minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita BNK Padang

Narkoba dan Seks Bebas di Kalangan Remaja

Selasa, 13 Desember 2011 - 23:30:17 WIB - 2573
Narkoba dan Seks Bebas di Kalangan Remaja

Padang, MinangkabauNews -- Pemuda maupun remaja terutama kalangan pelajar zaman sekarang telah mengenal berbagai macam teknologi yang membuat mereka bebas mengakses berbagai jenis informasi yang mereka inginkan.
Hal ini selain berdampak positif juga dapat memberikan dampak negatif bagi remaja itu sendiri. Wakil Walikota Padang H. mahyeldi Ansharullah,SP mengatakan bahwa setiap lingkungan kini telah memiliki unsur pemuda yang masuk dalam keorganisasian. "Saya rasa setiap organisasi yang ada sekarang selalu melibatkan kaum muda di dalamnya," tutur Mahyeldi yang Ketua BNK Padang.

Ia juga menaruh perhatian terhadap remaja usia sekolah, ia sangat setuju sekali dengan program sosialisasi pencegahan seks bebas dan narkoba. Program yang difokuskan untuk keluarga yang memiliki anak usia remaja ini, menurutnya sangat baik untuk mencegah pengaruh negatif yang banyak ditemukan saat ini. "Remaja usia 9 sampai 15 tahun yang menjadi fokus program ini untuk mencegah mereka terlibat dengan penyalahgunaan narkoba dan hal-hal negatif lainnya," terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pada saat ini banyak orang tua yang tidak mengenal anaknya sama sekali. Maksudnya yakni banyak yang mengenal anak hanya dari kehidupannya selama berada di rumah saja, namun tidak mengenal lingkungan pergaulan anak di sekolah maupun di luar rumah dan sekolah. "Banyak orang tua yang hanya mengenal anaknya sebagai anak yang baik-baik saja, Namun ternyata di luar anak-anak mereka terlibat dengan pergaulan yang salah, seperti narkoba dan seks bebas," ungkapnya.

Menurutnya hal ini dapat terjadi karena kurangnya komunikasi antara orang tua dan anak. Komunikasi yang terjalin hanyalah komunikasi satu arah, orang tua kepada anak. Sementara anak tidak diberi kebebasan untuk mengutarakan pendapatnya. "Akhirnya orang tua menjadi semacam diktator di rumah. Anak tidak bisa berontak di rumah, dan akhirnya mencari pelampiasan di luar," terangnya.

Mengenai pendidikan di sekolah, menurutnya hal negatif yang dilakukan oleh pelajar juga tidak bisa terlepas dari tanggung jawab pengajar di sekolah. Meskipun waktu yang diberikan kepada pengajar cukup terbatas, namun dengan perhatian yang tulus dan sungguh-sungguh hal itu dapat dicegah. "Memang waktu pengajar bersama dengan muridnya cukup terbatas, namun bukan berarti bila ada kesalahan dari remaja atau pelajar, sekolah dapat mengelak dari tanggung jawab. Banyak kita temui pelajar yang ternyata terbukti berbuat salah seperti narkoba dan seks bebas akhirnya dikeluarkan dari sekolah, harusnya kan dibina kembali," jelasnya.

Ia juga berpendapat bahwa sebaiknya pendidikan seks dapat diajarkan sejak usia dini. Karena usia muda adalah usia pencarian jati diri, rasa ingin tahu menjadi sangat tinggi. Orang tua sebenarnya dapat memberikan pelajaran semacam itu namun harus dalam kapasitas sebagai teman.

"Kalau orang tua dapat memberi pengetahuan tentang seks sejak usia dini, maka mereka akan dapat diberi pamahaman mengenai resiko yang dihadapi mereka jika melakukan hal tersebut. Seperti banyak yang tidak tahu kalau sekali saja berhubungan badan sudah dapat hamil, namun banyak yang melakukan seks bebas menyepelekan hal itu terutama pelajar," tukasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia menyarankan agar orang tua dan pihak sekolah dapat memberi perhatian lebih, terutama bila melihat kejanggalan yang dilakukan oleh anak mereka.

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: padang

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Heboh, Beredar Surat Gugatan Cerai Ahok pada Istrinya Veronica Tan

Heboh, Beredar Surat Gugatan Cerai Ahok pada Istrinya Veronica Tan

JAKARTA - Netizen dikejutkan dengan beredar surat gugatan cerai mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjajaha Purnama...

Nikmati Keindahan Alam Serta Kuliner 50 Kota, Desi Albert Mamahit: Negeri Yang Indah

Nikmati Keindahan Alam Serta Kuliner 50 Kota, Desi Albert Mamahit: Negeri Yang Indah

LIMA PULUH KOTA - Melakukan Aktivitas menikmati keindahan sebuah destinasi wisata merupakan agenda bagi sebagian orang...

Jadwal Siaran Langsung Duel Indonesia Selection Vs Islandia

Jadwal Siaran Langsung Duel Indonesia Selection Vs Islandia

BOLA - Indonesia kedatangan lawan tangguh, yakni Islandia yang berstatus kontestan Piala Dunia 2018. Tim pilihan...

82 Tahun Penyair Minang Papa Rusli Marzuki Saria

82 Tahun Penyair Minang Papa Rusli Marzuki Saria

PADANG - Tanggal 26 Februari 2018 mendatang, penyair Minang Rusli Marzuki Saria (Papa) akan genap berusia 82 tahun....

Vokalis Koes Ploes Yon Koeswoyo Meninggal Dunia di Usia 77 Tahun

Vokalis Koes Ploes Yon Koeswoyo Meninggal Dunia di Usia 77 Tahun

NASIONAL - Berita duka kembali datang dari industri musik Indonesiai. Vokalis band legendaris Koes Ploes, Yon Koeswoyo...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media