Wednesday, 19 Feb 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Kesehatan

Ternyata Ini Dia Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasi yang Harus Anda Ketahui

Senin, 30 April 2018 - 23:08:27 WIB - 5013
Ternyata Ini Dia Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasi yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi (Foto: Go-Dok)


KESEHATAN - Walaupun sering dianggap sebagai bukan hal yang serius, mimisan seringkali membuat banyak orang gugup dan cemas.

Hal ini dikarenakan darah yang tiba-tiba mengalir dari hidung dapat membuat Anda senewen dan bingung harus melakukan apa.

Namun tahukah Anda, ternyata ada hal-hal yang dapat Anda lakukan saat mimisan datang. Yaitu dengan segera menenangkan diri dan posisikan badan condong ke arah depan. Ini bertujuan untuk meminimalisir risiko tersedak akibat darah yang menghambat saluran pernapasan.

Meskipun terkadang muncul secara tiba-tiba, tetap saja mimisan dapat dipicu oleh beberapa faktor. Berikut 8 penyebab mimisan yang harus Anda ketahui:

Membuang ingus terlalu keras

Mulailah untuk membiasakan diri untuk tidak membuang ingus terlalu keras. Saat flu melanda, membuang ingus sering dianggap ampuh melancarkan kembali sistem pernafasan. Namun, hindari kebiasaan membuang ingus dengan memencet hidung kelewat keras, ya. Sebab, hal ini dapat memicu iritasi sehingga terjadilah mimisan.

Perubahan suhu udara

Kondisi alam seperti perubahan suhu udara juga dapat memicu terjadinya mimisan misalnya saja suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin ternyata dapat menyebabkan pembuluh darah di bagian hidung pecah. Namun jangan panik ini bukan merupakan kondisi kesehatan yang serius, karena darah akan segera mengalir berhenti jika tubuh sudah dikondisikan untuk berada dalam suhu yang ideal.

Penggunaan jenis obat-obatan

Iya, nyatanya penggunaan beberapa jenis obat-obatan dapat memicu pendarahan di bagian hidung. Berikut jenis-jenis obat yang dapa memicu mimisan, Antikoagulan, Aspirin, dan Penggunaan inhaler secara berlebihan.

Terlalu dalam mengorek hidung

Selain dianggap tidak sopan, mulai hari ini sebaiknya hindarilah kebiasaan mengorek hidung terlalu dalam. Namun, terlalu dalam mengorek hidung ternyata dapat menyebabkan luka sehingga Anda lebih rentan mengalami mimisan.

Alergi

Asap motor maupun mobil, debu halus, pasir, hingga asap rokok adalah beberapa hal yang nyatanya dapat membuat mimisan. Meskipun bagi kebanyakan orang hal-hal tersebut tidak terlalu menganggu, namun bagi mereka yang memiliki sistem pernafasan sensitif, adanya polutan serta alergen di lingkungan sekitar dapat memicu alergi hingga meningkatkan risiko terjadinya pendarahan ringan di hidung.

Tekanan darah naik

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, hati-hati dengan risiko terjadinya mimisan. Sebab, meningkatnya tekanan darah dalam tubuh secara seketika dapat memicu pecahnya pembuluh darah di beberapa area tubuh, seperti hidung. Jika mengalami hal serupa, segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat demi mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat.

Sinus

Seperti yang telah Anda ketahui, sinusitis merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh meradangnya dinding sinus (rongga kecil yang terletak di antara tulang dahi dan pipi). Jangan anggap remeh. Jika darah mimisan yang dikeluarkan berwarna gelap serta mengeluarkan bau yang tidak sedap, segera hubungi dokter terdekat. Mengapa? Karena bisa jadi hal tersebut mengindikasikan kondisi yang lebih parah, seperti infeksi berat hingga adanya jaringan tumor.

Gejala penyakit tertentu

Terakhir, penyebab mimisan yang harus Anda waspadai adalah terdapatnya penyakit mematikan lain di dalam tubuh, seperti leukimia. Biasanya, mimisan diiringi dengan sakit kepala berat hingga muntah darah. Jika sudah begitu, Anda sangat disarankan untuk segera berobat demi mendapatkan penanganan yang tepat.
Itu tadi 8 penyebab mimisan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!. (Go-Dok)

Loading...
Editor/Sumber:
Tag: kesehatan

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Jalin Sinergitas dan Silaturahmi, Polres Mentawai Gelar Olahraga Senam Bersama

Jalin Sinergitas dan Silaturahmi, Polres Mentawai Gelar Olahraga Senam Bersama

MENTAWAI -- Polres Mentawai dalam membangun memupuk Sinergitas dan Talisilaturahim serta persaudaraan antara TNI,...

Pemko Pariaman Klaim Angka Stunting di Pariaman Turun

Pemko Pariaman Klaim Angka Stunting di Pariaman Turun

PARIAMAN -- Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kesehatan Kota Pariaman menggelar Rapat Koordinasi penimbangan masal...

Agam Mendapatkan Peringkat Pertama IKP di Sumbar

Agam Mendapatkan Peringkat Pertama IKP di Sumbar

AGAM - Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP), Agam, Ermanto mengungkapkan Kabupaten Agam mendapat...

Dua Petak Toko Disegel Pemko Payakumbuh Karena Tak Sesuai IMB

Dua Petak Toko Disegel Pemko Payakumbuh Karena Tak Sesuai IMB

Payakumbuh - Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil tindakan tegas terhadap sejumlah bangunan yang diduga melanggar...

Untuk Perencanaan MoA, DPP SAS Kunjungi IAIN Batusangkar

Untuk Perencanaan MoA, DPP SAS Kunjungi IAIN Batusangkar

TANAH DATAR - Dewan Pengurus Pusat Sulit Air Sepakat (SAS) kunjungi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar,...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media