Friday, 19 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Olahraga

Berjalan Ketat, Dovizioso Juara MotoGP Qatar, Disusul Marquez dan Rossi

Senin, 19 Maret 2018 - 06:08:30 WIB - 574
Berjalan Ketat, Dovizioso Juara MotoGP Qatar, Disusul Marquez dan Rossi
Andrea Dovizioso (Ducati) / Foto: Istimewa


MOTO GP - Andrea Dovizioso menunjukkan penampilan mengesankan untuk memenangi MotoGP Qatar yang berjalan ketat. Dia mengungguli Marc Marquez dan Valentino Rossi di posisi dua-tiga.

Dovizioso mengawali balapan perdana musim ini di sirkuit Losail, Minggu (18/3/2018) malam WIB dari posisi yang kurang ideal: posisi lima. Dia bahkan sempat turun ke urutan tujuh selepas start.

Namun perlahan-lahan dia memperbaiki posisi, hingga kemudian merebut posisi terdepan dari tangan Johann Zarco di putaran ke-18. Zarco yang mempertahankan posisi terdepan sejak start, malah kemudian anjlok dan harus finis di tempat ke-8.

Marc Marquez harus puas finis runner-up, meski terus memberikan tekanan kepada pebalap terdepan. Dia bahkan mencoba melewati Dovizioso di tikungan terakhir, namun gagal.

Rossi sukses naik podium ketiga, meski harus start dari posisi delapan. Alex Rins jadi pebalap pertama yang terjatuh, disusul Jorge Lorenzo.

Jalannya Balapan

Selepas start, Johann Zarco melesat dan mempertahankan posisi terdepan di bawah tekanan Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Valentino Rossi langsung naik ke posisi lima, kemudian melewati Cal Crutchlow untuk merebut tempat keempat.

Marquez sempat merebut posisi terdepan di lap pertama, tapi kembali disalip Zarco saat masuk tikungan pertama. Marquez dan Pedrosa menyusul, 10 besar dilengkapi oleh Rossi, Danilo Petrucci, Crutchlow, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, Alex Rins, dan Jack Miller.

Di putaran ketiga, Rossi melewati Pedrosa untuk merebut posisi tiga. Marquez masih terus menempel Zarco di depan, sementara Pedrosa selanjutnya dalam tekanan Petrucci. Di lap berikutnya, Pedrosa dilewati oleh Petrucci.

Dovizioso naik ke posisi enam di putaran kelima, sementara Pedrosa terus turun, kini ada di tempat ketujuh. Pedrosa pada prosesnya disalip Alex Rins. Sementara Maverick Vinales masih tertahan di posisi 13 sampai titik ini.

Rossi naik ke posisi dua usai melewati Marquez di lap keenam. Marquez selanjutnya ada dalam tekanan Petrucci, yang bahkan sempat melewatinya di putaran yang sama.

Dovizioso melesat di putaran kedelapan dan melewati dua pebalap sekaligus, Crutchlow dan Petrucci, untuk merebut posisi empat. Zarco masih tangguh di depan di bawah tekanan Rossi. Rins ada di posisi tujuh, disusul Pedrosa, Jack Miller, dan Andrea Iannone. Lorenzo pada titik ini ada di urutan 11, diikuti Vinales.

Rossi kembali mencoba melewati Zarco di putaran ke-11, tapi Zarco melakukan late braking untuk menjaga posisinya. Rossi malah kemudian sedikit melebar dan dilewati Marquez. Tak lama berselang, Dovizioso merebut posisi tiga dari Rossi, dilanjutkan dengan menyalip Marquez di trek lurus sebelum tikungan pertama.

Rins jadi pebalap pertama yang terjatuh, saat balapan memasuki putaran ke-13. Tak lama kemudian Lorenzo juga crash. Belum ada perubahan di posisi terdepan, Zarco memimpin, disusul Dovizioso, Marquez, Rossi, dan Crutclow.

Di putaran ke-14, Marquez melewati Dovizioso. Tapi itu juga tak berlangsung lama karena di putaran berikutnya, Dovizioso kembali mendapatkan posisi dua. Zarco masih belum tersentuh di depan. Rossi di posisi empat masih terus ditekan Crutchlow, sementara Petrucci ada di tempat keenam disusul Pedrosa, Iannone, Vinales, dan Miller.

Zarco masih menjaga posisi pertama di putaran ke-16, disusul Dovizioso dan Marquez. Rossi mulai mengintip peluang melewati Marquez, sementara Pedrosa naik ke urutan enam usai melewati Petrucci.

Di putaran ke-18, Dovizioso memanfaatkan slipstream untuk melewati Zarco. Marquez yang menguntit Dovizioso juga sukses melewati Zarco yang kini harus turun ke posisi tiga. Tak lama berselang, Rossi merebut tempat ketiga dari Zarco.

Empat putaran tersisa, Dovizioso mulai membuka jarak dengan Marquez di posisi dua. Rossi di posisi tiga juga mulai menjauh dari Crutchlow. Zarco kini di urutan lima, disusul Petrucci, Pedrosa, Vinales, Miller, dan Iannone di 10 besar.

Tiga pebalap terdepan relatif jauh dari rombongan berikutnya pada dua putaran terakhir. Zarco malah kini turun ke posisi tujuh, usai dilewati Petrucci dan Vinales.

Di putaran terakhir, Marquez terus memangkas jarak dengan Dovizioso di depan dan melakukan manuver di tikungan terakhir. Tapi Dovizioso dengan tenang menunggu Marquez sedikit melebar, lalu mengambil jalur dalam.

Dovizioso sukses menjaga posisi terdepan, Marquez finis kedua. Rossi yang start dari posisi delapan berhasil mengamankan tempat ketiga. Di belakang mereka adalah Crutchlow, Petrucci, Vinales, Pedrosa, Zarco, Iannone, Miller, Rabat, Morbidelli, Bautista, Syahrin, Abraham, Luthi, Nakagami, Smith, A.Espargaro, Redding, Simeon. (dt)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/Detik.com
Tag: internasional,sport

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Di TPS Walikota Pariaman Mencoblos, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Menang Telak

Di TPS Walikota Pariaman Mencoblos, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Menang Telak

PARIAMAN - Pasangan Calon Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang telak di TPS 02 Kelurahan Kampung Jawa II...

859 Orang Calon Maba IAIN Batusangkar Lulus SPAN PTKIN

859 Orang Calon Maba IAIN Batusangkar Lulus SPAN PTKIN

...

Lanjutkan Program, Saedar Siti ke Rumah Nan Tumpah Pada 6 April 2019

Lanjutkan Program, Saedar Siti ke Rumah Nan Tumpah Pada 6 April 2019

PADANG PARIAMAN - Melanjutkan beberapa program tahun ini yang sudah berjalan, Komunitas Seni Nan Tumpah akan...

Hari Jadi Persit Kartika ke-73, Ny. Bulan Edi S. Harahap Bagi-Bagi Sembako

Hari Jadi Persit Kartika ke-73, Ny. Bulan Edi S. Harahap Bagi-Bagi Sembako

TANAH DATAR - Peringati hari jadi Persit Kartika Candra Kirana (Persit KCK) ke-73 Tahun 2019, Persatuan Isteri Tentara...

Muhammadiyah Berduka, Kakak Ketua MUI Pusat Yunahar Ilyas Meninggal Dunia

Muhammadiyah Berduka, Kakak Ketua MUI Pusat Yunahar Ilyas Meninggal Dunia

PADANG - Kabar duka datang dari Anggota Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Dr. H. Suhairy Ilyas yang juga kakak dari Ketua...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media