Tuesday, 25 Sep 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman barat

Bupati Pasaman Barat Syahiran: Musrenbang Harus Tampung Aspirasi dari Bawah

Senin, 19 Februari 2018 - 21:19:52 WIB - 320
Bupati Pasaman Barat Syahiran: Musrenbang Harus Tampung Aspirasi dari Bawah
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat


PASAMAN BARAT - Bupati Pasaman Barat Syahiran mengintruksikan kepada seluruh walinagari yang ada di Pasbar agar menyerap aspirasi masyarakat ketika Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) kecamatan. Sehingga pembangunan bisa merata yang dimulai dengan pembangunan dari bawah.

"Walinagari ketika Musrembang harus mengikuti, mendengarkan apa-apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena, pembangunan ketika dimulai dari bawah akan terasa manfaatnya oleh masyarakat. Apalagi, dengan adanya ADD dan ADN. Banyak yang bisa dibangun oleh nagari seperti jalan tani, irigasi kecil, jalan lingkung yang semuanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan ada dana untuk itu," jelas Syahiran, Senin (19/2) ketika membuka Musrembang Kecamatan Pasaman di kantor camat Pasaman.

Ia menambahkan, Musrembang kecamatan tahun 2018 merupakan tahapan awal perencanaan dan penganggaran daerah tahun 2019 berupa penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2019. Pada Musrembang kecamatan akan dihimpun usulan kegiatan hasil Murembang nagari, dipilah berdasarkan prioritas kabupaten dan diurutkan berdasarkan kesepakatan bersama pada forum Musrembang kecamatan.

"Pada Musremabng kecamatan juga dimungkinkan untuk melakukan penambahan usulan yang dianggab prioritas dan disepakati bersama,"tandas Syahiran.

Berpedoman kepada visi dan misi Pemerintah Kabupaten Pasbar tahun 2016-2021 yaitu mewujudkan Pasbar yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera, bermartabat serta berwawasan lingkungan. Maka arah kebijakan pembangunan Kabupaten Pasbar tahun 2019 masih fokus pada pembangunan indrastruktur, terutama infrastruktur daerah tertinggal, infrastruktur pendukung penyelenggaraan Porprov 2020 serta beberapa infrastruktur startegis lainnya.

"Kepada camat saya pesankan agar mengawal pelaksanaan Musrembang kecamatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga diperoleh usulan program dan kegiatan yang sesuai dengan ketentuan dan terurut berdasarkan prioritas yang disepakati. Penyepakatan prioritas hendaknya mempertimbangkan tingkat urgensi kegiatan dan jumlah masyarakat penerima manfaat kegiatan," kata Syahiran.

Selain itu, lanjut Syahiran kepada kepala OPD agar mengawal pelaksanaan Musrembang kecamatan sehingga usulan Musrembang kecamatan sesuai dengan kewenangan OPD. Kepala OPD juga meningkatkan koordinasi dengan pemerintah atasn dalam rangka mencari sumber pendanaan untuk pembiayaan usulan program dan kegiatan OPD sehingga usulan yang telah disepakati dapat dibiayai dengan APBD kabupaten, APBD provinsi ataupun melalui APBN. (Andrizal)


Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/Osniwati
Tag: daerah,pasaman-barat,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Timses Prabowo Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris, Begini Reaksi Kubu Jokowi

Timses Prabowo Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris, Begini Reaksi Kubu Jokowi

POLITIK - Koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengusulkan perubahan format debat capres 2019 agar kandidat bicara...

Bocah Penderita Tumor Leher di Pariaman Ini Akhirnya Dapat Berobat Menggunakan BPJS

Bocah Penderita Tumor Leher di Pariaman Ini Akhirnya Dapat Berobat Menggunakan BPJS

PARIAMAN - Seorang siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Rambai Kecamatan Pariaman Selatan, Kota...

Gerimis Tak Surutkan Semangat Ribuan Peserta di Pasaman Ikuti Jalan Sehat Haornas 2018

Gerimis Tak Surutkan Semangat Ribuan Peserta di Pasaman Ikuti Jalan Sehat Haornas 2018

PASAMAN -- Partai Golkar Pasaman menggelar Jalan Sehat dan Senam Aerobic bersama Anggota DPR RI, John Kennedy Azis dan...

Genius Umar Paparkan Smart City pada Semnas Alumni STAR

Genius Umar Paparkan Smart City pada Semnas Alumni STAR

PARIAMAN -- Wakil Walikota Pariaman Genius Umar menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Alumni State Acountability...

Capaian Imunisasi MR di Padang Telah Cakup 22,7 Persen

Capaian Imunisasi MR di Padang Telah Cakup 22,7 Persen

PADANG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang terus dongkrak target pencapaian cakupan imunisasi Measles Rubella (MR)...


KOMENTAR ANDA



Polling Capres cawapres 2019-2024 kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media