Monday, 19 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Pilkada

Emzalmi-Desri dan Mahyeldi-Hendri Resmi Bertarung di Pilwako Padang 2018

Senin, 12 Februari 2018 - 17:50:42 WIB - 257
Emzalmi-Desri dan Mahyeldi-Hendri Resmi Bertarung di Pilwako Padang 2018Pasangan calon Walikota Padang 2018, Emzalmi-Desri dan Mahyeldi-Hendri

PADANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menetapkan pasangan Emzalmi-Desri Ayunda dan Mahyeldi Ansyrullah-Hendri Septa sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang.

Sedangkan pasangan perseorangan Syamsuar Syam-Misliza, gagal mengikuti Pilkada Kota Padang serentak 2018, karena pada rapat pleno terbuka tersebut, pasangan suami-istri itu dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Penetapan Emzalmi-Desri Ayunda dan Mahyeldi Ansharullah itu dilakukan pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang 2018 yang digelar di Kantor KPU Kota Padang, dikutip dari laman Tribun, Senin (12/2/2018).

Pada rapat pleno terbuka itu, turut hadir pasangan Emzalmi-Desri Ayunda beserta pengurus dari 7 partai pendukung, yaitu Golkar, Gerindra, PDI Perjuangan, PPP, PKB, Nasdem dan Demokrat.

Kemudian pasangan yang didukung PKS dan PAN, hanya dihadiri Hendri Septa dan pengurus partai pendukung. Sedangkan Mahyeldi Asharullah yang merupakan calon Walikota petahana tidak hadir pada saat rapat pleno tersebut.

Ketua KPU Kota Padang, Muhammad Sawati mengatakan, kedua pasangan itu ditetapkan sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang, karena berkas persyaratan kedua pasangan tersebut menenuhui syarat.

"Dari hasil penelitian yang kami lakukan beberapa waktu lalu, kedua pasangan calon yang diusung partai politik memenuhui syarat," kata Sawati dalam laporannya yang disampaikannya saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang.

Kemudian untuk pasangan perseorangan Syamsuar Syam-Misliza, sebut Sayuti, tidak disahkan sebagai pasangan calon, karena jumlah dukungannya kurang sebanyak 14.530, meskipun sebelumnya sudah menyerahkan tambahan dukungan sebanyak 33 ribu lebih pada saat mendaftar ulang.

"Pada pendaftaran ulang yang dilakukan pada 1 Februari kemarin, Syamsuar Syam-Misliza telah menyerahkan dukungan tambahan. Namun setelah diminta untuk menghadirkan dukungan tambahan, pasangan tetsebut tidak mampu sehingga tidak kami sahkan," ujarnya.

Harusnya, sebut Sayuti, pasangan Syamsuar Syam-Misliza harus memenuhui syarat dukungan minimal 41.116 jika maju sebagai pasangan calon perseorangan. "Namun karena dukungan yang sah hanya sebanyak 26.586, makanya tidak disahkan," tambah Sayuti.(tb)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/Tribunpadang
Tag: padang,pilkada,politik,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Politisi PDIP Ini Sarankan Pemerintah Berdamai dengan Habib Rizieq, Ini Alasannya

Politisi PDIP Ini Sarankan Pemerintah Berdamai dengan Habib Rizieq, Ini Alasannya

NASIONAL - Kabar kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Indonesia disikapi beragam oleh...

Reses Masa Sidang I, Ketua DPRD Padang Serap Aspirasi Masalah Riol dan Jalan Lingkung di Banuaran

Reses Masa Sidang I, Ketua DPRD Padang Serap Aspirasi Masalah Riol dan Jalan Lingkung di Banuaran

PADANG - Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti menggelar reses masa sidang I tahun 2018 di Masjid Al Quwait, Banuaran...

SMK N 4 Pariaman Fasilitasi Simulasi dan Perakitan Soal UNBK

SMK N 4 Pariaman Fasilitasi Simulasi dan Perakitan Soal UNBK

PARIAMAN - Perakitan soal dan Simulasi UNBK pertama kali di SMK N 4 Pariaman, berlangsung aman dan lancar, Jumat...

Setelah Dikubur 11 Hari, Ternyata Perempuan Brasil Ini Masih Hidup

Setelah Dikubur 11 Hari, Ternyata Perempuan Brasil Ini Masih Hidup

INTERNASIONAL - Perempuan Brasil bernama Rosalina Almeida dos Santos dinyatakan meninggal dalam usia 37 tahun karena...

HPN 2018, Gubernur Sumbar Luncurkan Buku Antologi Puisi Wartawan se-Indonesia

HPN 2018, Gubernur Sumbar Luncurkan Buku Antologi Puisi Wartawan se-Indonesia

PADANG - Salah satu kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 70 Tahun 2018 yang berlangsung dari tanggal 1-9 Februari 2018...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media