Thursday, 09 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pendidikan

UMSB Gandeng UAD Gelar Workshop Kehumasan dan Forum Jurnalis

Jumat, 23 Maret 2018 - 00:31:24 WIB - 704
UMSB Gandeng UAD Gelar Workshop Kehumasan dan Forum Jurnalis
UMSB gelar pertemuan kedinasan dan bentuk forum jurnalis, kamis (22/3).


PADANG - Universitas Muhammadiyah Sumbar menggelar Workshop Kehumasan dan pembentukan forum wartawan UMSB bersama Dr. Hadi Suyono dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Aula UMSB Sumbar, Rabu, (21/3/2018).

Dekan Fakultas Pariwisata UMSB M. Abdi mengatakan Berawal dari kunjungan rombongan dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pada bulan Februari 2018 ke kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) di Kota Padang dan Kota Bukittinggi selama 5 hari, sekaligus press tour denga sejumlah awak media cetak dan elektronik yang berada di Yogyakarta. yang dikomandoi kepala bagian humas UAD, Dr.Hadi Suyono.

Maka dari itu diadakan pertemuan dengan pihak akademisi di UMSB dengan rektor serta wakil rektor 1 dan 2, serta dekan mengadakan Workshop kehumasan melibatkan seluruh dekan pada fakultas-fakultas UMSB dan sekaligus pembentukan forum wartawan UMSB mendatangkan narasumber kepala bagian humas UAD, Dr.Hadi Suyono,S.Psi, M.Si, Rabu kemaren (21/3) di lantai 2 kampus UMSB di Kota Padang. Workshop itu diikuti seluruh dekan fakultas dan dosen serta rekan-rekan jurnalistik dari beberapa media.

Dekan Fakultas Pariwisata UMSB, Muhammad Abdi, juga menjelaskan dari hasil kunjungan tersebut, UMSB ingin mempelajari membuat bidang kehumasan di kampus, diakuinya memang selama ini bidang kehumasan belum maksimal berjalannya.

Abdi mengatakan diadakannya workshop ini, agar semua fakultas mempunyai bidang kehumasan yang dapat bersinergi dengan wartawan dan media yang akan menjadi bagian kekeluargaan UMSB, dalam hal ini nantinya bersama untuk memajukan institusi pendidikan perguruan tinggi.

Sementara itu rektor UMSB, Dra.Novelti.M.Hum mengatakan, mengapresiasi kegiatan workshop ini, karena dapat menunjang kegiatan-kegiatan dalam bentuk tulis menulis dikalangan dosen maupun mahasiswa. Bidang kehumasan memang sangat diperlukan, apalagi dapat bersinergi dengan jurnalistik, sehingga diharapkan dosen dan mahasiswa bisa menyampaikan inspirasi secara tulisan yang akan dimuat pada media.

Publik dapat membaca secara langsung tentang ilmu sains yang ditulis dosen dalam artikel maupun rublik yang dipublikasikan memalui media cetak dan cyber, dan juga tentang keberadaan kegiatan-kegiatan 4 kampus yang terletak di Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh, serta kegiatan mahasiswa dari 9 fakultas dan 1 pascasarjana.

Sementara itu Hadi Suyono yang juga dosen psiokologi, menjelaskan di UAD sendiri memang dibentuk forum wartawan UAD, yang berhubungan langsung dengan bidang kehumasan untuk bersama menjadi satu keluarga di institusi pendidikan perguruan tinggi. Diakui Hadi Suyono, "Tanpa adanya wartawan yang mempublikasikan untuk medianya, tidak artinya kita semua".

Ditambahkan keterangannya, pihak kampus UAD terbuka untuk wartawan yang ingin konfirmasi dengan jajaran yang ada di kampus, seperti rektor serta jajarannya guna penulisan-penulisan memajukan institusi pendidikan perguruan tinggi, seperti artikel, rublik dan informasi-infromasi lainnya. Pihak kampus sendiri dalam kerjasama dengan wartawan dan medianya, pungkas Hadi Suyono.

Sekretaris BPH UMSB Bachtiar menjelaskan selama 2 tahun dilakukan pembenahan secara signitifikan, kini Sumber Daya Manusia di UMSB sudah mulai bergerak dengan tenaga pendidik dosen sebanyak 164 orang, sedangkan yang terdaftar sebagai ASN sebanyak 34 orang dan selebihnya non ASN atau dosen perserikatan yang di SK an oleh badan pembina harian. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

HOAKS: Pasien Positif Corona di Padang Pariaman Keluar Rumah

HOAKS: Pasien Positif Corona di Padang Pariaman Keluar Rumah

PADANG PARIAMAN - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman Yutriadi Rivai adakan jumpa pers bersama seluruh...

Peduli Sesama Situasi Covid-19, Maruh Saerejen Sumbangkan Gaji Sebulan

Peduli Sesama Situasi Covid-19, Maruh Saerejen Sumbangkan Gaji Sebulan

MENTAWAI - Di tengah penyebaran wabah Covid-19 yang sempat lumpuhkan ekonomi khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai...

Cegah Covid-19, Team PB Dan Karang Taruna Desa Tuapejat Lakukan Penyemprotan

Cegah Covid-19, Team PB Dan Karang Taruna Desa Tuapejat Lakukan Penyemprotan

MENTAWAI - Mencegah meluas penyebaran Virus Corona, Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara lakukan penyemprotan...

Cegah Penularan Corona, 97 Napi Lapas Klas IIB Pariaman Dibebaskan

Cegah Penularan Corona, 97 Napi Lapas Klas IIB Pariaman Dibebaskan

PARIAMAN -- Sedikitnya 97 orang Narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) klas IIB Pariaman akan mengirup udara...

Masyarakat Sumatera Barat Harus Bersatu Melawan Virus Corona

Masyarakat Sumatera Barat Harus Bersatu Melawan Virus Corona

Oleh: Genius Umar Covid-19 merupakan pendemi dan musuh kita bersama. Covid-19 tidak hanya menguji sistem kesehatan,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu