Monday, 24 Sep 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Kesehatan

Mengenal 6 Manfaat Senam Zumba Untuk Kesehatan, Apa Saja Itu?

Senin, 16 April 2018 - 20:47:41 WIB - 492
Mengenal 6 Manfaat Senam Zumba Untuk Kesehatan, Apa Saja Itu?
Ilustrasi senam Zumba


KESEHATAN - Zumba adalah olahraga yang memadukan tarian salsa dan tari latin. Gerakan latihan ini juga menyisipkan koreografi senam aerobik, sehingga terkesan seperti olahraga sambil menari. Sejak pertengahan tahun lalu olahraga zumba telah menjadi primadona bagi asyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda, jika dibandingkan dengan senam jenis lainnya, zumba memiliki manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan.

Apa saja manfaat senam zumba yang dimaksud? Berikut penjelasannya:

Ampuh membakar lemak
Kabar baik bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Pasalnya senam zumba yang melibatkan gerakan seluruh anggota tubuh ini dijamin dapat membakar lemak berlebih di beberapa bagian tubuh, sebut saja bokong, paha, dan lengan bagian atas.

Menyehatkan jantung
Selain efektif untuk mendapatkan tubuh yang ideal, senam zumba nyatanya juga baik untuk menyehatkan jantung. Bagaimana tidak! Gerakan zumba yang cepat dan bervariasi terbukti dapat memicu peredaran darah agar berjalan lebih optimal. Dampaknya, Anda akan terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau gagal jantung.

Menguatkan otot
Hayo, ngaku! Apa Anda sering merasa terganggu oleh tampilan beberapa bagian tubuh yang terlihat ideal, malah terkesan menggelambir? Jika ya, maka segera atasi hal ini dengan senam zumba. Ternyata, zumba yang dilakukan secara teratur terbukti dapat menguatkan otot tubuh. Ingat! Semakin kuat otot tubuh Anda, maka semakin sedikit pula lemak yang menempal padanya. Mau?.

Melenturkan tubuh
Anda pasti sudah tahu jika seiring dengan bertambahnya usia, sendi-sendi tubuh akan mulai kehilangan fleksibilitasnya. Karenanya, jangan heran jika kemudian cedera sendi banyak menimpa para lansia. Nah, tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Karenanya, jangan segan untuk rutin mencoba senam zumba -setidaknya 2 kali dalam seminggu. Cara ini dijamin ampuh untuk menjaga kelenturan sendi Anda, lho!.

Tekanan darah stabil
Memang tak salah jika Anda mengira bahwa demi menstabilkan tekanan darah, asupan makanan merupakan satu-satunya faktor yang harus dijaga. Padahal, aktivitas fisik juga harus diperhatikan, lho! Karenanya, jangan ragu lagi untuk mencoba senam zumba. Selain dapat menciptakan perasaaan bahagia, senam zumba juga dapat meminimalisir risiko hipertensi.

Membangkitkan bahagia
Manfaat senam zumba yang terakhir adalah untuk mencegah stres dan depresi. Hal ini ternyata berkaitan dengan fakta bahwa senam zumba "layaknya olahraga jenis lainnya" dapat merangsang produksi hormon serotonin. Nah, semakin banyak serotonin yang diproduksi, maka akan semakin bahagia pula perasaan Anda. Hasilnya, bye-bye stres dan depresi!.

Itu tadi 6 manfaat senam zumba yang harus Anda ketahui. Khusus bagi Anda yang sudah berusia lanjut, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu durasi dan frekuensi zumba dengan dokter. Sebab, terlalu berlebihan dalam mempraktikkan olahraga ini juga tidak dianjurkan karena dapat memicu keluhan medis yang lain. Namun, bagi Anda yang masih muda, jangan lagi cari-cari alasan untuk tidak mencoba zumba, semoga bermanfaat. (rel)


Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/Go-Dok
Tag: kesehatan,sport

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Terungkap, Ini Alasan Prabowo Pilih Sosok Kwik Kian Gie

Terungkap, Ini Alasan Prabowo Pilih Sosok Kwik Kian Gie

POLITIK - Bakal calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan alasan bakal calon presiden Prabowo Subianto...

PMI Kota Bukittinggi Peduli Pendidikan Generasi Bangsa

PMI Kota Bukittinggi Peduli Pendidikan Generasi Bangsa

BUKITTINGGI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi tidak hanya indentik dengan kegiatan donor darah saja,...

Puluhan Ribu Anak di Pariaman Difasilitasi Kartu KIA, Ini Penjelasan Disduk Capil

Puluhan Ribu Anak di Pariaman Difasilitasi Kartu KIA, Ini Penjelasan Disduk Capil

PARIAMAN -- Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pariaman, Linda Osra mengatakan 30 ribu anak di kota...

Ratusan Masyarakat Nagari Aua Kuniang Pasbar Antusias Ikuti Acara Pawai Obor

Ratusan Masyarakat Nagari Aua Kuniang Pasbar Antusias Ikuti Acara Pawai Obor

PASAMAN BARAT - Ratusan masyarakat Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar Senin Malam...

Pemerataan Pembangunan Hingga Revolusi Mental Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Limapuluh Kota

Pemerataan Pembangunan Hingga Revolusi Mental Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Limapuluh Kota

LIMAPULUH KOTA - Dalam upaya mewujudkan Misi V dalam RPJMD Tahun 2016-2021 dalam memperkuat kelembagaan nagari untuk...


KOMENTAR ANDA



DCT Sumbar Polling Capres cawapres 2019-2024 kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media