Sunday, 18 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Pelayanan Publik Pemkab Tanah Datar Masuk Kategori Zona Hijau

Rabu, 06 Desember 2017 - 22:39:19 WIB - 227
Pelayanan Publik Pemkab Tanah Datar Masuk Kategori Zona HijauWabup Tanah Datar, Zuldafri Dharma menerima penghargaan kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI

JAKARTA - Lembaga negara pengawas pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia (ORI), menganugerahi kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik kepada pemerintah Kabupaten Tanah Datar dengan predikat Kepatuhan Tinggi (zona hijau) yang diserahkan oleh Akhmad Suedi anggota Ombudsman RI dan diterima langsung Wakil Bupati Zuldafri Darma di gedung Balai Kartini Jakarta Selatan, kemaren.

Penganugerahan predikat kepatuhan ini dilihat dari upaya instansi penerima predikat dalam memenuhi komponen standar pelayanan sebagaimana tertuang dalam Pasal 15 dan Bab V UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Dalam ketentuan itu tercantum bahwa sebuah unit layanan harus menyampaikan informasi, di antaranya, mengenai kejelasan waktu, prosedur, persyaratan dan biaya layanan.

Atas dasar itu, Ombudsman RI kemudian melakukan berbagai observasi di sejumlah unit layanan pada tingkat kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota.

Hasilnya, pada tahun 2017 Kabupaten Tanah Datar mendapat penghargaan terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik tas 56 produk layanan dengan nilai 90,67.

Untuk Sumatera Barat yang menerima penghargaan antara lain Kabupaten Tanah Datar dan Kota Payakumbuh.

Ketua Ombudsman RI, diwakili anggota Adrianus Meliala Danang Girindrawa mengatakan, penyampaian predikat kepatuhan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi atas usaha peningkatan kualitas pelayanan publik di tingkat unit layanan.

"Sudah saatnya penyelenggara negara memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan menggiatkan peningkatan kualitas pelayanan publik," terang Adrianus.

Penyampaian informasi mengenai standar layanan kepada masyarakat selaku pengguna layanan merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan. Oleh karenanya, lembaga negara pengawas pelayanan publik ini kemudian melakukan pendampingan pemenuhan komponen standar pelayanan ke sejumlah unit layanan publik sejak awal 2014, ungkap Adrianus.

Berdasarkan penilaian ORI tahun ini Instansi negara penerima predikat kepatuhan itu terdiri atas 5 kementerian, 2 lembaga negara, 6 pemerintah provinsi dan 13 pemerintah kabupaten dan 15 kota, pungkas Adrianus.

Sementara itu Wabup Zuldafri usai penerimaan mengatakan keberhasilan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik tidak terlepas dari peran aktif masyarakat dalam memberikan informasi dan OPD atas usahanya telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Terima kasih kepada seluruh OPD yang telah memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat, ini harus kita pertahankan bahkan harus ditingkatkan dari waktu ke waktu," pesannya.

Kepada ORI perwakilan Sumbar, Wabup sampaikan ucapan terima kasih atas pembinaan dan pengawasan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di tingkat unit layanan, kata Wabup Zuldafri didampingi Plt. Asisten III Ir. Helfy Rahmi Harun dan Kabag Organisasi Setda Adriyanti Rustam.


Helfy Rahmi juga tambahkan penghargaan yang diterima saat ini tidak terlepas dari perbaikan fasilitas pelayanan dan pelayanan itu sendiri kepada masyarakat dengan bekerjasama dengan ORI perwakilan Sumbar sejak 2014 lalu.

"Terimakasih kepada ORI perwakilan Sumbar yang telah melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pemerintah Tanah Datar," pungkasnya. (romeo/ry)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Romeo
Tag: indonesia,metro,nasional,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Heboh, Beredar Tiket Pesawat Habib Rizieq Sudah Dipesan

Heboh, Beredar Tiket Pesawat Habib Rizieq Sudah Dipesan

NASIONAL - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dikabarkan akan pulang ke Indonesia bulan Februari...

Instruksi Jokowi, Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan Bakal Direvitalisasi

Instruksi Jokowi, Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan Bakal Direvitalisasi

PADANG - Presiden Joko Widodo menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merevitalisasi...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Padang, Satu Mobil Tertimpa Pohon Tumbang

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Padang, Satu Mobil Tertimpa Pohon Tumbang

PADANG - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (17/2/2018) sekira...

Fahri Hamzah: Jika Jadi Pimpinan KPK, Tidak Sampai Setahun Akan Saya Bubarkan, Titik!

Fahri Hamzah: Jika Jadi Pimpinan KPK, Tidak Sampai Setahun Akan Saya Bubarkan, Titik!

NASIONAL - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah menjadi narasumber dalam suatu program televisi. Di...

Sapu Bersih Pungli, Dari SMP di Tanah Datar ini Disita Uang Puluhan Juta

Sapu Bersih Pungli, Dari SMP di Tanah Datar ini Disita Uang Puluhan Juta

TANAH DATAR - Team Tindak Saber Pungli UPP tanah Datar melakukan OTT (Operasi Tangkap Tangan), Senin, (5/2/2018) sekira...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media