genius Umar-Mardison (GEMA) Menggema di Desa Kampung Baru

PARIAMAN - Paslon Walikota-Wakil Walikota Pariaman Genius Umar-Mardison (GEMA) Mahyuddin lakukan Deklarasi bersama...

Ini Alasan Luhut Larang Menteri Susi Tenggelamkan Kapal

Ini Alasan Luhut Larang Menteri Susi Tenggelamkan Kapal

NASIONAL - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan melarang Menteri Kelautan dan...

Fahri Hamzah Bikin Sayembara, Bisa Hitung Kerugian Negara dari e-KTP, Dikasih Sepeda

Fahri Hamzah Bikin Sayembara, Bisa Hitung Kerugian Negara dari e-KTP, Dikasih Sepeda

NASIONAL - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membuat sayembara. Hadiahnya sepeda, motor dan helm bagi siapa saja yang bisa...

Genderang Ditabuh, Tanda Dimulainya Laga Sepak Bola Atlit Muda Terbaik Tanah Datar

Genderang Ditabuh, Tanda Dimulainya Laga Sepak Bola Atlit Muda Terbaik Tanah Datar

TANAH DATAR - Puluhan warga Minangkabau, Kecamatan Sungayang, Tanah Datar, Sumbar, sore itu tampak memadati lapangan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media