Wednesday, 23 May 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Parlemen dan Parpol

Pro Kontra Revisi UU MD3, DPR Bisa Kriminalisasi Pengkritik

Selasa, 13 Februari 2018 - 18:59:46 WIB - 1713
Pro Kontra Revisi UU MD3, DPR Bisa Kriminalisasi Pengkritik
Sidang di gedung DPR RI


Pilwako Kota Padang 2018

NASIONAL - DPR telah mengesahkan revisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD (MD3). Sejumlah pasal dinilai cacat dan oleh karenanya menjadi sorotan publik. Di antaranya terkait pasal-pasal imunitas bagi anggota DPR.

Ketua Fraksi Partai NasDem Johnny G Plate mengungkapkan, revisi UU MD3 membuka peluang terbentuknya oligarki kekuasaan di DPR RI.

"Terbuka peluang tata kelola DPR RI yang tidak memadai di waktu mendatang. Terbuka peluang DPR RI akan semakin dikritisi masyarakat dan citra DPR RI pasti akan lebih memburuk," ucapnya di Kompleks DPR, Selasa (13/2/18).

Peluang oligarki itu, menurut Johnny, ada di Pasal 245 UU MD3 hasil revisi. Di sana disebutkan, pemanggilan dan permintaan keterangan kepada anggota DPR sehubungan dengan terjadinya tindak pidana yang tidak sehubungan dengan pelaksanaan tugas terlebih dahulu mendapatkan pertimbangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) sebelum mendapatkan persetujuan Presiden bagi aparat hukum.

Padahal, dalam putusan Nomor 76/PUU-XII/2014, Mahkamah Konstitusi telah membatalkan kausul izin MKD bagi Anggota DPR yang dipanggil, permintaan keterangan oleh penegak hukum terkait tidak pidana hanya perlu dengan persetujuan Presiden.

Demikian juga dalam pasal 122. Dalam pasal tersebut MKD diberikan kewenangan oleh DPR untuk mengambil langkah hukum kepada orang, kelompok atau badan hukum yang merendahkan kehormatan DPR dan anggota DPR.

Bagi NasDem, pasal-pasal tersebut sangat bertolak belakang dengan semangat DPR dalam upaya mewujudkan parlemen yang modern dan demokratis. Menurut Johnny, pasal ini bisa ditafsirkan secara keliru oleh publik bahwa DPR akan menjadi lembaga yang anti kritik.

"Secara tegas kami Fraksi NasDem menolak secara utuh revisi UU MD3 ini. Kami tidak melihat secara parsial. Apalagi dengan adanya pasal ini terkesan oleh publik bisa digunakan payung bagi anggota DPR untuk memproteksi diri, lari dari tanggung jawab, atau untuk menutup kritik dari publik," tambahnya.

Dalam hematnya, hak imunitas bagi anggota DPR sejatinya adalah hal yang wajar selama digunakan untuk tujuan-tujuan sebagaimana yang diatur sesuai dengan undang-undang. Hak imunitas bukan untuk membendung demokrasi apalagi mempidanakan warga yang menyampaikan aspirasi atau kritik kepada DPR.

"Pasal-pasal ini bisa mencederai mandat (kepercayaan) rakyat kepada DPR sebagai pembuat undang-undang dan menodai demokrasi kita," pungkasnya. (ND)

Editor/Sumber: Romeo
Tag: indonesia,legislator,metro,nasional,politik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Inilah Potensi Penyebab Kanker Melanoma yang Merenggut Nyawa Menantu Hatta Rajasa

Inilah Potensi Penyebab Kanker Melanoma yang Merenggut Nyawa Menantu Hatta Rajasa

KESEHATAN - Salah satu penyebab penyakit kanker kulit yang membuat menantu politikus Hatta Rajasa, Adara Taista...

Terungkap, Ini Alasaan Mantan PM Najib Razak ke Indonesia Setelah Pemilu Malaysia

Terungkap, Ini Alasaan Mantan PM Najib Razak ke Indonesia Setelah Pemilu Malaysia

INTERNASIONAL - Mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak mengaku bahwa ia hanya ingin rehat dan menikmati liburan...

Lewat Sosialisasi BKB HI, Padang Siap Atasi Permasalahan Kekurangan Gizi pada Balita

Lewat Sosialisasi BKB HI, Padang Siap Atasi Permasalahan Kekurangan Gizi pada Balita

PADANG - Permasalahan kekurangan gizi secara nasional saat ini diakui masih terbilang cukup tinggi yang terlihat dari...

Jamu Perdana Menteri Cina, Ini Kata Presiden Jokowi

Jamu Perdana Menteri Cina, Ini Kata Presiden Jokowi

NASIONAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan Perdana Menteri (PM) Cina Li Keqiang di Istana...

Apa yang Terjadi Ketika Kita Melakukan Perawatan Facial?

Apa yang Terjadi Ketika Kita Melakukan Perawatan Facial?

KESEHATAN - Setiap wanita memiliki kegiatan tersendiri sebagai cara rekreasi bagi dirinya. Ada yang memilih berbelanja,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
minangkabaunews social media