Monday, 16 Jul 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Diskusi Publik dengan Wartawan, DPMPTP Padang Pariaman Jelaskan Kinerja Dalam Setahun

Rabu, 13 Desember 2017 - 14:53:51 WIB - 221
Diskusi Publik dengan Wartawan, DPMPTP Padang Pariaman Jelaskan Kinerja Dalam Setahun
Diskusi publik DPMPTP padang Pariaman dengan wartawan


PADANG PARIAMAN - Menjalankan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kabupaten Padang Pariaman gelar diskusi bersama wartawan, kemarin.

"Sesuai arahan Bupati bahwa diskusi ini penting untuk evaluasi kinerja DPMPTP dalam satu tahun. Jadi kami ingin mengetahui bagaimana dinas ini di mata wartawan," kata Kadis PMPTP Hendra Aswara memulai acara tersebut di Ruang Pelayanan.

Sejak awal 2017, kata Hendra, seluruh perizinan dan non perizinan sudah ditangani satu pintu. Artinya tidak ada lagi perizinan melalui Bupati ataupun Wakil Bupati. Hal itu dibuktikan dengan adanya Peraturan Bupati Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pelimpahan Kewenangan Perizinan kepada DPMPTP yaitu sebanyak 122 Perizinan dan 6 Non Perizinan

Sistim perizinan online juga telah diterapkan dengan nama SIMPEL (Sistem Perizinan Elektronik) yang telah diberlakukan sejak Mei lalu. Sistim ini diadopsi dari Kabupaten Sidoarjo sesuai arahan dari KPK RI yang ditindaklanjuti oleh Bupati Padang Pariaman.

Kemudian juga telah disusun Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dipajang di ruang pelayanan dan telah dibukukan. Jadi, setiap izin akan jelas persyaratannya, berapa hari selesainya dan ada tidaknya biaya.

"Seluruh perizinan gratis, kecuali IMB. Ada retribusi sesuai peraturan daerah dan setornya pun melalui Bank karena kita tidak menerima setoran tunai," ujar Kadis.

Terkait capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi IMB, Hendra mengatakan bahwa tahun ini target diberikan sebesar 500 juta. Pada awal September target itu tercapai dan kemudian ditambah lagi 200 juta sehingga menjadi 700 juta. Bulan November juga sudah melebihi 700 juta sehingga ditambah lagi menjadi 800 juta.

"Alhamdulillah, target 800 juta sudah tercapai per 11 Desember. Ini tentu berkat dukungan seluruh pihak, OPD Teknis, Camat, Wali Nagari dan Masyarakat," ujarnya.

Berkaitan dengan penanaman modal investasi, bahwa Padang Pariaman diberikan target sebesar 46 Milyar. Hingga Desember ini, tambah Hendra, bahwa tercatat investasi sebesar 184 Milyar. Artinya mengalami kenaikan hampir lima kali lipat.

"Jadi nilai investasi ini tercatat dalam LKPM online dan SPIPISE. Bisa dipantau okeh BKPM Pusat," pungkasnya. (rel/warman)

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: metro,padang,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Emzalmi Akui Kemenangan Mahyeldi, Ini Harapannya

Emzalmi Akui Kemenangan Mahyeldi, Ini Harapannya

PADANG - Calon Wali Kota Emzalmi akhirnya mengakui kemenangan pasangan Mahyeldi-Hendri pada Pilkada Kota Padang...

Latih Organ Vital Perempuan dengan Rutin Melakukan Senam Kegel

Latih Organ Vital Perempuan dengan Rutin Melakukan Senam Kegel

KESEHATAN - Sebagai wanita, tentunya menjaga kondisi dan bentuk tubuh menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Salah...

DPR RI: Tidak Ada APBNP 2018, Sektor Migas Stagnan!

DPR RI: Tidak Ada APBNP 2018, Sektor Migas Stagnan!

JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi VII Rofi Munawar menilai rencana...

Gelandang Timnas Prancis, Kante Jadi Buruan Utama Barcelona

Gelandang Timnas Prancis, Kante Jadi Buruan Utama Barcelona

BOLA - Gelandang tim nasional Prancis, NGolo Kante sedang jadi buruan utama Barcelona. Klub asal Catalan ingin...

Jadwal Lengkap Semifinal Piala Dunia 2018

Jadwal Lengkap Semifinal Piala Dunia 2018

PIALA DUNIA 2018 - Babak semifinal Piala Dunia 2018 akan dimulai pada Rabu 11 Juli 2018 dini hari yang akan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media