minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Cegah Penyebaran Difteri, Ini Upaya Yang Dilakukan DKK Kota Bukittinggi

Rabu, 13 Desember 2017 - 22:13:59 WIB - 248
Cegah Penyebaran Difteri, Ini Upaya Yang Dilakukan DKK Kota BukittinggiKepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Yandra Ferry

BUKITTINGGI - Mewabahnya kembali penyakit lama yang selama beberapa tahun sudah tidak pernah terjadi lagi di Indonesia, yakni Difteri membuat cemas masyarakat karena mudahnya penularan penyakit tersebut.

Kasus-kasus Difteri bermunculan sepanjang tahun 2017 dan merebak ke 95 Kabupaten/Kota pada 20 Povinsi, tidak terkecuali Sumatera Barat.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat, sejak Januari hingga November 2017, terdapat 23 kasus yang tersebar pada 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota. Dari 23 kasus ditemukan 2 kasus positif (1 Solok Selatan dan 1 Pasaman Barat). 1 orang Pasaman Barat meninggal, 21 kasus negatif. 2 (dua) orang kasus positif (konfirmasi) berdasarkan riwayat dan informasi dari orang tua tidak pernah mendapatkan imunisasi.

Menyikapi penyebaran penyakit tersebut, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi, Yandra Ferry mengatakan, untuk di Kota Bukittinggi sendiri terdapat satu kasus suspect Difteri.

"Satu pasien (bayi) yang terinfeksi Difteri di Kota Bukittinggi diketahui tidak pernah mendapatkan imunisasi. Setelah ditelusuri, faktor penyebabnya ternyata penderita tersebut tidak mendapat imunisasi lengkap atau balita tersebut tidak datang ke Posyandu atau pelayanan kesehatan," ungkap Kadis Kesehatan Kota Bukittingga ketika dihubungi melalui jaringan seluler, Rabu (13/12/2017).

Pihaknya menambahkan bahwa korban tersebut telah ditanggulangi dengan baik. Sementara itu, terkait dengan sarana prasarana dan vaksin, diaukinya cukup memadai. Oleh karena itu, untuk menghindari adanya korban lainnya, Yandra Ferry menghimbau kepada para orang tua untuk membawa bayinya ke Posyandu atau pelayanan kesehatan guna mendapatkan imunisasi.

Mengantisipasi penyebaran penyakit Difteri, Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi telah melalukan sosialisasi dengan melakukan peningkatan daya tahan tubuh melalui makanan yang bergizi, mengkonsumsi sayur dan buah serta olah raga secara rutin. Selain itu, Dinkes Kota Bukittinggi juga menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker, karena penularan Difteri dapat terjadi melalui hembusan napas/bersin.

Untuk diketahui, penyebaran Difteri dapat terjadi melalui droplet (bersin atau batuk) dari orang yang menderita penyakit Difteri, kontak langsung terutama apabila terdapat luka di kulit dan alat tidur serta mainan yang terkontaminasi bakteri corynebackterium diphtheria. Sementara itu, Difteri dapat dicegah dengan melakukan imunisasi (imunisasi DPTHBHIB1, DPTHBHIB2, DPTHBHT83) bagi bayi usia 2 sampai 4 bulan. Sedangkan untuk anak-anak kelas satu hingga dua SD dapat melakukan imunisasi DT. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,kesehatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

DPR Dukung Impor Beras, dengan Catatan..

DPR Dukung Impor Beras, dengan Catatan..

JAKARTA - DPR mendukung kebijakan impor 500 ribu ton beras yang dilakukan oleh pemerintah. Hal ini seperti yang...

Pacu Kuda Payakumbuh, Open Race dan Tradisional 2018 Kembali Ditabuh

Pacu Kuda Payakumbuh, Open Race dan Tradisional 2018 Kembali Ditabuh

PAYAKUMBUH - Sesuai dengan kalender event Pacu Kuda Kota Payakumbuh, Open Race dan Tradisional kembali digelar di...

Jalani Sidang Perdana Kasus Ujaran Kebencian, Jonru Teriakkan Takbir

Jalani Sidang Perdana Kasus Ujaran Kebencian, Jonru Teriakkan Takbir

JAKARTA - Terdakwa kasus ujaran kebencian, Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru Ginting menjalani sidang perdana di...

Ini Alasan Luhut Larang Menteri Susi Tenggelamkan Kapal

Ini Alasan Luhut Larang Menteri Susi Tenggelamkan Kapal

NASIONAL - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan melarang Menteri Kelautan dan...

Nikmati Keindahan Alam Serta Kuliner 50 Kota, Desi Albert Mamahit: Negeri Yang Indah

Nikmati Keindahan Alam Serta Kuliner 50 Kota, Desi Albert Mamahit: Negeri Yang Indah

LIMA PULUH KOTA - Melakukan Aktivitas menikmati keindahan sebuah destinasi wisata merupakan agenda bagi sebagian orang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media