Wednesday, 17 Oct 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Aliansi Umat Islam Sumbar Tuntut Pecat Rektor dan Hapus Diskriminasi Cadar di IAIN Bukittinggi

Sabtu, 12 Mei 2018 - 05:52:16 WIB - 5465
Aliansi Umat Islam Sumbar Tuntut Pecat Rektor dan Hapus Diskriminasi Cadar di IAIN Bukittinggi
Ribuan massa Aliansi Umat Islam Sumatera Barat saat orasi di DPRD Kota Bukittinggi, Jumat (11/5).


BUKITTINGGI - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi yang baru-baru ini mengeluarkan kebijakan kontroversial terhadap dosen maupun mahasiswi mengenai pelarangan memakai cadar di lingkungan kampus, kembali menjadi sorotan 31 Aliansi Umat Islam Sumbar dan ribuan umat Islam dari berbagai Kabupaten Kota di Sumatera Barat.

Aliansi Umat Islam Sumatera Barat, Jumat (12/5) setelah sholat Jumat, mengadakan orasi dengan tertib dan aman bertempat di lapangan Wirabraja 0304 Agam, berbagai ulama dan ribuan umat Islam melakukan aksi damai dengan mengucapkan takbir disela-sela orasi guna "Menolak diskriminasi larangan bercadar di kampus IAIN Bukittinggi."

Orasi pun dilanjutkan long march (berjalan kaki) dengan pengawalan pihak polres Bukittinggi dari lapangan Wirabraja 0304 Agam menuju gedung DPRD untuk menemui wakil-wakil rakyat yang duduk di DPRD Kota Bukitinggi, guna menyampaikan aspirasi tuntutan. Pengunjuk tuntutan ini berjalan dengan tertib dan rapi sambil meneriakan berhentikan rektor IAIN Bukitttinggi dan dibarengi dengan takbir.

Setiba di DPRD, para ulama yang berdiri diatas kendaraan terbuka meminta wakil-wakil rakyat kiranya dapat menerima untuk menyampaikan tuntutan dalam musyawarah, jika tidak dapat diterima, kami akan menanti sampai diterimanya kami bermusyawarah, ucap salah seorang ulama dalam orasinya.

Kurun waktu tidak lama, munculah maklumat dari kepolisian bahwa hanya 10 orang perwakilan Aliansi Umat Islam Sumatera Barat yang bisa masuk kedalam gedung DPRD guna bermusyawarah menyampaikan tuntutannya. Di dalam gedung DPRD diterima Wakil Ketua DPRD Bukittinggi Trismon, Yontrimansyah dan anggota Asril dan Edison.

Kamri Yanto Syafril Ketua MMI Sumatera Barat membacakan tiga tuntutan Aliansi Umat Islam Sumatera Barat, meminta pertama rektor IAIN Bukittinggi menghapus diskriminasi cadar di Kampus IAIN Bukittinggi terhadap seluruh civitas akademika IAIN Bukittinggi.

Kedua, memberhentikan Rektor IAIN Bukittinggi dan para petinggi (dekan) IAIN Bukittinggi yang sepaham dengannya. Dan ketiga mencabut skorsing atas dosen bercadar di IAIN Bukittinggi. "Kamii pun meminta agar rektor IAIN Bukittinggi menghapus larangan memakai cadar di Kampus IAIN Bukittinggi," ucapnya.

Sedangkan Buya M. Busra, Imam Front Pembela Islam (FPI) Sumatera Barat mengatakan GNPF ulama Sumatera Barat sudah mengirimkan surat kepada rektor IAIN Bukittinggi agar rektor menghapus larangan bercadar namun surat tersebut tidak pernah dibalas.

"Nampaknya surat yang kami kirimkan itu diindahkan saja, maka kami mencoba datangi lagi kampus IAIN Bukittinggi untuk bertemu dengan rektor. Tetapi dengan berbagai alasan sehingga kami tidak dapat bertemu dengan rektor. Dengan maksud kami ke DPRD adalah untuk bermusyawarah, kami minta kepada wakil-wakil rakyat kiranya dapat melanjutkan permintaan tuntutan kami," kata Buya Busra.

Wakil Ketua DPRD Bukittinggi Trismon, menjelaskan dihadapan pengunjuk tuntutan, DPRD Bukittinggi tidak mempunyai kewenangan untuk melakukan intervensi terhadap IAIN Bukittinggi. Sebab kewenangan IAIN Bukittinggi berada di bawah Kementerian Agama RI. Namun ia berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Kementerian Agama RI, ucapan Trismon tersebut disambut dengan teriakan takbir, dan salah seorang ulama meminta agar wakil-wakil rakyat jangan terlalu lama dalam mengurus tuntutan ini. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,metro,pendidikan,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kepada Prabowo, Ratna Sarumpaet Bercerita Ketakutan dan Tak Ingat Penganiayanya

Kepada Prabowo, Ratna Sarumpaet Bercerita Ketakutan dan Tak Ingat Penganiayanya

POLITIK - Calon presiden Prabowo Subianto mengatakan Juru Kampanye Nasionalnya, Ratna Sarumpaet, yang menjadi korban...

Antonio Conte Bakal Segera Gantikan Mourinho di Manchester United?

Antonio Conte Bakal Segera Gantikan Mourinho di Manchester United?

BOLA - Manajemen Manchester United tampaknya sudah mulai kehilangan kesabaran pada Jose Mourinho. Bagaimana tidak, Paul...

Sandi Yakin Stabilitas Harga Mampu Sejahterakan Petani dan UMKM

Sandi Yakin Stabilitas Harga Mampu Sejahterakan Petani dan UMKM

POLITIK - Calon Wakil Presiden yang diusung koalisi partai Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN Sandiaga Uno hadir dalam...

Ketahuan Main Facebook, Tahanan Kabur Asal Tanah Datar ini Ditangkap di Padang Sidempuan

Ketahuan Main Facebook, Tahanan Kabur Asal Tanah Datar ini Ditangkap di Padang Sidempuan

TANAH DATAR - Sudah lebih dari satu tahun melarikan diri, tersangka Cabul berinisial BA (21) warga Payo Dalam Jorong...

Diduga Mesum, 7 Remaja Diamankan di Batu Grib Pantai Padang

Diduga Mesum, 7 Remaja Diamankan di Batu Grib Pantai Padang

PADANG - Berduaan dengan lawan jenis di Batu Grib Pantai Padang lokasi minim penerangan tujuh orang muda-mudi kembali...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media