Tuesday, 22 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Solok Selatan

Instruksi Jokowi, Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan Bakal Direvitalisasi

Jumat, 09 Februari 2018 - 22:00:20 WIB - 1897
Instruksi Jokowi, Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan Bakal Direvitalisasi
Kawasan Kampung Adat Saribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat


PADANG - Presiden Joko Widodo menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merevitalisasi Kawasan Kampung Adat Saribu Rumah Gadang yang merupakan kawasan cagar budaya di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).

"Saya ingat betul waktu naik Gunung Kerinci tahun 1983 lewat ke Solok Selatan. Kekaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah. Sebagai bagian dari perawatan kekaguman tersebut, saya pada hari ini mencanangkan revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat," kata Presiden Joko Widodo.

Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi melakukan penandatanganan prasasti didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria.

Presiden juga menugaskan Kementerian PUPR untuk melakukan penataan kawasan pariwisata Nagari Tuo Pariangan di Tanah Datar sebagai Desa Terindah. Keduanya ditargetkan selesai akhir tahun 2018.

Revitalisasi bangunan dan lansekap baru kawasan nantinya akan menambah cantik kawasan tersebut sebagai kawasan cagar budaya dan destinasi wisata.

Kawasan Saribu Rumah Gadang memiliki aset budaya luar biasa. Ada 130 buah rumah gadang yang saling berdempetan satu sama lain dan sebagian sudah berumur ratusan tahun. Saat ini terdapat 40 rumah yang mengalami rusak dan memerlukan penanganan segera.

"Kementerian PUPR sendiri melalui Ditjen Cipta Karya sudah memprogramkan revitalisasi kawasan tersebut. Dalam rencana induk akan dilakukan perbaikan bangunan rumah gadang yang ada, penataan lansekap kawasan, dan pembangunan landmark utama dan peningkatan fasilitas untuk wisatawan," kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki melanjutkan bahwa pemugaran rumah gadang akan melibatkan tukang-tukang tuo yang memiliki keahlian dalam membangun serta membuat ornamen bangunan, seperti ukir-ukiran.

Keahlian ini dalam beberapa waktu belakangan agak memudar, sehingga proyek-proyek pemugaran ini sekaligus akan menjadi workshop/media latihan bagi masyarakat setempat untuk memelihara keberlanjutan tradisi dan keahlian yang unik ini.

Bangunan yang akan dibangun diantaranya gerbang penyambut, panggung, ruang terbuka hijau, toilet, dan area wisata tepi sungai dengan empat menara yang konsepnya diambil dari kisah Empat Raja (Ampek Rajo). Desain keempat menara tersebut akan disayembarakan.

Dengan revitalisasi tersebut menjadi faktor pendorong bagi peningkatan kedatangan wisatawan yang akan meningkatkan perekonomian khususnya di Kabupaten Solok Selatan.

Selain atraksi budaya, Solok Selatan juga memiliki keindahan alam karunia Tuhan dengan adanya Gunung Kerinci.

Gunung api aktif tertinggi di Asia Tenggara ini kini bisa didaki dari Solok Selatan. Dari Kawasan Saribu Rumah Gadang, layer-layer lansekap gunung menjadi latar belakang yang mengagumkan.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki pada acara tersebut, arsitek Yori Antar, Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja dan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan III Sumatera Barat dan Bengkulu Saiful Anwar. (Rino)

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: indonesia,metro,nasional,padang,pariwisata,solok-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Polres Agam Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba, Begini Kronologisnya

Polres Agam Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba, Begini Kronologisnya

AGAM - Satres Narkoba Polres Agam kembali mengamankan terduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan Narkotika Gol I jenis...

SMS adalah Rumah Bersama Hadapi Tantangan Global

SMS adalah Rumah Bersama Hadapi Tantangan Global

JAKARTA -- Santri Motivator School (SMS) menggelar kegiatan bedah buku sekaligus launcing buku santri mendunia di...

Kapolsek Sikabaluan Mentawai Disertijab, Ini Dua PR Besar yang Harus Diselesaikan Kapolsek Baru

Kapolsek Sikabaluan Mentawai Disertijab, Ini Dua PR Besar yang Harus Diselesaikan Kapolsek Baru

MENTAWAI - Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar Serah terima Jabatan Kapolsek Sikabaluan, berlangsung di Halaman...

Wabup Ferizal Ridwan Sentil Perselingkuhan Politisi-Birokrasi, Hingga Plesiran Ratusan ASN

Wabup Ferizal Ridwan Sentil Perselingkuhan Politisi-Birokrasi, Hingga Plesiran Ratusan ASN

LIMAPULUH KOTA - Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, menyentil adanya kesan perselingkuhan antara Politisi...

Diduga Alergi Obat, Badan Siswi di Pariaman ini Melepuh

Diduga Alergi Obat, Badan Siswi di Pariaman ini Melepuh

PARIAMAN -- Diduga akibat alergi obat, Nur Aisiyah siswa kelas VIII 3 MTsM (Madrasah Tsnawiyah Muhammadiyah ) Kurai...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media