minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Payakumbuh home berita Payakumbuh

Kota Payakumbuh Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pariwisata

Senin, 04 Desember 2017 - 14:12:58 WIB - 693
Kota Payakumbuh Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Melalui PariwisataBeragam pesona Kota Payakumbuh, Sumatera Barat


LIPUTAN KHUSUS PAYAKUMBUH - Sumatera Barat (Sumbar) memiliki potensi kawasan pariwisata yang baik, hal ini dapat dilihat dari segi budaya (culture), lingkungan sumber daya alam (nature) yang belum diketahui banyak orang. Sebuah langkah nyata untuk memperkenalkan di kancah nasional bahkan international.

Pembenahan dibeberapa objek wisata daerah di Sumbar terus dibenahi. Selain memiliki keindahan alam serta budaya, Sumbar kaya akan kuliner. Kuliner favorit yang tidak sulit dijumpai ketika berkunjung ke beberapa daerah di Sumbar.

Pemerintah Kota Payakumbuh bersama stakeholder (pemerintah, industri pariwisata, dan masyarakat) terus mengupayakan pentingnya pembangunan kepariwisataan yang mengedepankan menciptakan pertumbuhan perekonomian, menciptakan lapangan kerja, serta menghapus kemiskinan terhadap masyarakat di sekitar destinasi pariwisata.

Pariwisata dinilai mampu memberikan dampak baik terhadap perkonomian. Saat ini pemerintah melalui dinas terkait di daerah bersama pelaku usaha terus menciptakan berbagai varian dalam kuliner dan inovasi pada industri kreatif.

Kota Payakumbuh memiliki beberapa objek wisata, budaya, adat dan kesenian. Tidak ketinggalan kekayaan kuliner yang dimiliki kota ini hadir selama 24 jam. Mulai restoran hingga gerobak menyajikan kuliner khas Payakumbuh.

Event International yang diselenggarakan di Sumbar, betul-betul dimamfaatkan menjadi ajang promosi pariwisata Kota Payakumbuh.


Tour de Singkarak 2017

Diketahui, Kota Payakumbuh menjadi finish etape 4 Tour de Singkarak. Berbagai atraksi seni dan budaya menjadi suguhan bagi para pembalap setelah mencapai garis finish.

Tidak sampai disitu, santapan kuliner khas payakumbuh juga menjadi bagian dari penyambutan. Dalam strategi marketing Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh melakukan promosi menggunakan media berbayar nasional dan lokal. Menggunakan sosial media sesuai origin sebagai sarana untuk menciptakan ketertarikan dengan target pasar melalui marketing.


Penampilan atraksi budaya seni dan tari pada ajang Tour de Singkarak 2017

"Secara tidak langsung beberapa event International seperti Tour de Singkarak menjadi ajang promosi bagi kita. Beberapa suguhan seni, atraksi budaya hingga produk unggulan mampu kita munculkan sebagai bentuk promosi. Sebagai daerah yang tidak memiliki sumber daya alam seperti tambang, maka keindahan alam, kekayaan budaya serta kuliner terus kita upayakan maksimal agar kota Payakumbuh menjadi alternatif kunjungan wisatawan " kata kepala Disparpora Kota Payakumbuh Elfiza Zaharman.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman

NGALAU INDAH

Terletak sekitar 4 km dari pusat Kota Payakumbuh atau 31 km dari Bukittinggi. Objek ini merupakan sebuah goa alam dengan beberapa mulut gua sebagai akses masuk dan keluar.


Ngalau Indah Payakumbuh

Di dalam gua besar ini kita dapat melihat keindahan stalagtit dan stalagmit yang masih terjaga dengan baik. Memiliki area parkir luas, goa yang dihuni ribuan kelelawar cukup ramai di kinjungi wisatawan.

Memiliki papan pengumuman beberapa kewajiban dan larangan serta pengaduan di lokasi objek wisata ini, untuk menikmati hingga ke dalam ngalau, pengunjung akan didampingi oleh pemandu lokal yang akan bercerita kedalaman, panjang serta suhu udara didalam ngalau tersebut.

KULINER

Payakumbuh tidak hanya keindahan alam, kuliner merupakan salah satu tujuan wisatawan untuk datang ke Kota Payakumbuh. Berbagai sajian kuliner hadir di beberapa restoran maupun gerobak di pusat kuliner malam Kota payakumbuh.


Rendang

Tidak sampai disitu, Rendang yang merupakan Halal food dapat dijumpai di kota ini. Rendang merupakan jenis masakan yang memiliki rasa yang khas.

Masakan asal Sumatera Barat satu ini merupakan masakan yang memiliki kecenderungan diburu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.


Rendang

Masakan daging bercita rasa pedas ini menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Dimasak dengan cara berulang-ulang hingga memberikan warna khas pada masakan ini.

Tidak heran masakan menggunakan santan murni ini menjadi salahsatu best foods di Indonesia. Saat ini diciptakan rendang yang tidak hanya dari daging sapi. Melainkan ada Rendang Telur, Rendang Belut, Rendang Ubi, Rendang Paru, Rendang Jamur Tiram dan Rendang Karambia (kelapa) dan lain-lainnya.

PUNCAK AMPANGAN

Untuk melihat pemandangan alam yang indah, tak perlu jauh-jauh ke seberang sampai ke daerah Lembang. Ternyata, disini ada panorama yang sejuk dipandang mata yang tak kalah menariknya seperti diluar sana.

Yakni, Panorama Alam Ampangan, di Kecamatan Payakumbuh Selatan. Tepatnya di Kota Payakumbuh, Propinsi Sumbar. Panorama Ampangan, berada diketinggian sekitar 800 meter.


Pengunjung di Puncak Ampangan, Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh

Berlokasi dipuncak bukit pada dilereng gunung tak berapi. Sekeliling panorama yang dulu bernama bukit cinta terlihat jelas pemandangan alam yang begitu luas.

Memandang pada sisi selatan terlihat hijaunya alam puncak Gunuang Sago di daerah tetangga, Kabupaten Limapuluh Kota.

Memandang pada sisi utara terlihat hamparan luas seluruh isi kota. Bangunan berlantai empat sampai menara bertingkat tampak jelas kalau dilihat. Memandang ke arah barat, terlihat Koto Nan Empat sampai perbukitan Ngalau yang melekat.

Sore-sore, dari sisi sini juga terlihat jelas sunrise seperti pemandangan di laut lepas. Matahari berangsur hilang dan tenggelam dari balik-balik perbukitan jauh disana di Kabupaten Agam.


Pengunjung di Puncak Ampangan, Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh

Memandang pada sisi timur, terlihat hutan pinus tumbuh subur. Kalau dipandang-pandang, tak ubah seperti di daerah Lembang, Jawa Barat.

Sejak adanya Payakumbuh Botuang Festival, Panorama Ampangan yang dahulu terkesan tersembunyi, kini malah tak pernah sepi. Ribuan orang berdatangan, berphoto dan berselfi di panorama Ampangan.

PAYAKUMBUH FASHION WEEK

Kerjasama Dekranasda dengan Dinas Koperasi UMKM industri dan perdagangan Kota Payakumbuh, even bertaraf nasional Payakumbuh Fashion Week (PFW) yang dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny. Hj. Nevi Irwan Prayitno di Kota Payakumbuh pada 2016 lalu juga menjadi even yang menarik bagi wisatawan dan para fotografer.

Tenun Balai Panjang yang sudah memasuki pasar nasional menjadi bahan dasar yang ditampilkan oleh model nasional dan Sumatera Barat pada PFW tersebut.


Payakumbuh Fashion Week

Songket dan tenun Balai panjang, diperkenalkan desainer dan para model terkenal di ajang tersebut. Terakhir, tenun Balai panjang juga dipromosikan Intan Aletrino, peraih gelar runner up 2 Puteri Indonesia yang juga dinobatkan sebagai Puteri Pariwisata Indonesia 2016. (Rino)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: pariwisata,payakumbuh,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Diduga Nodai Agama, Mantan Artis Cilik Joshua Suherman Dilaporkan ke Bareskrim

Diduga Nodai Agama, Mantan Artis Cilik Joshua Suherman Dilaporkan ke Bareskrim

NASIONAL - Aksi stand-up comedy yang dilakukan oleh Joshua Suherman berbuntut panjang. Ia dilaporkan ke Bareskrim Polri...

Penulis Buku Jokowi Undercover Bikin Video dari Penjara, Kepala Rutan Ngaku Kecolongan

Penulis Buku Jokowi Undercover Bikin Video dari Penjara, Kepala Rutan Ngaku Kecolongan

NASIONAL - Video berdurasi sekitar 40 detik tersebar luas di media sosial. Video tersebut berisi rekaman diri Bambang...

Ada Kampung Warna-Warni di Purus Padang

Ada Kampung Warna-Warni di Purus Padang

PADANG - Anak-anak "Tanah Ombak" di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat...

Ingin Miliki Berat Badan Ideal? Coba 7 Kebiasaan Makan Ini

Ingin Miliki Berat Badan Ideal? Coba 7 Kebiasaan Makan Ini

NASIONAL - Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal, fit, dan sehat? Semua orang, termasuk kamu pasti juga...

Pemko Padang Kembali Gelar Diskusi Mingguan Bersama Pers, Inilah Pembahasannya

Pemko Padang Kembali Gelar Diskusi Mingguan Bersama Pers, Inilah Pembahasannya

PADANG - Pemerintah Kota Pemko Padang menggelar diskusi mingguan perdana tahun 2018 bersama insan pers dengan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media