Saturday, 07 Dec 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Politik

Peran PNS Belum Maksimal

Rabu, 23 November 2011 - 10:22:07 WIB - 1345
Peran PNS Belum Maksimal


Padang, MinangkabauNews -- Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemko Padang saat ini dianggap mencukupi untuk melaksanakan tugasnya sebagai paratau pemerintah. Namun, diperkirakan masih ada PNS yang belum bekerja maksimal.

Hasilnya, setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) juga banyak berharap pada kinerja pegawai tidak tetap (PTT) atau biasa juga disebut tenaga honorer. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Padang, Budiman,S.Ag.

"Seharuanya ada optmalisasi kerja PNS di saming-masing SKPD dan instansi lainnya. Sehingga kita juga tidak berpikir selalu berharap adanya honorer itu tadi," terangnya.

Budiman mengungkapkan, berdasarkan data jumlah PNS terbanyak ada di sektor pendidikan. Namun, jumlah PTT di sektor serupa juga tidak begitu banyak. Kondisi berbeda justru terjadi di sektor non pendidikan, khususnya di sejumlah SKPD lingkungan pemko. Misalnya di kecamatan dan instansi lain.

"Coba lihat di Kecamatan Timur punya, dari informasi Pak Camat masih ada pegawai non PNS. Dari aturan kedepan kita tidak bias lagi menggaji mereka, jadi harus dipikirkan bagaimana supaya kita berdayakan PNS di situ. Saya yakin itu bisa, asal ada kemauan," tandas Budiman kepada MinangkabauNews, belum lama ini.

Budiman menganggap, jumlah PNS di lingkungan Pemko Padang yang mencapai 14 ribu lebih, lebih dari cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan atas perannya sebagai aparatur pemerintah. "Melihat jumlah itu, kita ini seharusnya sudah kelebihan pegawai. Tapi faktanya malah pegawai tidak tetap masih ada terus. Kan aneh jadinya," tuturnya.

Tidak ada alasan PNS tidak bekerja maksimal. Bahkan, ia menilai PNS saat ini jauh lebih beruntung lantaran memiliki pendapatan yang cukup layak. “Anda- anda (lurah dan camat, Red) ini beruntung menjadi PNS. Banyak uang masuk ke rekening. Ada tunjuangan ini, itu, dan sebagainya, tapi itu halal. Oleh karenanya harus optimal melayani rakyat,” harapanya.

Budiman meminta agar melakukan pengawasan guna memberdayakan potensi PNS tersebut. Sebab, ada kecenderungan beban kerjan yang dianggap lebih berat bukan PNS setempat yang mengerjakan,tetapi justru diserahkan pada pegawai honor. "Jadi mohon Pak Asisten I untuk memberdayakannya," tandas politisi Partai PKS ini.

Tidak hanya itu, untuk mengawai, Komisi I DPRD Padang diminta mencermati kinerja pemberdayaan PNS di lingkungan Pemko Padang. Pasalnya, masih banyaknya PTT di masing-masing SKPD mengindikasikan kinerja PNS yang belum maksimal.

"Komisi I coba nanti dicermati, benarkah PNS kita yang besar potensinya ini sudah diberdayakan secara optimal. Kita ingin semuanya bekerja maksimal melayani masyarakat," pungkasnya.

Loading...
Editor/Sumber:
Tag: politik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Untuk Pecahkan Rekor Muri Diperingatan Hari Nusantara, 1000 Gandang Tasa Dipersiapkan

Untuk Pecahkan Rekor Muri Diperingatan Hari Nusantara, 1000 Gandang Tasa Dipersiapkan

PARIAMAN - Walikota adakan pertemuan dengan kepala sekolah SD-SMP/MTsN dalam rangka persiapan 1000 lebih Gandang Tasa...

BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi Teken Perjanjian Kerjasama dengan PMPTSP Padang Panjang

BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi Teken Perjanjian Kerjasama dengan PMPTSP Padang Panjang

PADANG PANJANG -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi menyepakati perjanjian...

Gerah Banyaknya Keluhan Masyarakat, Reinier Minta PDAM Carikan Solusi

Gerah Banyaknya Keluhan Masyarakat, Reinier Minta PDAM Carikan Solusi

SOLOK -- Banyaknya laporan dan keluhan masyarakat Kota Solok terkait pelayanan PDAM Kota Solok terhadap pelanggan,...

Polres Mentawai Gelar Perayaan Natal Bersama pada 5 Desember 2019

Polres Mentawai Gelar Perayaan Natal Bersama pada 5 Desember 2019

MENTAWAI -- Menjelang dua hari ke depan, Polres Kepulauan Mentawai bersama TNI dan Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai...

Harga TBS Kelapa Sawit Naik, Petani Di Dharmasraya Kembali Bergairah

Harga TBS Kelapa Sawit Naik, Petani Di Dharmasraya Kembali Bergairah

DHARMASRAYA -- Petani kelapa sawit sangat berbahagia saat ini, karena harga tandan buah segar (TBS) sudah mulai naik...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media