Sunday, 18 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Wagub Nasrul Abit : Inovasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan yang Baik adalah Sebuah Keniscayaan

Rabu, 06 Desember 2017 - 19:32:26 WIB - 155
Wagub Nasrul Abit : Inovasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan yang Baik adalah Sebuah KeniscayaanWagub Nasrul Abit ketika bukaacara Sosialisasi Inovasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

PADANG - Wagub Nasrul Abit mengingatkan Pemerintahan daerah untuk melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Inovasi adalah sebuah keniscayaan intuk penyelenggaraan pmerintahan kebaikan pelayananasyarakat, jangan lelah untuk berinovasi," kata Wagub ketika membuka acara Sosialisasi Inovasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Gedung Rohana Khudus, Rabu (6/12/2017).

Katanya, zaman terus berkembang, tantangan dan kebutuhan semakin meningkat untuk melayani butuh pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah maka perlu inovasi daerah sesuai UUD no 23 tahun 2014.

Menurutnya, inovasi penyelenggaraan pemerintah diperlu agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik, cepat, efesien efektif, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang madani dan sejaterah.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit juga menyampaikan Sesuai UUD no 23 tahun 2014 merupakan bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan Daerah perlu Inovasi Daerah. Guna peningkatan kinerja berujung peningkatan kesejateraan rakyat.

Pelaksanaan inovasi daerah tersebut dengan peraturan pemerintah no 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah sebagai peraturan pelaksana inovasi daerah.

Dibuat peraturan pemerintah dalam sistem kerja. yang pertama, bagaimana dalam pelayanan publik tersebut masyarakat mendapat kepuasan dalam pelayanan publik, agar bisa dipermudah dan ada kemajuan dalam pelayanan.

"Target semua OPD di lingkungan provinsi Sumatera Barat agar setiap instansi melakukan inovasi yang berdampak baik dalam bekerja," ujarnya

Selanjutnya wagub menyampaikan melalui program kreatif dan inovatif baik dalam bentuk inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik maupun inovasi bentuk lainnya sesuai dengan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah.

Maka perlu prinsip-prinsip sesuai UU no 38 tahun 2017 perlu peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, tidak menimbulkan konflik kepentingan, berorentasi kepada kepentingan umum dilakukan secara terbuka memenuhi nilai kepatutan dan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya tidak untuk kepentingan diri sendiri, ungkap Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menghimbau kepada OPD di lingkungan pemerintahan provinsi Sumatera Barat untuk dapat menghasilkan dan menerapkan inovasi-inovasi baru dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Untuk tahun yang mendatang tahun baru anggaran 2018 sudah ada. Tender yang akan diserahkan maka dari itu perlu dokumen-dokumen cepat diselesai. Tahun 2017 anggaran administrasi telah bisa di laporan dari kepala OPD di lingkungan pemerintahan prpvinsi Sumatera.

"Untuk anggaran yang diberikan tahun yang akan datang ini, setiap kepala OPD agar dapat memantau, menilai, melihat langsung kelapangan kerja dari masing-masing staf tersebut jangan hanya sekedar percaya kepada staf-staf," tegas Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga berharap agar setiap aparatur pemerintahan daerah dapat melakukan upaya-upaya yang tersistematis agar kualitas kinerja semakin meningkat dan lebih baik dari waktu ke waktu.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala pusat inovasi tata pemerintahan Dr. Andi Taufiq, MSi Kementerian dalam negeri, selanjutnya seluruh kepala Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) di lingkungan provinsi Sumatera Barat. (Rel)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Prabowo Akui Fadli Zon Penuh Kontroversi, Ini Alasannya

Prabowo Akui Fadli Zon Penuh Kontroversi, Ini Alasannya

POLITIK - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut Wakil Ketua DPR yang juga Wakil Ketua Umum Gerindra,...

Ketum MUI Gelar Kunjungan ke Padang Dalam Rangka Rakerda MUI Sumbar

Ketum MUI Gelar Kunjungan ke Padang Dalam Rangka Rakerda MUI Sumbar

PADANG - Majelis Ulama Indonesia Sumatera menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Aula Masjid Nurul Iman Padang...

UMSB Bukittinggi Gelar Kuliah Umum, Mahasiswa Harus Siap Hadapi Tantangan Globalisasi

UMSB Bukittinggi Gelar Kuliah Umum, Mahasiswa Harus Siap Hadapi Tantangan Globalisasi

BUKITTINGGI - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Bukittinggi menggelar kegiatan Kuliah Tokoh, guna...

Pacu Kuda Payakumbuh, Suguhan Menarik Pengunjung Berbagai Daerah

Pacu Kuda Payakumbuh, Suguhan Menarik Pengunjung Berbagai Daerah

PAYAKUMBUH - Hari kedua alek nagari pacu kuda dipadati ribuan penonton. Race demi race menjadi suguhan menarik bagi...

Wapres Jusuf Kalla Setuju Penghinaan Presiden Diatur di RKUHP, Asalkan..

Wapres Jusuf Kalla Setuju Penghinaan Presiden Diatur di RKUHP, Asalkan..

NASIONAL - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) setuju dengan dihidupkannya kembali pasal penghinaan Presiden dan wakil...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media