Monday, 19 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Kereta BIM Senilai Rp300 Miliar Siap Dioperasikan di 2018

Rabu, 06 Desember 2017 - 11:58:44 WIB - 1325
Kereta BIM Senilai Rp300 Miliar Siap Dioperasikan di 2018Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni meninjau pembangunan Jalur Rel Kereta Api Duku-BIM di Nagari Kataping, Kec. Batang Anai, Padang Pariaman, Sumbar.

PADANG PARIAMAN - Kementerian Perhubungan menyatakan Kereta Bandara Internasional Minangkabau (KA BIM) siap dioperasikan. Proyek ini telah diinisiasi sejak 2012 dan menghabiskan total anggaran Rp 300 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, menyatakan pembangunan KA BIM ditujukan untuk mengintegrasikan pelayanan transportasi udara dengan moda kereta serta meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan kereta.

"Bahkan kami diinstruksikan oleh menteri perhubungan untuk melakukan pemantauan secara berkala ke lokasi sehingga pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu," ujar Zulfikri dalam rilisnya, Rabu (6/12).

Perjalanan dari kota Padang dan sekitarnya menuju Bandara Internasional Minangkabau sejauh lebih kurang 26 Km, selama ini baru dapat diakses melalui moda transportasi jalan. Perlu waktu tempuh sekitar 45 menit dan bahkan lebih dari 1 jam saat memasuki jam sibuk.

Kegiatan pelaksanaan konstruksi KA BIM meliputi pekerjaan badan jalan dan pemasangan rel sepanjang 3,9 Km antara Stasiun Duku - Stasiun BIM, pembangunan Stasiun Duku dan pekerjaan persinyalan mekanik. Pembangunan Stasiun BIM sendiri dilaksanakan secara multiyears selama 2015/2016.

Fasilitas yang ditawarkan di Stasiun Duku antara lain, lahan parkir yang luas, loket dan ruang tunggu yang representatif, peron dan toilet yang ramah bagi penyandang disabilitas, serta fasilitas ruang menyusui.

Khusus di Stasiun BIM dilengkapi dengan lift dan eskalator yang terhubung dengan skybridge menuju ke terminal penumpang di bandara sehingga memudahkan pergerakan penumpang dari dan menuju stasiun BIM.

Adapun pekerjaan lanjutan di 2017 antara lain, overcapping Stasiun Padang, penyempurnaan jalan KA BIM - Duku termasuk bangunan pendukung, pembangunan peron dan fasilitas pendukung operasi di Stasiun BIM, peningkatan 7 jembatan, peningkatan jalan rel antara Stasiun Tabing - Stasiun Duku sepanjang 1,28 Km juga pembangunan sistem radio train dispatching untuk mendukung operasional KA BIM.

"Total anggaran dari APBN yang digelontorkan untuk program pembangunan tersebut mencapai Rp 300 miliar," tuturnya.

Jalur KA BIM membentang sepanjang 22 Km (4 stasiun) dari Stasiun Padang hingga Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM); melintasi 18,1 Km jalur KA eksisting antara Stasiun Padang - Stasiun Tabing - Stasiun Duku dan 3,9 Km jalur KA baru antara Stasiun Duku - Stasiun BIM. Dengan selesainya seluruh pekerjaan konstruksi, Kereta Bandara Internasional Minangkabau direncanakan diresmikan pengoperasiannya pada 2018.

Dalam rangka persiapan pengoperasian KA BIM, akan segera dilakukan uji rancang bangun dan safety assessment terhadap keseluruhan prasarana pendukung KA BIM. Terkait dengan kesiapan sarana, PT KAI (Persero) bekerja sama dengan PT INKA sedang melakukan pengadaan 1 (satu) trainset KRDE guna menunjang pengoperasian KA BIM, yang terdiri dari 3 kereta dengan total kapasitas 272 tempat duduk.

Pembangunan jalur KA BIM diharapkan meningkatkan aksesibilitas masyarakat Sumatera Barat terhadap layanan kereta yang pada akhirnya memberikan nilai tambah perekonomian di Provinsi Sumatera Barat dan kota-kota di sekitarnya.(RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi/Merdeka.com
Tag: indonesia,metro,nasional,padang,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pariaman Serahkan Sertifikat Akreditasi Sekolah SD, SMP dan SMA

Pariaman Serahkan Sertifikat Akreditasi Sekolah SD, SMP dan SMA

PARIAMAN - Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti lakukan penyerahan sertifikat akreditasi sekolah tingkat SD,...

Songket Lintau Tanah Datar Hadir Dalam Pameran HPN 2018

Songket Lintau Tanah Datar Hadir Dalam Pameran HPN 2018

TANAH DATAR - Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2018 yang dipusatkan di Kota Padang Sumatera Barat akan semakin meriah...

Silaturahmi Rumah Gadang 87, Kepengurusan Baru Dibentuk

Silaturahmi Rumah Gadang 87, Kepengurusan Baru Dibentuk

BUKITTINGGI - Pelajar tamatan SLTA sederajat se Kota Bukittinggi, yang sekian puluh tahun tidak bertemu satu dengan...

Viral Video Umrah Sambil Baca Pancasila, Ini Tanggapan MUI

Viral Video Umrah Sambil Baca Pancasila, Ini Tanggapan MUI

NASIONAL - Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis menanggapi viralnya video pembimbing...

Polres Bukittinggi Serahkan Kendaraan Dinas Bhabinkamtibmas

Polres Bukittinggi Serahkan Kendaraan Dinas Bhabinkamtibmas

BUKITTINGGI - Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, SIK,MH diwakili oleh Waka Polres Bukittinggi Kompol Albert...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media