minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Study Komparatif Jurnalis Luhak Nan Tuo, Banyak Pelajaran yang Dipetik

Jumat, 15 Desember 2017 - 09:33:15 WIB - 348
Study Komparatif Jurnalis Luhak Nan Tuo, Banyak Pelajaran yang DipetikKadis Kominfo Erizal Ramli dan Kabag Humas, Syahril Tanah Datar saat berinteraksi dengan Humas Kota Bandung Selasa (12/12)

TANAH DATAR - Perjalanan para awak media di dua kota, Jakarta dan Bandung banyak memberikan pencerahan kepada Instansi Pemerintah Dinas Kominfo, Humas dan para pewarta (10-13 Desember 2017).

Dikatakan Kadis Kominfo Tanah Datar Erizal Ramli bahwa perjalanan kali ini sengaja melibatkan puluhan awak media yang aktif menulis dan berkarya untuk kemajuan Tanah Datar.

"Para awak media yang ikut ini, terbukti telah memberikan konstribusi positif untuk Luhak Nan Tuo, mereka telah menyampaikan pemberitaan yang bersifat membangun ataupun kritikan kepada Pemkab Tanah Datar sebagai wujud rasa pedulinya, agar Kabupaten ini menjadi lebih baik kedepan," ujar Erizal Minggu (10/12).

Dikatakan Erizal Study komparatif kali ini agenda utamanya yaitu mengunjungi Kementrian Kominfo dan Pemkab kota Bandung, dan didalamnya juga dimasukan jadwal mengunjungi objek wisata di dua kota tersebut.

"Selain melakukan kunjungan dan mendapat wejangan dari pihak Kementrian Kominfo RI, tentang bagaimana menjalin kerjasama awak media dengan pihak kominfo untuk memberikan informasi faktual kepada masyarakat, serta bagaimana mengantisipasi berita-berita Hoax yang saat ini terus berseliweran tak tentu. Penataan pola kerjasama awak media dengan Humas Pemkab pun kita gali lebih dalam bersama Kabag Humas Pemkot Bandung," katanya.

Lanjutnya, Pemkot Bandung merupakan Humas terbaik Se-Indonesia tahun lalu. Jadi bagaimana melakukan koordinasi dan pola kerjasama yang baik dengan awak media tentu harus menjadi contoh untuk di bawa ke Tanah Datar.

"Disinilah kita dapat menelaah lebih dalam bagaimana bentuk kerjasama yang baik antara Humas dan awak media kota Bandung. Kita dapat mencontoh mereka, dan kedepan mudah-mudahan informasi positif dan membangun seperti yang dilakukan Pemkot Bandung dan awak medianya, dapat membesarkan "gaung" Tanah Datar melalui melalui pemberitaan. Humas Pemkot Bandung begitu profesional menjalankan fungsinya sebagai corong pembangunan daerah," ujarnya.

Bandung dan Tanah Datar adalah kota/kabupaten yang sangat memberikan perhatian penuh untuk pengembangan wisata.

"Bandung berhasil melakukan kerjasama dengan awak media terutama tentang bagaimana pola dan cara memperkenalkan objek-objek wisata dan keindahan alamnya melalui pemberitaan. Hal ini harus kita pelajari, dan berharap kedepan Humas Pemkab dan para Jurnalis yang ada di Tanah Datar juga dapat melakukan seperti yang dilakukan Humas Pemkot Bandung ini, demi kemajuan Wisata kita yang terkenal dengan Wisata Budayanya," tegas Erizal.

Selain agenda kunjungan kedua tempat tersebut para awak media juga bawa ke beberapa objek wisata untuk melihat langsung bagaimana pengembangan wisata secara profesional, menarik, yang mendatangkan wisatawan baik lokal maupun Intenasional.

"Kita berharap para awak media, setelah kunjungan ini dapat berdiskusi dengan Pemerintah. Terutama Dinas pariwisata Tanah Datar, untuk memberikan masukan bagaimana pengelolaan objek wisata yang baik dan semenarik mungkin. Nantinya dengan majunya pariwisata di Tanah Datar, secara otomatis dapat meningkatkan PAD dan kesejahteraan perekonomian masyarakat," harap ketua PWI Tanah Datar Yusnaldi, Selasa (12/12).(romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: indonesia,minangkabau,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Konflik La Nyala vs Prabowo, Bawaslu Angkat Bicara

Konflik La Nyala vs Prabowo, Bawaslu Angkat Bicara

NASIONAL - Badan Pengawas Pemiliu (Bawaslu) RI menyatakan, pemanggilan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo...

Wakil Bupati Zuldafri Darma Minta Kepala OPD Hilangkan Egosentrisme Dalam Bekerja

Wakil Bupati Zuldafri Darma Minta Kepala OPD Hilangkan Egosentrisme Dalam Bekerja

TANAH DATAR - Dalam penyelenggaraan pemerintahan tidak terlepas dari fungsi manajemen. Fungsi perencanaan,...

Padang Punya Cara Jitu Wujudkan Sungai Bersih

Padang Punya Cara Jitu Wujudkan Sungai Bersih

PADANG - Pemerintah Kota Padang punya cara baru untuk menjaga sungai agar tetap bersih. Caranya adalah dengan memasang...

Razia Hotel di Padang, 1 Pasangan Ngaku Lupa Bawa Surat Nikah Terpaksa Diamankan Satpol PP

Razia Hotel di Padang, 1 Pasangan Ngaku Lupa Bawa Surat Nikah Terpaksa Diamankan Satpol PP

PADANG - Satpol PP Padang terus melakukan razia dan pengawasan terhadap praktek-praktek maksiat yang melangar Perda...

Tahun 2040, Islam Diprediksi Bakal Jadi Agama Terbesar Kedua di AS

Tahun 2040, Islam Diprediksi Bakal Jadi Agama Terbesar Kedua di AS

INTERNASIONAL - Perdebatan politik di Amerika Serikat akhir-akhir ini kerap menyinggung mengenai imigrasi Muslim....


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media