Tuesday, 18 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Wabup Pasaman Launching Genovik

Rabu, 29 November 2017 - 08:55:22 WIB - 597
Tingkatkan Mutu Pendidikan, Wabup Pasaman Launching Genovik
Wabup Pasaman dan disdikbud


PASAMAN - Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama melauncing Gerakan Inovasi Kebijakan (Genovik) sektor pendidikan Kabupaten Pasaman tahun 2018 di Gedung Aula Dinas Pendidikan, Selasa (28/11/2017). Genovik bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pasaman. Dengan tema "Satu sekolah satu kebijakan".

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman Azhari mengatakan Kegiatan tersebut dibentuk berawal dari merujuk kepada visi-misi pembangunan Kabupaten Pasaman Priode 2016-2021, yakni terwujudnya masyarakat Pasaman sejahtera, agamis, dan berbudaya dan juga sejalan dengan visi-misi dinas pendidikan yakni terwujudnya insan pasaman yang cerdas, berakhlak dan berdaya saing.

Selanjutnya dikatakan, dalam rangka mencapai visi tersebut pihaknya saat ini merumuskan visi tersebut dengan berbagai program unggulan yakni meningkatkan pendidikan melalui wajib belajar 9 tahun, pendidikan usia dini (Paud) Pendidikan Non Formal (PNF) informal, meningkatkan mutu pendidikan melalui fasilitas kompetensi dan kualifikasi pendidikan (guru) dan tenaga kependidikan, serta meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

"Dibentuknya kegiatan tersebut juga berawal dari lemahnya mutu pengelolaan pendidikan dan mutu pendidikan selama ini di lingkungan dinas pendidikan kabupten pasaman, seperti rendahnya kinerja sektor pendidikan, rendahnya sinergitas untuk penyempurnaan kebijakan yang diimplementasikan di lembaga/sekolah serta lemahnya pengawasan dalam melaksanakan pembinaan sekolah saat ini". Kata Azhari.

Menurutnya, Jika permasalahan tersebut tidak segera diatasi maka pencapaian dinas pendidikan dan kebudayaan pasaman seperti yang telah ditetapkan tentu tidak dapat diwujudkan.

Untuk itu diperlukan sebuah inovasi yang nantinya akan mengubah kondisi permasalahan diatas menjadi lebih baik.

"Itulah gerakan inovasi perubahan ini dilaksanakan dengan menghadirkan puluhan kepala UPTD dan pengawas sekolah se Kabupaten Pasaman," sebutnya.

Tujuan program ini nantinya agar lebih terwujudnya peningkatan kinerja sektor pendidikan yakni UPTD, Pengawas, kepala sekolah dan juga para guru. Dan dampak dari program itu katanya tertuju kepada sekolah/lembaga itu sendiri, kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya," jelasnya

Untuk lebih terselenggaranya program ini pihaknya sudah mengusulkan melalui APBD pasaman agar dianggarakan pada tahun 2018.

"Bupati Pasaman juga sangat mendukung dan merespon program inovasi perubahan dengan menetapkan sejumlah keputusan, termasuk SK penyusunan pedoman pengelolaan gerakan inovasi kebijakan sektor pendidikan, SK pembentukan tim gerakan inovasi gerakan kebijakan sektor pendidikan dan terakhir SK tentang tim penilai lembaga/sekolah inovasi dan trakhir," katanya.

"Ketiga SK yang telah dikeluarkan oleh bupati Pasaman akan menjadi payung hukum demi terselenggaranya gerakan inovasi kebijakan pendidikan Pasaman tahun 2018 mendatang," katanya.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama juga sangat mengapresiasi kegiatan atau program-program inovasi terbaru yang telah dilahirkan Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman.

Menurut Wabup pembentukan karakter harus menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar.

Tujuan program ini baik sekali, semuanya harus kita dukung bersama, bukan saja pemerintah daerah akan tetapi diharapkan kepada masyarakat kita.

Dampak dari Gerakan Program Inovasi perubahan (Genovik) tersebut juga untuk generasi penerus kita, agar lebih bermutu, berkualitas, dan mempunyai daya saing yang tinggi.

Dia juga berharap kepada para tenaga pendidik dan kependidikan di Lingkungan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pasaman agar terus menjaga etos kerja, disiplin dan mempunyai dedikasi yang tinggi, karena tanpa adanya itu inovasi perubahan yang telah dicanagkan oleh dinas pendidikan itu mustahil akan terwujud.

Wabup Berharap semuanya harus mendukung, kompak, dan saling koordinasi. (Feri)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Merayakan Moment Idul Fitri, Pemkab Mentawai Sediakan 1.200 Tiket Mudik Gratis

Merayakan Moment Idul Fitri, Pemkab Mentawai Sediakan 1.200 Tiket Mudik Gratis

MENTAWAI - Pemerintah melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, menyediakan 1.200 tiket gratis bagi...

Jalan Menuju Pasar Muaralabuh Solsel Sudah Rusak Parah, Pengendara Harus Ekstra Hati-hati

Jalan Menuju Pasar Muaralabuh Solsel Sudah Rusak Parah, Pengendara Harus Ekstra Hati-hati

SOLOK SELATAN - Jalan dua jalur menuju pasar Muaralabuh di Jorong Kampung Palak, kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan,...

Lompong Sagu, Kuliner Ranah Minang yang Tak Boleh Dilewatkan

Lompong Sagu, Kuliner Ranah Minang yang Tak Boleh Dilewatkan

...

Rayo Anam (Lebaran Enam), Tradisi Unik Nagari Padang Laweh, Tanah Datar Sumbar Yang Masih Bertahan

Rayo Anam (Lebaran Enam), Tradisi Unik Nagari Padang Laweh, Tanah Datar Sumbar Yang Masih Bertahan

TANAH DATAR- Bermacam tradisi dan kebiasaan yang ada di Minangkabau, dibeberapa daerah tampak masih terus dipertahankan...

Larang Pemakaian Alat Tangkapan Lampar, Ini Pernyataan Tegas Wagub Sumbar

Larang Pemakaian Alat Tangkapan Lampar, Ini Pernyataan Tegas Wagub Sumbar

PADANG -- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat 115 nelayan di Kecamatan Linggo...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media