Saturday, 19 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Metro

Kota Padang terus Gali Potensi Laut

Selasa, 06 Desember 2011 - 20:16:36 WIB - 985
 Kota Padang terus Gali Potensi Laut


Padang, MinangakabauNews -- Pemerintah dan masyarakat Kota Padang terus mengembangkan segala potensi yang dimiliki Kota. Tidak hanya menggarap warisan budaya dan wisatanya, tetapi juga potensi ekonominya khususnya laut.

"Di laut luas sangat banyak tersedia kekayaan yang belum kita ketahui, baik di bawah laut, di dasar laut, didalam laut maupun dipermukaan laut itu sendiri. Hanya saja kita yang belum mampu mengerahkan fungsi otak secara maksimal untuk meneliti, menggali potensi kelutan bagi kesejahteraan kehidupan. karena kita belum mencobanya dengan sepwenuh hati. Sepanjang tidak kita coba maka sepanjang itu pula kita tidak mengetahuinya makna akan laut".

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang Dr. H. Fauzi Bahar, M. Si saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara "Seminar Internasional Menggali Potensi Alam Semesta dengan Al-Quran Menuju Kegemilangan Maritim Indonesia Tahun 2020," di Hotel Hayam Wuruk, Selasa (6/12) Padang.

Fauzi Bahar dalam sambutannya, selama ini kita belum sepenuhnya mengetahui dan memahami tentang kekayaan alam laut. Selama ini laut sering terlecehkan oleh kita selaku manusia yang tingkat kesadarannya masih lemah, contonya dengan membuang sampah ke anak sungai yang akhirnya mengalir kelaut lepas. Ini semua merupakan perbuatan yang kurang bagus.

Pada kesempatan itu yang akan memberikan materi seminar adalah Ir. H. Agus, S. Djamil langsung dari Kerajaan Brunai Darussalam. Yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Dian Wijaya, Kabid SMP Jufry Sirry, Barlius Ketua pelaksana. Yang dikuti sebanyak 250 peserta dari Kepala sekolah SMA, SMP, Pengawas, UPTD, Guru.
Dilaksanakannya seminar ini karena terinpirasi dari hasil kunjungan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Padang ke Kerajaan Brunai Darusslam yang langsung diterima oleh Ir. H. Agus, S. Djamil. Mengenai penelitian pengetahuan bagaimana memahami serta Menggali Potensi Laut Alam Semesta dengan Al-Quran, ujarnya.

Disamping itu, apalagi republik ini adalah Negara Maritim. Nenek Moyang kita dikenal dengan julukan pelaut ulung. Pada masa lalu banyak kerajaan-kerajaan yang mengandalkan perekonomiannya kepada sumber daya laut seperti kerajaan Sriwijaya, Banten, Cirebon, Makasar dan lain-lain.

Tujuan dari Seminar Internasional mengenai menggali potensi alam semesta laut ini agar membangun kesadaran kita tentang makna kekayaan dan berbagai funsi alam dan laut yang dalam al-quran sudah tertera bahwa menginspirasikan manusia mengkaji potensi alam laut.

Ketahuilah bahwasanya allah menciptakan surge dan neraka buat kita semua, agar kita selalu ingat dan selalu menyebut nama allah baik di alam nyata maupun di akhirat nanti. Ketika kita mendapat azab di api neraka kita sudah pasti memanngil Allah untuk mintak ampun, ketika kita menikmati keindahan surga kita sudah pasti menyebut nama Allah akan rasa syukur, ujar Fauzi Bahar.

Yang harus dipikirkan dan dilakukan oleh kepala sekolah dan semua guru adalah bagaimana menyiasati terciptanya perilaku siswa agar dapat menghargai potensi alam yang telah diciptakan oleh Tuhan Semesta. Bawalah anak muridnya ke laut agar mereka dapat secara lansung mempelajari makna tenatang laut. Karena laut sangat berdampak positif dalam pencerdasan daya pikir menuju kecerdasan, tambah Fauzi Bahar

Editor/Sumber:
Tag: metro

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

TMMD ke 106 Kodim 0306/50 Kota, TNI Laksanakan Pembangunan Fisik dan Penyuluhan Narkoba

TMMD ke 106 Kodim 0306/50 Kota, TNI Laksanakan Pembangunan Fisik dan Penyuluhan Narkoba

LIMAPULUH KOTA - Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari (DPMD/N) Kabupaten Lima Puluh Kota, Ahmad...

Jagalah Jempolmu dari Hal Negatif, "Selalu Saring sebelum Sharing"

Jagalah Jempolmu dari Hal Negatif, "Selalu Saring sebelum Sharing"

Oleh Nurrahmat -- Hoax atau berita bohong sejak dulunya sudah sangat dikenal, biasanya berita bohong atau disebut kabar...

Ketua KPU 50 Kota Disanksi Peringatan Keras, Empat Komisioner Peringatan Biasa

Ketua KPU 50 Kota Disanksi Peringatan Keras, Empat Komisioner Peringatan Biasa

LIMAPULUH KOTA - Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu (DKPP) akhirnya mengeluarkan putusan terhadap kasus dugaan...

Saat Hendak Mencuri, Pelaku Curanmor Dicokok Tim Jatanras Polres Bukittinggi

Saat Hendak Mencuri, Pelaku Curanmor Dicokok Tim Jatanras Polres Bukittinggi

BUKITTINGGI -- Tim Jatanras Polres Bukittinggi kembali berhasil menangkap satu orang pelaku pencurian kendaraan...

Terkait Pemberhentian 21 Orang Perangkat Nagari, PPDI Sumbar Surati Kementerian Dalam Negeri

Terkait Pemberhentian 21 Orang Perangkat Nagari, PPDI Sumbar Surati Kementerian Dalam Negeri

PADANG ARO -- Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Sumatera Barat (Sumbar), kirimkan surat protes kepada Dirjen...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media