minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariaman

Genjot Pariwisata, Dermaga Apung Pulau Tangah Pariaman Diuji Coba

Kamis, 11 Januari 2018 - 19:31:04 WIB - 190
Genjot Pariwisata, Dermaga Apung Pulau Tangah Pariaman Diuji CobaUjicoba darmaga apung Pulau Tangah Pariaman, Kamis (11/1).

PARIAMAN - Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman didampingi OPD lakukan uji coba Dermaga Apung Pulau Tangah, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar, kamis (11/01/2018).

Uji coba dilakukan dalam rangka mewujudkan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata, yang mana Pemerintah Kota Pariaman memperbanyak destiasi wisata baru yang ada di daerahnya, salah satunya pembangunan Dermaga Apung di Pulau Tangah yang telah selesai 100%.

Dermaga Apung yang pendanaannya ini berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, sebesar 1,7 M ini, telah selesai dikerjakan dan hari ini adalah ujicoba penggunaan Dermaga Apung ini.

Tender Dermaga Apung tersebut, dilakukan langsung oleh pihak KKP RI di Jakarta dan dalam hal ini, Pemko Pariaman hanya menerima pengerjaan hingga selesai saja

"Saya mendapat laporan bahwa dermaga apung di pulau tangah ini telah selesai dikerjakan, untuk itu saya ingin mengecek langsung apakah betul laporan tersebut dan sekaligus juga kita uji coba kelayakan dari dermaga apung ini," tutur Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman.

Selain mengecek keberadaan dermaga apung ini, Mukhlis juga mengecek pembangunan pendestrian dan kondisi pulau tangah, yang rencananya akan menjadi destinasi wisata keluarga.

Ia juga menelusuri pendestrian jalan setapak yang dibangun melalui APBD Kota Pariaman, dan rumah panggung yang berjumlah sebanyak 15 buah, yang nantinya bisa untuk tempat beristirahat dan bercengkrama bersama anggota keluarganya.

"Walaupun pendestrian jalan setapak ini baru selesai 70%, rencana di akhir bulan ini sudah dapat diselesaikan sampai 100%, sedangkan untuk rumah panggung, tinggal pemasangan atap dan penghalusan pekerjaan saja," ungkapnya.

Walaupun demikian wako menghimbau agar untuk pembangunan berkelanjutan yang sesuai dengan master plan yang telah kita buat untuk pulau tangah ini, agar pulau ini jangan dulu dibuka untuk umum, sampai semua fasilitas dan sarananya telah kita bangun 100%

"Kalau kita melihat masterplan pembangunan pulau tangah, diperkirakan masih memerlukan waktu 3 tahun lagi, untuk mencapai sesuai dengan apa yang kita inginkan, untuk itu agar di tim anggaran segera membuatkan prioritas dengan menganggarkan dana yang cukup, sehingga pembangunannya semakin bisa dipercepat dan dapat digunakan dan dimanfaatkan segera oleh pengunjung serta masyarakat," tutupnya.

Dalam keterangan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pariaman, Zamzamil mengatakan beberapa sarana dan prasarana pendukung masih dalam tahap pembangunan.

"Untuk pembangunan di pulau tangah ini, menghabiskan biaya sebesar Rp 780 juta untuk pendestrian dan Rp 330 juta untuk 15 unit gazebo," tuturnya.

Untuk pendestrian kita akan tambahkan dengan penghijauan agar lebih ramah lingkungan nantinya, ujarnya mengakhiri. (rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: indonesia,pariaman,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Deklarasi Paslon Walikota Pariaman Genius Umar-Mardison (GEMA) Menggema di Desa Kampung Baru

Deklarasi Paslon Walikota Pariaman Genius Umar-Mardison (GEMA) Menggema di Desa Kampung Baru

PARIAMAN - Paslon Walikota-Wakil Walikota Pariaman Genius Umar-Mardison (GEMA) Mahyuddin lakukan Deklarasi bersama...

Banyak Kasus penyalahgunaan Izin Tinggal, Padang Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing

Banyak Kasus penyalahgunaan Izin Tinggal, Padang Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing

PADANG - Kantor Imigrasi Kelas I Kota Padang, Sumatra Barat bakal meningkatkan pengawasan terhadap orang asing pada...

Kenali Hukum Sejak Dini, Jauhkan Hukuman

Kenali Hukum Sejak Dini, Jauhkan Hukuman

Tanah Datar - Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Sumbar di bawah komando Kajari M. Fatria, SH untuk tahun 2018 ini...

Silang Pendapat Soal Penenggelaman Kapal Antara Susi, Luhut dan JK, Jokowi Angkat Bicara

Silang Pendapat Soal Penenggelaman Kapal Antara Susi, Luhut dan JK, Jokowi Angkat Bicara

NASIONAL - Presiden Joko Widodo angkat bicara soal silang pendapat di kabinet kerja terkait kebijakan penenggelaman...

Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Guguak Sarai Solok Ludes Dilalap Sijago Merah

Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Guguak Sarai Solok Ludes Dilalap Sijago Merah

SOLOK - 1 unit rumah permanen di Jorong Guguak Anau, Nagari Guguak Sarai, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media