Saturday, 19 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Metro

Pemko Padang Siaga Banjir

Sabtu, 03 Desember 2011 - 15:21:41 WIB - 1141
Pemko Padang Siaga Banjir


Padang, MinangkabauNews -- Pemerintah Kota Padang mulai bersiaga untuk menghadapi bencana banjir menyusul tingginya curah hujan belakangan ini.

"Untuk mengantisipasi banjir memang sudah ada posko kita buat,tapi hari ini, kita akan menggelar rapat kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Air tergenang ini memang luarbiasa,seperti hujan kemarin saja air sudah tergenang di mana- mana,inilah yang harus segera kita antisipasi," ujar Walikota Padang H. Fauzi Bahar di Padang.

Fauzi menyebutkan, banjir harus diantisipasi dini, karena tidak hanya sekadar menyangkut korban, tetapi genangan air juga akan menimbulkan kemacetan lalu lintas. "Untuk itu, maka saya minta agar penggalian parit itu bisa lebih efektif dan lebih baik,serta jangan dilakukan secara asal-asalan. Di Padang Perjuangan sudah kita lakukan penggalian parit untuk mengantisipasi tingginya curah hujan," jelas Fauzi.

Wakil DPRD Kota Padang, Budiman S.Ag, sebelumnya menyebutkan pembangunan untuk mengatasi ancaman banjir di Medan seharusnya dilakukan secara komprehensif. Pemko Padang harus bergandengan dengan Pemerintah Provinsi Sumbar dan Pemerintah Pusat. Sebab, Sungai Batang Arau dan Sungai Batanghari merupakan kewenangan Pemprov Sumbar juga pemerintah pusat.

Kata Budiman,upaya yang harus dilakukan adalah menghijaukan wilayah hulu serta normalisasi Sungai Deli. Setidaknya di kedua sungai tersebut harus terbebas dari sampah, sehingga aliran air menjadi lancar. "Banjir itu terjadi prinsipnya karena air di hulu yang bertambah dan tidak tertampung lagi, itu terjadi karena adanya penggundulan hutan,sehingga harus dilakukan reboisasi di daerah hulu," jelas Budiman.

Apalagi kata Budi, saat ini kawasan hulu Sungai Batang Arau membutuhkan 7.000 hektare kawasan yang ditanami kembali. Sebab, dalam UU Tata Ruang,hutan di satu daerah harus 30%,sedangkan di hulu Sungai Batang Arau dan Batang Hari masih berkisar 6%. "Yang terpenting itu sekarang adalah reboisasi lagi di hulu, paling tidak harus ada 7.000 hektare lagi hutan di hulu Sungai Deli,”jelas Budiman. Menurut dia, Sumbar bisa mencontoh Jepang.

Di Negeri Sakura itu,hutan sudah mencapai 70%. Banyaknya pohon tidak hanya membuat negara itu semakin terlihat indah melainkan juga untuk dapat menjadi resapan air sehingga dapat mengurangi debit air di kala curah hujan tinggi. Pemko Padang, kata Budiman, tentu sangat ingin memberikan kontribusi untuk melakukan reboisasi ini, apalagi 78 persen wilayah Padang itu berada di aliran Sungai Batang Arau.

"Kita sudah mengusulkan solusi untuk menangani banjir ini kepada Pemko Padang.Kami juga sudah memaparkannya ke Pemerintah Sumbar. Dan,Padang melalui Pak Wali Kota sudah sepakat untuk melakukan normalisasi kedua sungai besar tersebut juga bersedia untuk melakukan pembebasan rumah penduduk di wilayah pinggiran sungai," jelas Budiman.

Editor/Sumber:
Tag: metro

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Polisi Kembali Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba di Pasbar

Polisi Kembali Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba di Pasbar

PASAMAN BARAT - Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pasaman Barat ciduk seorang tersangka penyalahgunaan...

Balai Bahasa Sumatra Barat Gelar Penyuluhan Penggunaan Bahasa Media Indonesia di Tanah Datar

Balai Bahasa Sumatra Barat Gelar Penyuluhan Penggunaan Bahasa Media Indonesia di Tanah Datar

TANAH DATAR -- Penyuluhan penggunaan bahasa media Indonesia yang diselenggarakan Balai Bahasa Sumatra Barat dibuka...

Kreatif, Pasutri di Bukittinggi Daur Ulang Rongsokan Tembaga Menjadi Aksesoris

Kreatif, Pasutri di Bukittinggi Daur Ulang Rongsokan Tembaga Menjadi Aksesoris

BUKITTINGGI -- Pasangan suami isteri, Jafril sutan Bandaro usia 60 tahun dan Ernawati usia 54 tahun, pengrajin pembuat...

HKGB ke - 67 tahun 2019, Polres Bersama Bhayangkari Mentawai Lakukan Anjangsana dan Bhakti Sosial

HKGB ke - 67 tahun 2019, Polres Bersama Bhayangkari Mentawai Lakukan Anjangsana dan Bhakti Sosial

MENTAWAI - Kapolres Kepulauan Mentawai didampingi istri selaku ketua Bhayangkari Ny Rakhma Dody Prawiranegara beserta...

Kegiatan MBR PDAM Padang Pariaman 2019 Selesai Tepat Waktu

Kegiatan MBR PDAM Padang Pariaman 2019 Selesai Tepat Waktu

PADANG PARIAMAN -- Pelaksanaan kegiatan dengan penerima manfaat masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) PDAM Padang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media