Saturday, 19 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Metro

Padang Siap Jadi Kota layak Anak

Selasa, 06 Desember 2011 - 20:09:31 WIB - 1018
Padang Siap Jadi Kota layak Anak


Padang, MinangkabauNews -- Berbicara tentang perlindungan anak berarti berbicara masalah masa depan. Masa depan anak tergantung pada upaya-upaya yang dilakukan hari ini. Ketika anak sudah tidak terlindungi, berarti anak sangat mudah terpengaruh oleh dampak negatif lingkungan.

Perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusian serta sesuai dengan harkat dan martabat kemanusian serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP saat membuka acara Diskusi Panel Pembuatan Naskah Akademis Ranperda Kota Padang tentang Perlindungan Anak dan Sarasehan Hasil Pendataan Keluarga 2011 di Ruang Sidang Balaikota, Selasa (6/12).

Dia mengatakan, sosialisasi Undang-undang perlindungan anak tersebut memang sengaja diberikan pertama kali pada pendidik atau dalam hal ini Kepala Sekolah. Diaharapkan mereka dapat memberikan pnyuluhan dan arahan tentang Undang-undang tersebut pada semua kalangan. Dengan demikian, dalam didikannya para guru tidak menyertakan kekerasan dalam mendidik.

Mahyeldi mengatakan relevansi antara undang-undang perlindungan anak terhadap kota layak anak sangat bersinergi. "Dengan diterapkan undang-undang tersebut, maka hak anak dapat terlindungi oleh payung hukum yang jelas. Sehingga Depok sebagai kota yang layak anak bisa terwujud, " ujar Mahyeldi.

Ia menambahkan hingga saat ini, persiapan Padang sebagai kota layak anak tengah dilakukan. Salah satunya dengan membuat program-program, di antaranya peningkatan fasilitas dan fasum-fasum yang dibutuhkan anak. Mahyeldi juga menargetkan bahwa Kota Padang bebas dari anak jalanan mulai tahun 2012. Saya berharap, anak-anak terlantar tidak ditemukan lagi di Padang. Dinas terkait seperti Disnakersos dan Satpol PP harus bekerja keras dan membina anak-anak tersebut.

Mahyeldi juga mengatakan sosialisasi undang-undang perlindungan anak tersebut juga merupakan salah satu cara mewujudkan Depok sebagai kota layak anak. Untuk menjadi kota layak anak, diperlukan peran serta dan kerjasama baik dari orangtua, murid serta guru. Mereka diharapkan dapat memenuhi hak anak serta memberikan sikap dan teladan yang baik.

"Anak-anak tentu memiliki hak-hak yang harus dilindungi seperti mendapat perlindungan dan perlakuan dari diskriminasi, eksploitasi baik ekonomi maupun seksuial, penelantaran, penganiayaan serta kekerasan. Selain itu terdapat pula hak-hak anak yang tertuang dalam Undang-Undang Perlindungan Anak No 23 Tahun 2002,"

Editor/Sumber:
Tag: metro

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tahun ini 215 Kasus Kebakaran di Padang, Damkar Gencarkan Sosialisasi Pencegahan

Tahun ini 215 Kasus Kebakaran di Padang, Damkar Gencarkan Sosialisasi Pencegahan

PADANG -- Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Padang, Sumatera Barat, gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang...

Pertama di Indonesia, Genius Umar Lantik Pengurus Forum Youth Center Kota Pariaman

Pertama di Indonesia, Genius Umar Lantik Pengurus Forum Youth Center Kota Pariaman

PARIAMAN -- Walikota Pariaman, Genius Umar, Lantik dan kukuhkan Pengurus Forum Youth Center Kota Pariaman, Pertama di...

Kak Seto Meriahkan Acara IMTF 2019 di Pasaman

Kak Seto Meriahkan Acara IMTF 2019 di Pasaman

PASAMAN -- Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. atau biasa dikenal dengan Kak Seto sang psikolog anak nasional, menjadi...

TMMD ke 106 Kodim 0306/50 Kota, TNI Laksanakan Pembangunan Fisik dan Penyuluhan Narkoba

TMMD ke 106 Kodim 0306/50 Kota, TNI Laksanakan Pembangunan Fisik dan Penyuluhan Narkoba

LIMAPULUH KOTA - Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari (DPMD/N) Kabupaten Lima Puluh Kota, Ahmad...

Tahun 2020, Pemko Padang Akan Helat Piala Wali Kota U-11

Tahun 2020, Pemko Padang Akan Helat Piala Wali Kota U-11

PADANG -- Piala Walikota Padang Umur-11 bakal kembali ditabuh. Jika tak ada perubahan, pembukaan akan dilangsungkan di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media