Saturday, 15 Aug 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Metro

Padang Siap Jadi Kota layak Anak

Selasa, 06 Desember 2011 - 20:09:31 WIB - 1134
Padang Siap Jadi Kota layak Anak


Padang, MinangkabauNews -- Berbicara tentang perlindungan anak berarti berbicara masalah masa depan. Masa depan anak tergantung pada upaya-upaya yang dilakukan hari ini. Ketika anak sudah tidak terlindungi, berarti anak sangat mudah terpengaruh oleh dampak negatif lingkungan.

Perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusian serta sesuai dengan harkat dan martabat kemanusian serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP saat membuka acara Diskusi Panel Pembuatan Naskah Akademis Ranperda Kota Padang tentang Perlindungan Anak dan Sarasehan Hasil Pendataan Keluarga 2011 di Ruang Sidang Balaikota, Selasa (6/12).

Dia mengatakan, sosialisasi Undang-undang perlindungan anak tersebut memang sengaja diberikan pertama kali pada pendidik atau dalam hal ini Kepala Sekolah. Diaharapkan mereka dapat memberikan pnyuluhan dan arahan tentang Undang-undang tersebut pada semua kalangan. Dengan demikian, dalam didikannya para guru tidak menyertakan kekerasan dalam mendidik.

Mahyeldi mengatakan relevansi antara undang-undang perlindungan anak terhadap kota layak anak sangat bersinergi. "Dengan diterapkan undang-undang tersebut, maka hak anak dapat terlindungi oleh payung hukum yang jelas. Sehingga Depok sebagai kota yang layak anak bisa terwujud, " ujar Mahyeldi.

Ia menambahkan hingga saat ini, persiapan Padang sebagai kota layak anak tengah dilakukan. Salah satunya dengan membuat program-program, di antaranya peningkatan fasilitas dan fasum-fasum yang dibutuhkan anak. Mahyeldi juga menargetkan bahwa Kota Padang bebas dari anak jalanan mulai tahun 2012. Saya berharap, anak-anak terlantar tidak ditemukan lagi di Padang. Dinas terkait seperti Disnakersos dan Satpol PP harus bekerja keras dan membina anak-anak tersebut.

Mahyeldi juga mengatakan sosialisasi undang-undang perlindungan anak tersebut juga merupakan salah satu cara mewujudkan Depok sebagai kota layak anak. Untuk menjadi kota layak anak, diperlukan peran serta dan kerjasama baik dari orangtua, murid serta guru. Mereka diharapkan dapat memenuhi hak anak serta memberikan sikap dan teladan yang baik.

"Anak-anak tentu memiliki hak-hak yang harus dilindungi seperti mendapat perlindungan dan perlakuan dari diskriminasi, eksploitasi baik ekonomi maupun seksuial, penelantaran, penganiayaan serta kekerasan. Selain itu terdapat pula hak-hak anak yang tertuang dalam Undang-Undang Perlindungan Anak No 23 Tahun 2002,"

Editor/Sumber:
Tag: metro

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Berikut Daftar 11 Pemain dari TC Timnas U-19 yang Dicoret Shin Tae-yong

Berikut Daftar 11 Pemain dari TC Timnas U-19 yang Dicoret Shin Tae-yong

BOLA - Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong, memulangkan 11 pemain dari pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia...

Emak-Emak Caruik Pungkang Wali Kota Padang MINTA MAAF

Emak-Emak Caruik Pungkang Wali Kota Padang MINTA MAAF

PADANG -- Seorang emak-emak bernama Emi, PKL yang bacaruik pungkang saat ditegur Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah...

Hari Pertama Belajar Tatap Muka, MAN 2 Solok Selatan Terapkan Protokol Kesehatan secara Ketat

Hari Pertama Belajar Tatap Muka, MAN 2 Solok Selatan Terapkan Protokol Kesehatan secara Ketat

SOLOK SELATAN -- Hari pertama pelaksanaan belajar mengajar secara tatap muka, MAN 2 Solok Selatan terapkan protokol...

Pemerintah Bakal Beri Rp 2,4 Juta untuk Pekerja Bergaji di Bawah Rp 5 Juta, Mungkinkah?

Pemerintah Bakal Beri Rp 2,4 Juta untuk Pekerja Bergaji di Bawah Rp 5 Juta, Mungkinkah?

NASIONAL - Setelah mengumumkan pertumbuhan ekonomi yang minus di kuartal kedua, pemerintah segera mengambil langkah...

Polresta Padang Panjang Ciduk Sopir dan Penjual Nasi Pelaku Penyalahgunaan Sabu

Polresta Padang Panjang Ciduk Sopir dan Penjual Nasi Pelaku Penyalahgunaan Sabu

PADANG PANJANG -- Satuan Narkoba kembali melakukan penangkapan terhadap pelaku penyalahgunaan Narkotika jenis Shabu,...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1