Tuesday, 24 Apr 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Makin Panas, Rusia Pertimbangkan Pasok Rudal untuk Suriah

Sabtu, 14 April 2018 - 22:35:39 WIB - 152
Makin Panas, Rusia Pertimbangkan Pasok Rudal untuk Suriah
Serangan udara yang dilakukan Amerika, Perancis dan Inggris ke Suriah, Sabtu (14/4).


Pilwako Kota Padang 2018

INTERNASIONAL - Rusia pertimbangkan untuk memasok peluru kendali bertipe S-300 ke Suriah dan sejumlah negara lainnya pasca-serangan gabungan ke kota Damaskus dan Homs, Sabtu (14/4) dini hari.

"Setelah terjadinya serangan udara yang dilakukan Amerika, Perancis dan Inggris ke Suriah, Rusia mungkin mempertimbangkan memasok peluru kendali ke Suriah," ujar Kepala Staf Operasi Rusia di Suriah, Sergei Rudskoi, dikutip dari laman Reuters.

Rudskoi juga mengungkapkan bahwa beberapa tahun lalu Rusia sempat menolak untuk memasok rudal itu karena adanya tekanan dari beberapa negara mitra, tapi serangan gabungan yang diklaim mencapai 110 rudal itu membuat Rusia mempertimbangkan kembali sikap mereka.

Rudskoi mengatakan serangan Amerika pada Suriah bertujuan untuk mengacaukan situasi di daerah itu, tapi dia memprediksi saat ini Damaskus dan kota-kota lain dalam situasi tenang.

"Situsi di Damaskus dan kota-kota lain sudah aman sekarang," tuturnya.

Respons terhadap serangan gabungan itu juga datang dari Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengutuk serta menyerukan PBB bertindak dengan menggelar pertemuan darurat Dewan Keamanan.

"Tindakan yang dilakukan Amerika adalah bencana kemanusiaan dan menyebabkan rasa sakit bagi warga sipil serta merusak hubungan internasional," kata Putin.

Pada Sabtu dini hari, serangan gabungan lewat udara menyasar sejumlah fasilitas produksi kimia rezim Bashar al-Assad dan dilakukan hanya beberapa saat setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan akan melancarkan serangan.

Militer AS menggunakan rudal Tomahawk yang berdaya jelajah ribuan kilometer pada agresi tersebut, sementara Perancis meluncurkan pesawat jet tempur Mirage 2000 dan Rafale, bersama dengan empat kapal perang pergata.

Inggris mengeluarkan empat jet tempur Royal Air Force dari pangkalan militer mereka di Siprus dan meluncurkan rudal Storm Shadow.

Pihak AS menyatakan serangan gabungan itu merupakan pesan tegas kepada Suriah bahwa AS menentang penggunaan senjata kimia. (cn)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/CNN Indonesia
Tag: internasional,metro,peristiwa

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tersengat Listrik, Pria Pariaman Jatuh dari Lantai 3 Ruko

Tersengat Listrik, Pria Pariaman Jatuh dari Lantai 3 Ruko

PARIAMAN - Akibat tersengat arus listrik, Riko Rahmanto (32) pekerja kanopi rumahan tewas di Kelurahan Kampung Jawa II...

Seberangi Muara Pantai Tiram Padang Pariaman, Bocah SD Tewas Terseret Arus

Seberangi Muara Pantai Tiram Padang Pariaman, Bocah SD Tewas Terseret Arus

PADANG PARIAMAN - Zikra (10) pelajar kelas V SD tewas terserat arus di muara Pantai Tiram Padang Pariaman, Minggu (1/4)...

Polres Bukittinggi Tangkap Pasutri Pengedar Sabu dan Ekstasi

Polres Bukittinggi Tangkap Pasutri Pengedar Sabu dan Ekstasi

BUKITTINGGI - Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, SIK,MH melalui Waka Polres Bukittinggi Kompol Albert Zai,...

Sepatu Emas Premier League Hampir Pasti Jadi Milik Mohamed Salah

Sepatu Emas Premier League Hampir Pasti Jadi Milik Mohamed Salah

BOLA - Mohamed Salah belum berhenti mencetak gol untuk Liverpool. Jumlah gol pemain asal Mesir itu kini sudah menyentuh...

Lingkaran Cinta

Lingkaran Cinta

Oleh: Tantowi Alwi, Lahat, Sumatera Selatan Bogel betul-betul tidak memahami silang sengkarut yang melilit...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media