Monday, 20 Aug 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Solok

Polres Solok Kota Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Singgalang 2018

Kamis, 26 April 2018 - 21:58:14 WIB - 277
Polres Solok Kota Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Singgalang 2018
Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak saat Apel Gelar Pasukan Operasi patuh Singgalang 2018, Kamis (26/4).


SOLOK - Polres Solok Kota laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh tahun 2018, kegiatan ini berlangsung di Lapangan apel Polres Solok Kota kamis (26/4) dengan sebagai pengambil apel Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak. Adapun sandi operasi Patuh tahun 2018 yakni "Ops Sgl-2018".

Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak dalam amanat Kakorlantas Polri yang dibacakannya menyampaikan sesuai Amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan diharapkan untuk Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcar Lantas) dan meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas serta membangun budaya tertib berlalu lintas. Dan terakhir Meningkatkan kualitas pelayanan kepada Publik.

Lebih lanjut disampaikan Wakapolres, berdasarkan program Decade of Action for Road Safety 2011-2020 (DOA) atau dekade aksi keselamatan jalan yang telah dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang bertujuan untuk mengurangi korban meninggal dunia pada tahun 2020 sebesar 50%, para penyelenggara sistem terpadu yang tertuang dalam rencana umum nasional keselamatan (RUNK) melalui 5 (lima) pilar yaitu Manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan Penanganan korban pasca kecelakaan.

Pelaksanaan Operasi Patuh tahun 2018 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 (empat belas) hari, terhitung mulai tanggal 26 April s/d 9 Mei 2018. Ditetapkan oleh Polri bahwa kalender Operasi Patuh dilaksanakan menjelang hari raya Idul Fitri.

Adapun Sasaran operasi patuh sendiri adalah pengemudi yang menggunakan handphone. Pengemudi melawan arus. Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur. Pengemudi dan penumpang sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI. Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan Narkoba/mabuk. Dan pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Dalam rangkaian acara Apel Gelar Pasukan tersebut dilaksanakan pemasangan pita tanda Operasi Patuh Singgalang 2018 oleh Wakapolres Solok Kota kepada perwakilan dari personel Subdenpom 1/4.6 Solok, Personel Sat Lantas dan Personel Dinas Perhubungan Kota Solok, sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Operasi.


Pada kesempatan tersebut Waka Polres Solok Kota juga menyampaikan data laka lantas pada Operasi Patuh tahun 2017 Polres Solok Kota sebanyak 2 kejadian, meninggal dunia nihil, luka berat 2 orang, luka ringan 1 orang dan kerugian materil Rp. 10.400.000.

Dibandingkan periode yang sama tahun 2016, 1 kejadian, meninggal dunia 1 orang, luka berat nihil, luka ringan nihil dan kerugian materil Rp.300.000.

Sedangkan data pelanggaran lalu lintas operasi Patuh tahun 2017 Polres Solok Kota, Tilang 1060 berkas dan teguran 179 berkas dibandingkan tahun 2016 Tilang 626 berkas dan teguran 217 berkas meningkat 47%.

"Permasalahan di bidang lalu lintas pada saat ini sangat berkembang maka kita haruslah menjaga keselamatan dan meningkatkan kesadaran di jalan demi keselamatan berlalu lintas. Meningkatkan kualitas lalu lintas, meningkatkan pelayanan kepada publik, meminimalisir angka kecelakaan sehingga menumbuhkan kelancaran lalu lintas," ujar Wakapolres.

"Keselamatan bagi pengguna jalan, haruslah memperhatikan setiap keselamatan berlalu lintas dikarenakan angka kecelakaan meningkat untuk tahun sebelumnya akibat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga keselamatan berlalu lintas." pungkasnya. (Eli)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: pos-polisi,solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Catut Nama Ketua MUI Sumbar, Relawan Pemenangan Jokowi Minta Maaf

Catut Nama Ketua MUI Sumbar, Relawan Pemenangan Jokowi Minta Maaf

PADANG - Forum Komunikasi Relawan Pemenangan Jokowi (FKRPJ) meminta maaf kepada Buya Gusrizal Gazahar, Ketua Majelis...

KIP Salurkan Ribuan Buku Tulis di Pariaman

KIP Salurkan Ribuan Buku Tulis di Pariaman

PARIAMAN - Keluarga Intelektual Piaman (KIP) meringankan beban siswa setingkat Sekolah Dasar (SD) yang berada di dua...

Prabowo Disebut Jenderal Kardus oleh Politisi Demokrat, Begini Reaksi Gerindra

Prabowo Disebut Jenderal Kardus oleh Politisi Demokrat, Begini Reaksi Gerindra

POLITIK - Politisi Demokrat Andi Arief dalam akun Twitternya menyebut bahwa pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra...

Berjasa Lawan Terorisme, Puan Maharani Diganjar Bintang Bhayangkara Utama

Berjasa Lawan Terorisme, Puan Maharani Diganjar Bintang Bhayangkara Utama

POLITIK - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menerima Tanda...

Fahri Hamzah Menang Bertububi-tubi Melawan PKS

Fahri Hamzah Menang Bertububi-tubi Melawan PKS

POLITIK - Perseteruan antara Fahri Hamzah dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum berujung. Perseteruan bermula...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media