minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Puluhan Sopir Angkot di Bukittinggi Mendadak Distop, Ada Apa?

Rabu, 13 Desember 2017 - 20:32:30 WIB - 486
Puluhan Sopir Angkot di Bukittinggi Mendadak Distop, Ada Apa?Badan Narkotika Kota (BNK) Bukittinggi bersama tim gabungan melakukan test urine keapda puluhan sopir angkot

BUKITTINGGI - Puluhan Sopir Angkutan Kota (Angkot) yang melintasi kawasan Pendakian Wowo atau sekitar Terminal Tipe C, Kota Bukittinggi, diberhentikan oleh Badan Narkotika Kota (BNK) Bukittinggi bersama tim gabungan.

Pemberhentian sementara ini bertujuan untuk melakukan tes urine terhadap sopir Angkot yang beroperasi di kawasan Kota Bukittinggi.

Hal ini sebagai upaya pencegahan peredaran dan Penyalahgunaan narkotika di kalangan masyarakat umum termasuk sopir Angkutan umum.

Pemeriksaan atau tes urine ini, menggunakan peralatan canggih berupa alat tes narkotika multi atau enam jenis parameter pengukuran. Guna mengetahui siapa saja sopir angkutan yang terlibat dengan obat-obatan terlarang.

Kepala BNK Bukittinggi diwakili Sekretaris BNK, Aldiasnur menjelaskan, pemeriksaan kali ini ditujukan kepada sopir angkutan umum, sebagai pencegahan dini terhadap bahaya narkotika jika digunakan saat berkendara di jalan raya. Karena mereka punya peran yang sangat besar terhadap keselamatan penumpang yang dibawanya.

"Jika pengendara bebas dari narkoba, tentu mereka akan tertib dan tidak ugal-ugalan seperti dibawah pengaruh obat terlarang. Selain itu, pihaknya dari BNK Bukittinggi komit mencegah keluar masuk serta peredaran narkoba dan penyalahgunaan obat terlarang tersebut di wilayah kota Wisata dengan ikon Jam Gadang ini," kata Aldiasnur.

Sementara, Kalakhar BNK Bukittinggi yang juga Wakapolres Bukittinggi, Kompol Albert Zai mengungkapkan, dari 40 sopir angkot yang diperiksa, terdapat dua orang yang dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba. Hal ini membuktikan masih adanya para pengendara yang menggunakan ataupun terpengaruh bahaya narkotika.

"Setelah diperiksa, ada sopir angkot yang dinyatakan positif menggunakan narkoba. Hasil alat deteksi, didata dan diharuskan untuk wajib lapor. Selanjutnya dilakukan pendekatan agar mereka pulih dan sehat kembali serta lepas dari beleggu narkoba. Selain itu, kepada dua sopir itu juga akan dilakukan pendalaman," jelasnya.

Kompol Albert Zai mengharapkan agar seluruh sopir angkutan umum tidak terjerumus dengan kejahatan narkoba. Sehingga, tidak ada lagi yang positif menggunakan narkoba saat dilakukan pemeriksaan untuk kedepannya.

"Hal ini juga akan berimbas pada keselamatan dan kenyamanan penumpang jika terdapat bahaya itu dalam tubuh sang sopir. Sopir angkot dan masyarakat Bukittinggi harus bebas dari narkoba, kita akan lakukan berbagai cara agar bahaya narkoba itu tidak merajalela lagi," tegas Kompol Albert Zai.(Iwan Susanto)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,metro,pos-polisi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Korban Abrasi Pantai Ulakan Tapakis Padang Pariaman Terima Bantuan

Korban Abrasi Pantai Ulakan Tapakis Padang Pariaman Terima Bantuan

PADANG PARIAMAN - Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi serahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang...

Mayoritas Fraksi DPRD Pasaman Setujui Perda No. 11 2016 tentang Mutasi Pejabat Nagari

Mayoritas Fraksi DPRD Pasaman Setujui Perda No. 11 2016 tentang Mutasi Pejabat Nagari

PASAMAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian...

Harlah PPP Ke 45 Tahun, Gandeng PMI Kota Bukittinggi Untuk Donor Darah

Harlah PPP Ke 45 Tahun, Gandeng PMI Kota Bukittinggi Untuk Donor Darah

BUKITTINGGI - Dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tanggal 5 Januari, di tahun...

Kakek 79 Tahun di Agam yang Dilaporkan Hilang Sebulan Lalu Akhirnya Ditemukan

Kakek 79 Tahun di Agam yang Dilaporkan Hilang Sebulan Lalu Akhirnya Ditemukan

MATUR, AGAM - Umar Sidin (79) warga Puncak Lawang yang sempat dilaporkan hilang hampir satu bulan yang lalu akhirnya...

Pengamat Ini Nilai Rumah DP Nol Rupiah Anies-Sandi Sebagai Kebohongan Publik

Pengamat Ini Nilai Rumah DP Nol Rupiah Anies-Sandi Sebagai Kebohongan Publik

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan ground breaking pembangunan hunian uang muka (down payment)...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media