Sunday, 18 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Arus Masuk Orang Asing ke Padang Pariaman meningkat 25%

Rabu, 06 Desember 2017 - 18:46:56 WIB - 331
Arus Masuk Orang Asing ke Padang Pariaman meningkat 25%(Dari kanan ke kiri) Kepala Imigrasi Kelas I Padang, Ka. Kesbangpol dan Perwakilan Kemenkumham wilayah Sumbar.

PADANG PARIAMAN - Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) yang terdiri oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Imigrasi Kelas I Padang dan Kanwil Hukum dan HAM Sumbar gelar rapat di salah satu Hotel di Pariaman, Rabu (6/12).

Dalam rapat ini Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman diwakili oleh Sekda Jon Priadi sedangkan dari Imigrasi Kelas I Padang hadir kepala Elvi sahlan kemudian mewakili Kantor wilayah Hukum dan HAM Sumbar hadir Kabid Lalu lintas dan izin tinggal keimigrasian Antrius Permi.

Sekda mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda dari Imigrasi Kelas I Padang dalam rangka menindak lanjuti dan memonitor kegiatan pengawasan orang asing di Kab. Padang Pariaman dan Sumbar.

"Ini salah satu terkaitnya Kab. Padang Pariaman yang merupakan salah satu tempat sebagai lalu lintas dan tujuan masuknya orang asing ketika berkunjung ke Sumbar," sebutnya.

Ia mengatakan, bahwa sebagian orang asing yang masuk merupakan wisatawan yang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sebagai pusat masuk ke setiap daerah di Sumbar.

"Tidak hanya melalui BIM namun juga melalui provinsi tetangga seperti Pekanbaru dan lainnya. Ini semua tentu perlu pengawasan supaya tujuan masuknya orang asing tersebut sesuai dengan rencananya semula," tutur Jonpriadi.

Potensi selanjutnya sambung Sekda para perantau yang ada di luar negeri. "Secara rata-rata pada umumnya untuk wilayah Sumbar yang terbanyak perantau Padang Pariaman lah yang berada di luar negeri seperti Malaysia dan Singapura," sebutnya.

Jonpriadi menyebutkan hingga saat ini pengawasan dan kontrol terhadap orang asing terus di tingkatkan melalui kerjasama dengan Keimigrasian, Kemenkumham dan Kesbangpol.

Sedangkan Elvi Sahlan Kepala Keimigrasian Kelas I Padang mengatakan hingga saat ini arus orang asing yang masuk sejak diterapkannya MEA mencapai 25% setiap tahun.

"Untuk pelanggaran belum ada, akan tetapi baru sebatas kesalahan ijin dan visa tinggal yang pada umumnya dilakukan oleh para peselancar asing yang ada di kepulauan mentawai," ungkap Elvi.

Ia juga mengatakan, adapun paspor yang dimiliki namun dipegang oleh agennya, dan persoalan ijin tinggal tidak seberapa yang mana pekerja asing tidak begitu banyak di Sumbar.

"Sedangkan pelanggaran pidana membawa barang terlarang dan minuman keras tidak ada. Karena kita juga sudah kerjasam dengan Kemen.kumham bersama Polda Sumbar dalam hal pemberantasan dan pencehahan masuk barang terlarang," ulas Elvi.

"Semenjak berlakunya kerjasama antar negara se-Asean, arus orang asing masuk ke Sumbar meningkat 25% setiap tahunnya," pungkas Elvi. (warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: metro,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

HPN 2018, Wartawan Senior Sumbar Terbitkan Buku Kritik Presiden dan Jurnalisme Hoax

HPN 2018, Wartawan Senior Sumbar Terbitkan Buku Kritik Presiden dan Jurnalisme Hoax

PADANG - Wartawan utama Yurnaldi yang juga dikenal sebagai salah seorang penyair Indonesia asal Sumatra Barat, memaknai...

Puncak HPN 2018 di Padang, Jokowi: Pers Pilar Penegak Penyampaian Kebenaran

Puncak HPN 2018 di Padang, Jokowi: Pers Pilar Penegak Penyampaian Kebenaran

PADANG - Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya peran pers sebagai pilar keempat demokrasi Tanah Air. Meskipun...

Rizal Ramli Kritik Sri Mulyani Soal Kartu Kuning pada Jokowi

Rizal Ramli Kritik Sri Mulyani Soal Kartu Kuning pada Jokowi

NASIONAL - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengkritik Menteri Keuangan, Sri Mulyani...

Inilah Klarifikasi Lengkap Kapolri Tito Karnavian Soal Video Ormas Islam yang Viral

Inilah Klarifikasi Lengkap Kapolri Tito Karnavian Soal Video Ormas Islam yang Viral

NASIONAL - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyambangi Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jalan...

Instruksi Jokowi, Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan Bakal Direvitalisasi

Instruksi Jokowi, Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan Bakal Direvitalisasi

PADANG - Presiden Joko Widodo menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merevitalisasi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media