Monday, 24 Sep 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Pariaman Fashion Parade 2018 di Pentas Seni Pantai Gandoriah Meriah dan Sukses

Minggu, 08 April 2018 - 21:00:07 WIB - 837
Pariaman Fashion Parade 2018 di Pentas Seni Pantai Gandoriah Meriah dan Sukses
Walikota Pariaman Mukhlis Rahman saat memberikan sambutan di PFP 2018.


PARIWARA KOTA PARIAMAN - Pariaman Fashion Parade 2018 yang digelar di pentas seni Pantai Gandoriah pada Sabtu malam (7/4) berlangsung meriah dan sukses dengan menampilkan 10 desainer muda daerah, nasional berkelas internasional.

Diantaranya Jeny Tjahyawati, Lia Afif, Handy Hartono, Ade Listiani, Emi Arlim, Yadhirsyah Zunur, Rico Bije Reybonte, Amarullah Imam, Ses Fitria dan Sahrul.

Pariaman Fashion Parade kali ini menampilkan model dan desain terbaru dari perancang busana kenamaan perpaduan motif klasik dan modern untuk kelas anak-anak dan dewasa.

Staf ahli Gubernur bidang pembangunan dan pariwisata Jefrinal Arifin mengatakan, Pariaman memiliki keberuntungan berada diwilayah tepi pantai yang indah dan bagus.

"Pariaman memiliki potensi wisata yang bagus menjadi destinasi bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Disamping pengembangan pariwisata pariaman juga sedang berkembang pada sektor UKM," sebutnya.

Ini merupakan suatu keberhasilan dari pemerintah daerah dalam meningkatkan ekonomi masyarakatnya. "Kita tahu pariaman sangat produktif sekali terutama di bidang IKM, seperti bordir, mukena, sulaman dan berbagai macam perhiasan, Sehingga ini patut kita suport, semangati dan kembangkan," ulasnya.

Melalui Pariaman Fashion Parade hasil kerajinan dan sulaman dapat lebih dikenal melalui para desainer lokal dan nasional.

Ia juga menyerankan pada para undangan setelah parade desainer selesai, untuk dapat membeli benerapa hasil karaya anak bangsa itu untuk anak maupun pasangan yang sudah berkeluarga.


Klasik dan modern hasil desainer lokal Pariaman.

"Terimakasih kepada pemerintah daerah atas terselenggaranya pariaman fashion parade ini, semoga ditahun depan akan dapat dilanjutkan den lebih berkembang lagi serta dapat pula melibatkan daerah lain di Sumbar, sehingha tampilan motif dan desain lebih berfariatif," tutup Jefrinal.

Sedangkan Wali Kota Pariaman dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah telah mengadakan empat kali kegiatan promosi Pariaman Fashion Parade.

"Kita menyambut baik masukan dari pemerintah Sumbar, terutama yang berdampak langsung pada kemajuan pariwisata dan ekonomi produktif Kota Pariaman," Sebut Mukhlis.


Parade hasil desainer Yadirsyah Zunur di Pariaman Fashion Parade 2018.

Walikota mengungkapkan kegiatan Pariaman Fashion Parade 2018, merupakan salah satu upaya mengenalkan dan mempromosikan kerajinan daerah melalui dunia fashion.

Ia mengatakan, hasil kerajinan daerah harus terus dipromosikan ke masyarakat luas. Bahkan Kota Pariaman setiap tahun rutin mengikuti agenda fashion tingkat nasional untuk memajukan sektor industri kecil dan menengah.

"Selain itu pemerintah kota pariaman juga telah bekerja sama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Padang untuk memberikan pelatihan kepada para perajin yang ada di daerah," ulasnya.


Asisten Pemprov. Sumbar bidang Pembangunan dan pariwisata Jefrinal Arifin memberikan sambutan dan arahan pada pariaman fashion parade 2018.

Pada kesempatan terpisah Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pariaman, Gusnyetti Zaunit mengatakan kegiatan Pariaman Fashion Parad tahun ini menampilkan para desainer muda dengan hasil rancangan perpaduan klasik dan modern.

"3 desainer di didatangkan langsung dari Jakarta, 4 desainer asal Sumbar dan 3 lagi desainer asal Kota Pariaman. Adapun tujuan kita menggelar Pariaman Fashion Parade ini adalah untuk mengembangkan potensi industri kerajinan, sarana promosi dan wadah kerja sama perajin dengan desainer.

Ia mengatakan sektor industri ekonomi kreatif di daerah itu khususnya sulaman dan bordir, mengalami peningkatan sebesar 10,5 persen pada 2017.


Kadis. Koperindagkop saat memberikan sambutan pada PFP (Pariaman Fashion Parade 2018).

Sehingha hal ini berdampak langsung pada sektor ekonomi masyarakat yang bergerak di bidang sulaman dan bordir Industri Kecil Menengah (IKM).

"Kerajinan bordir juga demikian, jika selama ini hanya sebatas untuk mukena saja namun sekarang sudah merambah ke pakaian resmi dan kasual," katanya.


Para model cilik saat menampilkan desain pakaian para desainer di PFP 2018 panggung pentas seni Gandoriah.

Dengan ini IKM masyarakat di Kota Pariaman khususnya perajin sulaman dan bordir mulai mendapatkan pasar yang lebih luas ditambah lagi pemerintah daerah akan mengirimkan beberapa produk unggulan salah satunya bordir dan sulaman ke berbagai negara seperti Brunei, Malaysia, dan Singapura. (warman)


Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: kosmo,pariaman,showbiz,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Mendikbud Muhajir Effendy Akan Membuka Indonesian Cultural Festival 2018 di Azerbaijan

Mendikbud Muhajir Effendy Akan Membuka Indonesian Cultural Festival 2018 di Azerbaijan

AZERBAIJAN - Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Azerbaijan akan menyelenggarakan Indonesian Cultural Festival...

Pasaman Darurat Kekerasan Terhadap Anak

Pasaman Darurat Kekerasan Terhadap Anak

PASAMAN - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pasaman, gelar seminar pencegahan kekerasan...

Polisi Bekuk Bandar Narkoba di Pariaman, Sabu Senilai 50 Juta Diamankan

Polisi Bekuk Bandar Narkoba di Pariaman, Sabu Senilai 50 Juta Diamankan

PARIAMAN - Tim 3 CN Polres Pariaman berhasil mengamankan BB Narkoba gol satu jenis sabu seberat 37 gram dari tangan...

Tips Hemat Pulsa Listrik dengan Tepat

Tips Hemat Pulsa Listrik dengan Tepat

TECHNO -- Saat ini memang sudah lebih banyak orang yang memilih untuk menggunakan pulsa listrik di rumahnya dan salah...

Dandim 0304/Agam Matangkan Pelaksanaan Tour de Maninjau dan Fun Bike Wirabraja 2018

Dandim 0304/Agam Matangkan Pelaksanaan Tour de Maninjau dan Fun Bike Wirabraja 2018

BUKITINGGI - Guna mengoptimalkan pelaksanaan lomba balap sepeda Tour de Maninjau dan Fun Bike Wirabraja 2018, dalam...


KOMENTAR ANDA



DCT Sumbar Polling Capres cawapres 2019-2024 kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media