minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Padang Pariaman Layak Jadi Pusat Pengembangan Industri Coklat di Sumatera

Jumat, 03 November 2017 - 06:12:29 WIB - 255
Padang Pariaman Layak Jadi Pusat Pengembangan Industri Coklat di SumateraDirektur Pengembangan Wilayah Industri II Busharmaidi, Bupati Ali Mukhni dan Kabid Industri Agro Irsyad saat di Ruang Rapat Ditjen PPI Kemenperin, Kamis (2/11).

PADANG PARIAMAN - Bupati Ali Mukni dan Kabid industri Agro bahas pengembangan industri coklat padang pariaman di ruang rapat ditjen PPI kemenperin, Jakarta, kemarin.

Kabupaten Padang Pariaman sangat layak didirikan Sentra Industri Kecil dan menengah Cokelat untuk wilayah Sumatera Barat. Hal ini merupakan rencana aksi setelah ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman sebagai Sentra Kakao di Sumatera Bagian Barat.

"Kita akui Bapak Bupati sangat gigih pembangunan sentra IKM cokelat. Ini bukti pemimpin yang memperjuangkan anggaran pusat untuk daerahnya," kata Direktur Pengembangan Wilayah Industri II Busharmaidi saat penyampaian laporan akhir Masterplan Sentra IKM Coklat di Ruang Rapat Ditjen PPI Kemenperin, Jakarta.

Dijelaskannya bahwa Padang Pariaman telah menyiapakan lahan seluas 5 hektar status tanah negara clean and clear untuk Kawasan Sentra Coklat. Adapun lokasinya berada di Malibou Anai, Kec. 2x11 Kayu Tanam, atau dipinggir jalan nasional Padang-Bukittinggi.

"Saat ini kita sudah memasuki tahap akhir pembuatan masterplan Kawasan Sentra IKM coklat. Sementara hasilnya lokasi sangat layak dibangun," kata Busharmaidi.

Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa telah dikeluarkannya Keputusan Bupati Nomor 133/BPP/2017. Kawasan ini berkonsep eduwisata yakni sentra IKM cokelat yang menggabungkan layanan wisata dengan nilai pendidikan tentang pengolahan biji coklelat dari hulu ke hilir.

Untuk kesesuaian tata ruang, tambah Ali Mukhni, telah dimasukkan dalam revisi RTRW yang sedang dibahas tahun ini dan selanjutnya diajukan kepada DPRD.

"Dalam RTRW, kawasan tersebut kita beri nama Kawasan Kayu Tanam. Yang mencakup Malibu Anai dan Tarok City," ujar Bupati.

Bupati mengajukan proposal pembangunan sentra IKM cokelat sebesar 18 Milyar kepada Kementerian Perindustrian. Sementara landclearing, Studi Kelayakan dan Dokumen Lingkungan UPL dan UKL dianggarkan pada APBD Padang Pariaman Tahun 2018.

"Jadi dokumen perencanaan sepeti Masterplan, FS, DED dan Amdal kita matangkan tahun ini dan selanjutnya landclearing sehingga bisa dibangun segera" kata Bupati didampingi Kadis Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Hendra Aswara. (Warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: ekonomi,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Jelang Pilkada, Suhu Politik di DPRD Padang Memanas, PKS dan PAN Tidak Kebagian Kursi AKD

Jelang Pilkada, Suhu Politik di DPRD Padang Memanas, PKS dan PAN Tidak Kebagian Kursi AKD

PADANG - Suhu politik di gedung DPRD Padang tampaknya mulai memanas, seiring dengan pergantian komposisi Alat...

Duh, Utang Pemerintah Nyaris Rp.4000 Triliun, Ini Rinciannya

Duh, Utang Pemerintah Nyaris Rp.4000 Triliun, Ini Rinciannya

EKONOMI - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan mencatat, jumlah utang...

Maju di Pilwalkot Padang, Emzalmi-Desri Diusung 10 Partai

Maju di Pilwalkot Padang, Emzalmi-Desri Diusung 10 Partai

PADANG - Dengan semboyan koalisi Padang bersatu, bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi-Desri...

Akun FPI Diblokir, Ormas Islam Bersiap Gelar Demo di Depan Kantor Facebook

Akun FPI Diblokir, Ormas Islam Bersiap Gelar Demo di Depan Kantor Facebook

JAKARTA - Sejumlah organisasi masyarakat (ormas) yang tergabung dalam Aliansi Tolak Kezholiman Facebook akan menggelar...

Lahirkan Generasi Bangsa Cerdas di 50 Kota, Bupati Irfendi Arbi Motivasi Pelajar

Lahirkan Generasi Bangsa Cerdas di 50 Kota, Bupati Irfendi Arbi Motivasi Pelajar

LIMA PULUH KOTA - Guna melahirkan generasi bangsa yang cerdas, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi memberikan motivasi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media