Tuesday, 22 Jan 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Seni Budaya

Membangun Kembali Iklim Kesenian, Taman Budaya Sumbar Gelar Apresiasi Seni untuk Sekolah

Minggu, 25 Februari 2018 - 06:27:44 WIB - 1156
Membangun Kembali Iklim Kesenian, Taman Budaya Sumbar Gelar Apresiasi Seni untuk Sekolah
Pagelaran Apresiasi Seni 2018 Untuk Sekolah #1, di Taman Budaya Sumbar, Kota Padang, Sabtu, (24/2/2018)


PADANG - Sabtu, (24/2/2018), pukul 16.00 sd 18.00 WIB, bertempat di Ruang Chairil Anwar, Taman Budaya, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) digelar program "Pagelaran Apresiasi Seni 2018 Untuk Sekolah #1".

Ruang Chairil Anwar yang biasa disebut juga sebagai rumah bulat tersebut disesaki penonton serta puluhan siswa dari Kota Padang dan belasan siswa dari SMA N 1 Lubuk Alung. Tampil pada kesempatan perdana ini kelompok seni SMA Negeri 3 Padang, SMA Negeri 2 Padang dan SMA N 6 Padang.

Kegiatan yang juga dihadiri beberapa seniman dan budayawan, kepala sekolah, waka kesiswaan serta guru-guru kesenian ini dibuka oleh kepala Taman Budaya Sumbar, Drs. Muasri.

Dalam sambutannya, Muasri mengatakan program pagelaran apresiasi seni ini merupakan wujud kepedulian Taman Budaya untuk kembali membangun iklim apresiasi kesenian di Sumatera Barat sejak dari bangku sekolah.

"Itulah sebabnya, mulai tahun ini Taman Budaya melalui kerja kuratorial yang diserahkan kepada seniman, akan menyasar sekolah-sekolah yang berprestasi di bidang seni untuk diprogramkan tampil pada kegiatan ini," kata Muasri.

"Membangun kegiatan seni pertunjukan di sekolah merupakan dari bagian pendidikan kepribadian, melatih kreativitas, melatih kerjasama dan tentu saja secara perlahan akan menghidupkan kembali gairah serta iklim kesenian yang berkesinambungan di Sumatera Barat," ujarnya.

"Jika kepala-kepala sekolah dan guru-guru seni budaya pada semua sekolah sependapat untuk menumbuhkankembangkan kegiatan seni budaya di sekolah, khususnya pada jam-jam pengembangan diri, maka Taman Budaya sebagai fasilitator akan memberikan ruang seluas-luasnya untuk mengapresiasi kerja-kerja seni terbaik di sekolah-sekolah tersebut. Salah satunya dengan ketersedian program pagelaran apresiasi seni untuk sekolah ini," lanjutnya.

Pertunjukan

SMA Negeri 6 Padang tampil perdana dengan membawakan satu nomor Tari Piring kreasi. Tari piring kreasi yang dibawakan oleh 6 (enam) siswa ini menceritan tentang luapan kegembiraan serta rasa syukur penyelenggaran alek nagari masyarakat di Minangkabau pasca panen.

Pertunjukan kedua, dibawakan oleh siswa dari SMA N 3 Padang yang membawakan satu nomor tari kreasi yang berjudul Tari Batang Baurek. Tari kreasi ini menceritakan perubahan pola berpakaian anak-anak gadis Minang yang dulunya memakai kodek, namun kini mengenal kodekpun mereka tidak. Hal ini secara tidak langsung akan mengikis nilai-nilai yang diajarkan oleh tetuo di masa lampau.

SMA N 2 Padang menyusul dengan membawakan pertunjukan baca dan musikalisasi puisi. Kemudian berturut-turut ketiga sekolah tersebut menampilkan nomor-nomor pertunjukan yang berbasis seni tradisi.

SMA 3 Padang membawakan pertunjukan randai dengan judul Palito Alam serta komposisi musik tradisi. Tidak mau ketinggalan, SMA N 6 dan SMA Negeri 2 juga membawakan komposisi musik tradisi dan tari payung.

Penonton yang sebagian besar merupakan siswa solah memang terlihat begitu antusias dan bertahan hingga seluruh pertunjukan selesai menjelang Magrib.

Pagelaran apresiasi seni untuk sekolah berikutnya akan berlangsung pada hari Sabtu, 10 Maret 2018 dengan menghadirkan kelompok seni dari SMA Negeri 1 Lubuk Alung, MAN 2 Padang serta SMP Pertiwi 2 Padang. (tbsb)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: padang,pendidikan,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kanstin Jalan di Padang Nyaris Makan Korban, Masyarakat Minta Perhatian Dishub

Kanstin Jalan di Padang Nyaris Makan Korban, Masyarakat Minta Perhatian Dishub

PADANG - Peningkatan volume kendaraan kian hari kian bertambah secara signifikan, hal ini cukup terasa di ruas jalan...

Tumpukan Material Tewaskan Seorang Pengendara, Ini Penjelasan Kasat Lantas Polres Tanah Datar

Tumpukan Material Tewaskan Seorang Pengendara, Ini Penjelasan Kasat Lantas Polres Tanah Datar

TANAH DATAR -- Kecelakaan maut terjadi di Jorong Tigo Tumpuk, Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo Utara, Tanah Datar....

Kesurupan Massal, Siswa SMPN 2 Batusangkar Terpaksa Dipulangkan

Kesurupan Massal, Siswa SMPN 2 Batusangkar Terpaksa Dipulangkan

TANAH DATAR - Puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Batusangkar mengalami kesurupan massal. Peristiwa...

Piala Adipura Diarak ke Silaut, Bupati Passel Sampaikan Hal Ini

Piala Adipura Diarak ke Silaut, Bupati Passel Sampaikan Hal Ini

PESSEL - Kabupaten Pesisir Selatan raih Piala Adipura dua kali berturut-turut, Pemkab Setempat rayakan dengan melakukan...

Inilah Dua Tanggung Jawab Besar Kader Muhammadiyah Menurut Tokoh Muhammadiyah Darul Siska

Inilah Dua Tanggung Jawab Besar Kader Muhammadiyah Menurut Tokoh Muhammadiyah Darul Siska

TANAH DATAR -- Muhammadiyah adalah organisasi masyarakat yang paling berpengaruh di Sumatera Barat. Namun di balik itu...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media